Membuat voer berprotein tinggi untuk pleci dan burung kicauan lainnya

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Pakan berprotein tinggi sangat dibutuhkan baik oleh burung tipe petarung (fighter) seperti murai batu, kacer, ciblek, dan cendet, maupun oleh burung-burung kecil seperti pleci, gelatik wingko, dan sebagainya. Kali ini, Om Kicau ingin berbagai tips mengenai cara membuat voer berprotein tinggi untuk pleci dan burung kicauan lainnya, seperti ciblek, gelatik wingko, cendet, kacer, dan sebagainya.

Membuat voer tinggi protein untuk burung
Burung peliharaan membutuhkan asupan pakan yang lengkap agar rajin berbunyi

Sebenarnya keliru kalau ada yang menyebut jenis burung tertentu membutuhkan pakan berprotein tinggi, dan jenis burung lainnya tidak terlalu membutuhkan pakan seperti itu.

Pakan dengan kadar protein tinggi akan selalu dibutuhkan oleh semua jenis burung, bahkan seluruh spesies unggas, termasuk ayam, itik, kalkun, dan sebagainya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Jika burung atau unggas tersebut berada dalam perawatan manusia, baik sebagai hewan piaraan maupun untuk diternak, maka yang diperlukan adalah pengaturan kadar protein berdasarkan fase pertumbuhannya.

Anakan burung umur 1-14 hari idealnya diberi pakan dengan kadar protein 22%. Kemudian pada umur 15-30 hari diberi pakan berkadar protein 20%.

Pada umur 1-2 bulan, kebutuhan protein bisa dikurangi menjadi 19%, dan pada masa remaja (2-6 bulan) cukup diberi pakan dengan kadar protein 16-18%. Setelah dewasa, kadar protein bisa dijaga dalam kisaran 18 – 21%, baik burung yang diternak maupun dipelihara sebagai hiburan atau burung lomba.

Pada burung dewasa yang sudah aktif berbunyi, pemberian pakan dengan kadar protein tepat bisa membantu merangsang burung untuk rajin bunyi, sebagai pertanda kondisi fisiknya yang prima.

Namun perlu diperhatikan pula, kandungan protein dalam pakan burung tetap harus memperhatikan batasan tertentu, seperti sudah dijelaskan di atas, sehingga burung tidak mengalami over birahi yang justru berakibat macet bunyi.

Sumber protein dalam pakan burung sebenarnya sudah ada dalam pakan kering seperti voer, yang mudah kita jumpai di toko dan pasar burung. Hanya saja, diperlukan ketelitian dalam mengecek kadar protein dalam voer tersebut.

Voer yang ada di pasaran tersedia dalam berbagai merek. Tetapi tidak semua produk voer memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, terutama protein hewani. Solusinya, banyak kicaumania yang memberikan extra fooding (EF) berupa serangga untuk menutupi kekurangan protein hewani yang terkandung dalam voer, seperti kroto, jangkrik, dan ulat hongkong.

Nah, kali ini kita coba membuat sendiri voer berprotein tinggi, untuk menjamin kebutuhan nutrisi burung agar selalu tampil prima. Jika sudah menggunakan voer buatan sendiri, maka porsi EF bisa dikurangi.

Selain membuat burung lebih aktif dan sehat, pakan olahan ini bisa bermanfaat membuat burung menjadi lebih rajin berbunyi. Selain itu, cara pembuatannya pun cukup mudah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan pula.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  1. Daging ikan segar (diambil dagingnya saja)
  2. Daging sapi segar
  3. Telur ayam sebanyak 5 – 10 butir
  4. Tepung kedelai, tepung kacang, tepung jagung, dan tepung kacang hijau. Bahan-bahan ini bisa dibeli di toko bahan kue / makanan.
  5. Wortel (opsional / tidak wajib)

Note: Takaran bahan disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya untuk persediaan harian, mingguan, atau bulanan.

Proses pembuatan voer berprotein tinggi

Pertama, daging ikan dan daging sapi dihaluskan dengan blender.

Untuk daging sapi, Anda juga bisa menggunakan tepung daging sapi, yang cara pembuatannya bisa dilihat lagi dalam artikel di bawah ini:

Membuat tepung daging sapi untuk pakan burung

Daging ikan dan daging sapi dihaluskan
Daging ikan dan daging sapi dihaluskan

Kedua, telur diambil kuning telurnya saja, lalu dicampur dengan semua tepung dan diaduk hingga rata.

Untuk tambahan mineral kalsium dan mineral, Anda dapat memanfaatkan sisa-sisa kerabang / cangkang telur yang dihaluskan, kemudian dicampurkan  ke dalam tepung.

Membuat pakan tinggi protein
Semua bahan tepung dan kuning telur diaduk hingga merata

Ketiga, campurkan adonan daging ikan dan daging sapi yang telah dihaluskan ke dalam adonan tepung, lalu diaduk-aduk hingga tercampur merata.

Setelah itu, adonan siap dibentuk dengan menggunakan mesin pembuat voer / pelet.

Membuat voer untuk burung
Adonan siap dicetak dalam mesin pembuat voer / pelet

Note: Apabila belum memiliki mesin pembuat voer / pelet, Anda bisa melakukannya secara manual, dengan membentuk adonan menyerupai mie.

Keempat, matangkan adonan dengan menggunakan oven atau microwave.

Membuat voer untuk burung
Adonan dimatangkan dalam microwave / oven

Kelima, voer dipotong-potong menjadi butiran kecil untuk pakan burung berukuran besar seperti cendet atau kacer. Untuk burung-burung kecil seperti pleci, ciblek, atau gelatik wingko, voer bisa dihaluskan.

Setelah matang voer dipotong dalam ukuran kecil atau dihaluskan tergantung jenis burung yang akan mengkonsumsinya
Voer dipotong kecil-kecil atau dihaluskan, tergantung jenis burungnya.

Keenam, voer yang sudah dipotong atau dihaluskan dikeringkan dalam oven selama beberapa menit.

Voer dikeringkan dalam oven selama beberapa menit
Voer dikeringkan dalam oven selama beberapa menit

Ketujuh, voer kini siap diberikan kepada burung kicauan Anda.

Membuat voer untuk burung
Voer sudah siap disajikan kepada burung. Kiri, voer ukuran kasar untuk burung berukuran besar seperti cendet atau kacer. Kanan, voer yang dihaluskan untuk burung berukuran kecil seperti pleci, ciblek, dan gelatik wingko.

Voer ini mengandung protein hewani cukup tinggi, sehingga dalam perawatan hariannya Anda bisa mengurangi jatah EF yang biasa diberikan selama ini.

Dengan mengkonsumi voer buatan ini, apalagi didukung dengan pemberian vitamin seperti BirdVit, burung akan selalu berada dalam kondisi fit, sehat, dan aktif, yang membuatnya lebih rajin berkicau.

Membuat mesin pencetak voer

Untuk Anda yang tidak memiliki mesin pencetak voer, tapi enggan melakukan cara manual, bisa saja membuat mesin sendiri dengan memodifikasi mesin penggiling daging.

Anda bisa memodifikasi bagian depan mesin giling daging itu dengan membuat cetakan dari plat besi, yang caranya bisa dilihat seperti gambar di bawah ini:

Membuat alat pencetak voer
Membuat cetakan voer dengan plat besi/seng, lalu dipasang pada mesin penggiling daging

Jika tidak memiliki keduanya, Anda bisa membuat cetakan voer dengan memanfaatkan suntikan / syringe rukuran besar yang bagian ujungnya diberi lubang-lubang untuk mencetak voer. Contohnya dalam gambar berikut:

MEmbuat alat pencetak voer burung
Suntikan yang telah dimodifikasi untuk mencetak voer

Atau membeli alat pencetak kue seperti dalam gambar berikut ini

Alat cetak kue yang dibuat untuk mencetak voer
Alat cetak kue yang dibuat untuk mencetak voer

Sumber foto : Beijing Birds Society (BBS)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.