Kacer Yaris dan Adipati bersaing ketat di Harpindo Jaya Cup

Adipati, salah satu kacer terbaik nasional milik Mr Deko (Samarinda), mendapat perlawanan ketat dari kacer Yaris milik Mr Gino dari Pajeksan (Jogja) dalam Lomba Burung Berkicau Harpindo Jaya Cup di Taman Kuliner Jogja, Minggu (17/8).

Tradisi saling tunggu
Tradisi saling tunggu masih juga terjadi, bahkan peserta tidak segera keluar dari lapangan.

Even Harpindo Jaya Cup yang digelar bertepatan dari HUT RI Ke-69 Kemerdekaan RI ini berlangsung meriah. Peserta datang dari berbagai daerah, termasuk dari beberapa daerah di Jawa Timur seperti Kediri, Tulungagung, Magetan, dan Ponorogo.

Sayangnya, teriakan peserta masih membahana. Sikap saling tunggu juga masih saja terlihat, khususnya di kelas kacer dan murai batu.

Peristiwa lucu bernada sindiran terjadi menjelang dimulainya kelas kacer. Karena para peserta tidak kunjung menggantang burungnya, MC sempat memanggil para peserta pleci agar masuk lapangan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pasalnya, para pemain kacer masih membiasakan sikap saling menunggu, meski hitungan 1-10 telah diulang hingga tiga kali! Bahkan pada sesi kacer berikutnya, MC melakukan hitung sampai 15 menit. Jika burung belum juga digantangkan, lomba dianggap sudah selesai.

Dari tiga kelas yang dilombakan, kacer Adipati berhasil menjuarai dua kelas dan sekali juara 2. Tapi penampilan Yaris tak kalah ciamik. Burung yang dibesarkan dari latber ke latber di seputaran Jogja ini sukses menjuarai kelas utama, Vixion, serta sekali juara 2 dan 3.

Kacer Yaris menjuarai Kelas Vixion dengan mengalahkan Adipati yang harus puas di urutan ketiga. Posisi runner-up ditempati kacer langganan juara pula, yaitu Batman milik H Bayu yang memperkuat Duta Wali Kota Cup Kediri.

Tetapi Adipati mampu membalikkan keadaan, setelah menjuarai Kelas R25, diikuti Batman dan Yaris di urutan kedua dan ketiga. Adipati kembali tampil sebagai juara 1 Kelas Mio J, sedangkan Yaris dan Batman masing-masing menjadi juara 2 dan 3.

Om Gino dan kacer Yaris
Mr Gino (kanan): Kacer Yaris mengawali kariernya dari latber ke latber.

Di kelas pleci, Kipas Sakti milik Rudi Wowor (Temanggung) tampil dominan dan menjadi juara 1 dan 2. Pleci yang sebelumnya menang dalam Latpres PB Bandongan Magelang ini memang langganan juara.

( baca juga Setelan pleci jelang lomba ala Om Warsito dan Om Rudi Wowor )

Selain Kipas Sakti, ada dua pleci yang tampil apik dalam even Harpindo Jaya Cup. Pertama, Predator milik Febby Gareng (M16 Solo) yang menjuarai Kelas B – Vega. Kedua, pleci Siluet kepunyaan Shodiq alias Mr Pariwisata (Ponorogo) yang menjadi juara 2 dan 3.

Cucak hijau Matador milik Drs Suprojo WS yang dikendalikan Agus Nasa dan kawan-kawan berhasil nyeri juara 1. Dari tiga kelas yang dilombakan, Matador memenangi Kelas Vixion dan Vega.

Matador nyaris meraih kemenangan hattrick, sayangnya di Kelas R25 harus puas menjadi runner-up. Kelas ini dimenangi Maestro, cucak hijau Mr. Teguh W dari Argomulyo.

Maestro termasuk salah satu cucak hijau legendaris di Jogja dan sekitarnya, serta sudah mengoleksi puluhan gelar juara. Selain juara 1, burung ini juga menjadi juara 2 di Kelas Vega.

Mr Teguh W Argomulto dan cucak hijau Maestro
Mr Teguh W Argomulto dan cucak hijau Maestro.

Dua jagoan milik H Fitri BKS (Samarinda), masing-masing kenari Wonderia dan murai batu The King, menjadi bintang lomba kali ini. Keduanya sama-sama turun dua kali, dan sama-sama meraih double winner. Sebelumnya, Wonderia dan The King juga menjuarai even akbar KMB Cup 2 PBI Semarang, 10 Agustus lalu.

Tedy BKS
Tedy BKS bersama kenari Wonderia dan murai batu The King.

Wonderia menjuarai Kelas Standar Vixion dan Standar Vega. Adapun Kelas Bebas Mio J dimenangi kenari Super Samba milik Leo Pengadilan (Jogja).

Saat berlaga di Kelas Standar Vega, Wonderia mendapat pelawanan seru dari New Raja Petir, yang disebut krunya sebagai “kenari ndeso”. Gaco milik Ndaru Prakoso (Klaten) ini tampil menawan, dan menempati posisi kedua di bawah kenari Wonderia.

Kenari New Raja Petir
Kenari New Raja Petir bakal jadi bintang masa depan.

Bahkan saat diturunkan di Kelas Bebas Mio J, yang sebagian besar musuhnya terdiri atas kenari isian, New Raja Petir yang notabene berlagu standar masih bisa masuk lima besar.

Kru Ndaro Prakoso
Kru Ndaro Prakoso (Klaten) antarkan “kenari ndeso: jadi juara.

Kenari Penakluk milik Arief AS BF Jogja juga tampil bagus. Kenari berpostur bongsor ini tampil sebagai juara 2 di Kelas Standar Vixion.

Arief ASBF dan kenari Penakluk
Arief ASBF: Kenari Penakluk runner-up Kelas Standar Vixion.

Cendet Sekring milik Jhony Gembluk dari Sarangan (Magetan) tak terkalahkan. Turun dua kali, burung ini selalu juara 1. Posisi kedua dan ketiga pada dua kelas ini ditempati burung yang sama, yaitu cendet Slank milik Rudi Cilegon (Duta Walikota Cup Kediri) dan Lali Jiwo milik Mr Bege dari Zona BF.

Sama seperti pada gelaran di kota lain, fenomena kelas lovebird yang disesaki peserta juga terjadi di kontes Harpindo Jaya Cup. Panitia membuka empat kelas, terbanyak dibandingkan jenis burung yang lain, dan semuanya ramai peserta.

Lovebird Bayi Ajaib milik Danang dari Ayam Goreng Mbok Sabar Magelang berhasil meraih dua gelar juara 1. Dua sesi lainnya dijuarai lovebird Mak Lampir milik Rino (Mak’e SF) dan Jerolin milik Agung Jepang (Magelang).

Danang Magelang
Danang (3 dari kiri): Lovebird Bayi Ajaib nyeri juara 1.

Meski tidak meraih juara pertama, beberapa gaco juga tampil menawan seperti lovebird Elang Biru milik Antok 999 Sragen, Nawang Wulan milik Suroso ABD, Braja milik Malik / Pithik, SPG milik F-007 Solo, Inul milik Mr Cool Solo, dan Kelana milik Aditya 21 Klaten. (Waca)

168 Team juara umum single fighter
Yayan mewakili 168 Team menerima hadiah juara umum single fighter.
H Budi Kediri
H Budi pimpin Duta Walikota Cup Kediri.
Duta Kapolres Cup Karanganyar
Duta Kapolres Cup Karanganyar: Ditunggu tanggal 14 September 2014.
Luwes BC Solo
Luwes BC Solo tetap eksis.
Lomba Burung Harpindo Jaya Cup Jogja
Peserta asal Tulungagung mendapat doorprize sepeda motor.

Hasil Lomba Harpindo Jaya Cup (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.