SangaSanga Cup: MB Kenzo tak tertandingi di empat kelas

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Murai borneo Kenzo kembali meraih hasil spektakular, dan tak tertandingi pada empat kelas yang diikutinya dalam Lomba Burung Berkicau SangaSanga Cup I di Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Minggu (17/8). Hasil quattrick Kenzo memberi kontribusi besar terhadap Pelangi BC Samarinda yang dinonatkan sebagai bird club (BC) terbaik. Gelar single fighter terbaik diraih Sadewa SF.

Lomba Burung Berkicau SangaSanga Cup I
Suasana Lomba Burung Berkicau SangaSanga Cup I di Sangasanga, Minggu (17/8).

Even SangaSanga Cup I diikuti ratusan kicaumania dari berbagai daerah di Kalimantan Timur, antara lain Samarinda, Muara Badak, Tenggarong, Balikpapan, dan tuan rumah Sangasanga.

Ketua Panitia Lomba, Om Yuda Heru, merasa senang melihat respon positif dari para kicaumania di Kalimantan Timur, baik pemain maupun penonton. “Even ini sengaja digelar untuk membangkitkan dan menyatukan kicaumania yang ada di Sangasanga,” ujarnya.

Selama ini, banyak kicaumania di Sangasanga yang hanya menjadi penonton atau sekadar mengikuti berita lomba burung berkicau di wilayah lain, seperti Balikpapan dan Samarinda, dan jarang terlibat langsung sebagai peserta.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Melalui even ini, diharapkan lomba dan latber burung nantinya menjadi kegiatan rutin di Sangasanga. Even SangaSanga Cup bisa dijadikan salah satu referensi, apalagi kemasannya mengadopsi Polder Air Hitam Samarinda, di mana Om Yuda Heru selama ini juga aktif menjadi juri di sana.

Panitia mendatangkan juri berkualitas dari Jawa (Om Tono) dan beberapa daerah di Kaltim seperti Om Gianto (Bontang), Om Anggip (Balikpapan), Om Jarno (Tenggarong), serta dari Polder Air hitam.

Dua koordinator lapangan (korlap) pun berasal dari Polder Air Hitam, yaitu Mr Ming (Korlap 1) dan Om Tarjo (Korlap 2).

Para juri lomba SangaSanga Cup I
Para juri lomba SangaSanga Cup I, termasuk Om Tono (duduk, paling kiri) yang didatangkan dari Jawa.

MB Kenzo tampil trengginas

Bintang lomba kali ini adalah murai borneo Kenzo milik H Fitri BKS (Pelangi BC). Tampil empat kali, Kenzo tidak tertandingi lawan-lawannya.

Kelas Merah Putih (kelas utama), Proklamasi A, Proklamasi B, serta Pahlawan A berhasil dijuarainya. Tak pelak, Kenzo terpilih sebagai murai terbaik dalam even ini. Satu kelas lagi, Pahlawan B, dijuarai Bang Haji milik Rizal (Samarinda).

Murai borneo Kenzo
Murai borneo Kenzo tak tertandingi dalam kontes SangaSanga Cup I.
Fitri BKS dan murai borneo Kenzo
H Fitri BKS bersama murai borneo Kenzo dan trofi kemenangannya.

Gaco lain yang menjadi bintang SangaSanga Cup adalah kacer President milik H Onny dari Sadewa SF Samarinda. Turun lima kali, President sukses menjuarai tiga kelas alias hattrick, dan dua kali runner-up.

Bagi kacer President, ini merupakan hattrick kedua secara beruntun. Minggu (10/8) lalu, burung ini juga tiga kali juara 1 dalam kontes KNPI Bersatu di Balikpapan. Atas prestasi ini, President terpilih sebagai kacer terbaik.

Kacer President menjuarai Kelas Merah Putih, Pahlawan A, dan Pahlawan B. Adapun raihan juara 2 terjadi pada Kelas Proklamasi A yang dimenangi Nyai Ronggeng milik E-Q dari 102,9 FM Balikpapan, dan Proklamasi B yang dijuarai kacer GK milik Mr Deko dari Pelangi BC Samarinda.

Satu kelas lagi, Kacer Hitam Proklamasi, dijuarai Anak Mas. Kacer dada hitam ini juga gaco andalan H Onny (Sadewa SF). Jadi, dari enam kelas kacer, Sadewa SF memenangi empat kelas dan ini memberi kontibusi besar sehingga Sadewa SF ditetapkan sebagai single fighter terbaik.

Pertarungan di kelas cucak hijau lebih seru. Dari lima kelas yang dilombakan, tak ada seekor burung pun yang bisa menjuarai lebih  dari satu sesi.

Kelas Merah Putih dimenangi cucak hijau Indrajid milik Piyu Sky  (Pelangi BC). Adapun Proklamasi A dan B masing-masing dijuarai Burak Siluman milik Mat Nasir (Suryanata SF) dan Giok milik XB-One. Dua kelas lainnya, Pahlawan A dan B, dijuarai Mohawk milik Habib Fikri (Pelangi BC) dan Bodrex milik Gondrong (Rukun SF).

Setelah dihitung seluruh poin, Burak Siluman dan Giok memperoleh nilai sama, sehingga penentuan cucak hijau terbaik harus dilakukan melalui tos. Kali ini keberuntungan berpihak pada Burak Siluman, yang selama ini memang langganan juara di Kaltim.

Kelas lovebird masih didominasi AB (Ical) milik Fitri BKS, yang sekaligus menjadi burung terbaik. AB (Ical) berhasil meraih double winner, serta sekali juara 2 dan 5.

Gelar kenari terbaik diraih Asam Manis milik EQ dari 102,9 FM Balikpapan, yang dua kali juara 1 dan sekali juara 4. Kali ini, Asam Manis mengungguli kenari President milik Fitri BKS, yang sebelumnya sudah tampil habis-habisan saat meraih hattrick di KNPI Bersatu Balikpapan, Minggu (10/8). Namun President tetap tampil menawan, terbukti sukses menjuarai Kelas Pahlawan A dan juara 2 Pahlawan B.

Om EQ Balikpapan
Om EQ (kiri) dan Tim 102,9 FM Balikpapan.

Cendet Hammer milik Mr Tauly (Golden SF) tampil konsisten. Tampil di semua (3) kelas, Hammer tak pernah keluar dari dua besar. Burung ini menjuarai Kelas Proklamasi, dan juara 2 di Kelas Pahlawan A dan B. Hammer pun dinobatkan sebagai cendet terbaik.

Tauly dan Alex Golden SF
Om Tauly (2 dari kiri) dan Om Alex (kanan) dari Golden SF.

Dalam penentuan BC terbaik, panitia tak terlalu kesulitan, karena akumulasi poin Pelangi BC terpaut jauh dari bird club lainnya.

Namun pada kategori single fighter terbaik, terjadi kejar-kejaran poin antara Sadewa SF, Golden SF, dan 102,9 FM Balikpapan. Kepastian baru diperoleh hingga kelas terakhir, dan Sadewa SF menjadi single fighter terbaik.

Di pengujung lomba, Om Yuda Heru mewakili panitia mengucapkan terima kasih atas dukungan para kicaumania di Kaltim, sehingga even ini bisa berjalan lancar dan sukses. “Mohon maaf apabila masih banyak kekurangannya,” ujarnya.

Dia dan rekan-rekan kicaumania di Sangasanga berencana menggelar kembali even serupa, dengan kemasan lebih besar, sekitar Januari 2015. “Ya, ini even spesial, memperingati Peristiwa Merah Putih di Sangasanga. Mohon dukungannya,” kata Om Yuda. (v1rgoboy)

Sadewa SF
Sadewa SF Samarinda tampil sebagai single fighter terbaik.
Pelangi BC
Pelangi BC kembali menjadi bird club terbaik.

BURUNG, BC, DAN SF TERBAIK

KACER PRESIDENT H.ONNY SADEWA SF
CUCAK HIJAU BURAK SILUMAN MAT NASIR (SURYANATA BC)
MURAI BORNEO KENZO FITRI BKS (PELANGI BC)
LOVE BIRD AB ICAL FITRI BKS (PELANGI BC)
KENARI ASAM MANIS E-Q ( 102,9FM BPPN)
CENDET HAMMER GOLDEN SF
BC TERBAIK PELANGI BC
SF TERBAIK SADEWA SF
Para pemilik burung terbaik
Foto bersama para pemilik burung terbaik.
Om Mitra Kukar BC Tenggarong
Om Menyun (kanan) dan para personel Mitra Kukar BC Tenggarong.
Panitia SangaSanga Cup
Panitia SangaSanga Cup: Siap gelar even lebih besar, Januari 2015.

Hasil Lomba SangaSanga Cup I ( klik di sini )

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.