Dalam seminggu kenari Mr Gedhek 7 kali juara 1: Ini dia tips perawatannya!

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Nama kenari Mr Gedhek milik Om Slam menjadi pembicaraan para penonton dan peserta ketika tampil dalam even Independen Merdeka di Lapangan Kir Cipedak, Jakarta Selatan, Minggu (17/8). Kenari jenis F2 YS ini sukses mencetak hattrick. Bagaimana perawatan kenari Mr Gedhek? Simak uraian berikut ini.

Kenari Mr Gedhek
Kenari Mr Gedhek, tujuh kali juara 1 dalam tiga lomba selama 8 hari terakhir.

Kalau Mr Gedhek hanya memenangi satu atau dua kelas saja, tentu ini bukanlah kejutan. Sebab dalam dua even sebelumnya, burung ini selalu meraih double winner.

Dalam even Ketupat Lebaran di Pasar Burung Lembang, Tangerang, 9 Agustus lalu, gaco andalan Om Slam ini sukses menjuarai dua kelas sekaligus. “Itulah debut perdana kenari Mr Gedhek,” kata Om Slam.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Sehari kemudian, Mr Gedhek mencoba even keduanya, yaitu tampil dalam kontes KMC Cipulir Jakarta Selatan. Lagi-lagi burung ini berhasil menjuarai dua kelas, alias mencetak double winner.

Tetapi prestasi kenari Mr Gedhek dalam Independen Merdeka benar-benar mengejutkan para pemain lainnya. Gaco ini menjuarai Kelas Kir, Executive, dan Mega Bintang.

Pada ketiga kelas tersebut, Mr Gedhek menghadapi sejumlah musuh tangguh yang lebih dulu mapan. Adapun Mr Gedhek baru dua kali berlomba sebelum tampil di Independen.

10 Tahun lebih main di kelas kenari

Om Slam dan kenari Mr Gedhek
Om Slam dan kenari Mr Gedhek.

Om Slam sudah 10 tahun lebih bermain di kelas kenari. Namanya juga dikenal sejumlah kicaumania di Jabodetabek sebagai penangkar burung kenari, lovebird, serta murai batu (bekerja sama dengan Tanto Bird Farm).

Ditanya mengenai cara perawatan kenari Mr Gedhek, Om Slam dengan santai menjawab, “Perawatannya ya seperti lazimnya burung kenari. Tidak ada yang istimewa”.

Pada dasarnya, kata dia, perawatan burung harus disesuaikan dengan karakter burung itu sendiri. Adapun performa burung ditentukan oleh dua faktor, genetis (turunan / bawaan / bakat) dan perawatan.

Kebetulan dia memiliki Mr Gedhek yang secara genetis bagus, sehingga perawatan yang dilakukannya sehari-hari sekadar mendukung bakat bawaan yang dimiliki kenari itu.

Mr Gedhek, kata Om Slam, merupakan kenari F2 Yorkshie (YS) yang memiliki kualitas lagu dan cengkok di atas rata-rata, dengan speed rapat. Kalau berkicau selalu goyang ke kiri-kanan, sambil ndoyong, mirip anis merah kalau sedang teler. Itu sebabnya, kenari ini diberi nama Mr Gedhek.

Perawatan kenari Mr Gedhek

Kenari Mr Gedhek
Kenari Mr Gedhek bersama trofi kemenangannya.

Untuk perawatan harian Mr Gedhek, Om Slam memulainya sejak pukul 07.00. Burung dikeluarkan, buka kerodong, lalu langsung dijemur hingga pukul 09.00.

“Saat dijemur, saya sediakan cepuk besar berisi air di dalam sangkarnya sebagai sarana mandinya. Jadi, burung berjemur sambil mandi, atau mandi sambil berjemur, he.. he..,” jelasnya.

Seminggu sekali, burung ditempatkan dalam kandang umbaran, sejak pagi hingga sore hari. Jadwal yang ditetapkannya adalah Selasa dan Kamis. Di luar itu, burung disimpan dalam sangkar harian.

Pakan tambahan / extra fooding (EF) yang biasa diberikannya kepada Mr Gedhek adalah CeDe atau extract telur, sayuran sawi, dan diselingi dengan buah apel.

Dengan perawatan seperti itulah penampilan Mr Gedhek dari hari ke hari terlihat makin meyakinkan. Bayangkan, tujuh gelar juara 1 diraihnya hanya dari tiga kali lomba, dalam waktu seminggu atau tepatnya 8 hari.

Bagi sobat kicaumania yang ingin sharing perawatan kenari, kontak saja Om Slam yang mukim di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, melalui Pin BB 7EDCE821. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.