Murai HPRT, kacer Hercules, dan pleci Pisang Ijo nyeri di Kampung Timur Balikpapan

Tiga burung berhasil meraih hasil nyeri juara 1 dalam Lomba Burung Berkicau HUT Ke-69 Kemerdekaan RI di Lapangan Kampung Timur, Balikpapan, Minggu (17/8). Meski persaingan berlangsung ketat, murai borneo HPRT kepunyaan H Matrawi (Manggar), kacer Hercules milik H Yantri (YNC SF), serta pleci Pisang Ijo andalan Uut (Tani Jaya SF) mampu memenangi dua kelas sekaligus.

Kelas cucak hijau full peserta
Suasana lomba burung berkicau di Lapangan Kampung Timur, Balikpapan.

Even yang dikomandani Muis Emdi (ketua panitia), Agung Gondrong, Novan dan kawan-kawan ini diikuti 523 peserta dari berbagai kota di Kalimantan Timur. Panitia membuka 23 kelas, yang umumnya dipenuhi peserta.

Panitia merasa puas atas gelaran ini. Selain peserta lumayan banyak, lomba juga berjalan lancar, dan tak ada satu pun protes atau komplain dari para peserta. “Juri-juri berasal dari Balikpapan dan sekitarnya,” kata Om Novan.

Kelas murai borneo yang terdiri atas empat sesi didominasi HPRT. Jagoan H Matrawi (Manggar) ini turun di semua kelas, dengan hasil dua kali juara pertama dan dua kali runner-up. HPRT terpilih sebagai murai terbaik kali ini.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bandawa, murai langganan juara milik Hob United Balikpapan, sebenarnya juga tampil bagus. Burung ini berhasil menjuarai Kelas Executive B, serta dua kali juara 2 dan sekali juara 3.

Hasil nyeri juga diraih kacer Hercules kepunyaan H Yantri (YNC SF Balikpapan). Sama seperti murai HPRT, Hercules juga dua kali juara 1 dan dua kali juara 2.

Dua sesi lainnya dimenangi kacer Sapurata milik Mr Agung (Tri Pratama SF) yang juara di Kelas Executive B, serta kacer Krisna milik Mr Jay (Graha) di Kelas Sejati.

Juri-juri Balikpapan
Juri-juri Balikpapan: (dari kanan) Agus Sanjaya, Novan, dan Syukur.

Tak mau kalah dari HPRT dan Hercules, pleci Pisang Ijo juga mengoleksi dua kemenangan dari dua kelas yang dilombakan. Pleci jawara milik Uut Tani Jaya ini menjuarai Kelas Sejati dan Favorit A. Adapun Kelas Favorit B dimenangi pleci RR milik Bebel (Solo).

Di kelas kenari, Ballack 99 milik Heru (Milono 09) kembali membuktikan ketangguhannya. Turun di tiga kelas, Ballack 99 menjuarai Kelas Favorit C, juara 2 Kelas Favorit B, dan juara 4 Kelas Favorit A.

Gaco lain yang menjuarai kelas kenari adalah Upin (Favorit A) dan Petruk (Favorit B), keduanya koleksi DJM. Namun Ballack mengumpulkan total poin tertinggi, sehingga dinobatkan sebagai kenari terbaik.

Adapun gelar cucak hijau terbaik diraih Lorenzo. Burung milik H Sumardi (96 SMD) ini menjuarai Kelas Executive B dan juara 2 Kelas Sejati. Panitia membuka empat sesi yang berlangsung ketat, dan tak ada seekor burung pun yang bisa meraih double winner.

Selain Lorenzo, tiga cucak hijau lainnya yang menjadi juara 1 adalah Himalaya (Udin Kop – Telindung), Krisna (Udin – Somber), dan Minak Sopal (Joko P – Regency BM2).

Meski tidak menjadi juara 1, H Yudhi merasa senang sejumlah gaconya bisa moncer di empat kelas ini. Ya, dalam even ini, Om Yudhi menurunkan tiga cucak hijaunya, masing-masing Bonek, Leak, dan Boiler.

Cak Sari dan cucak hijau Bonex
Cak Sari bersama cucak hijau Bonex milik H Yudhi.

Bonek, yang dikawal Cak Sari dari Balikpapan, masuk lima besar Kelas Executive B. Boiler sekali juara 2, dua kali juara 4, dan masuk enam besar pada sesi lainnya. Adapun Leak tiga kali masuk 10 besar.

Sebagian peserta memanfaatkan even di Kampung Timur ini sebagai pemanasan menjelang BBS Cup I yang akan digelar di SD Patra Darma Gunung Pipa, Balikpapan, 14 September 2014.

Om Novan dan Om Agung Gondrong mewakili panitia mengucapkan terima kasih atas partisipasi para kicaumania di Kalimantan Timur. Ucapan terima kasih juga disampaikannya kepada para sponsorship, seperti Eeng (Mawija), Zahra (Media), Kios Mentari Jaya, Hadi DJM), dan lain-lain.

“Kalau masih ada kekurangan di sana-sini, kami mohon maaf ya, namun semuanya pasti bukan karena kesengajaan,” tandas Om Novan. (v1rgoboy)

BURUNG TERBAIK DALAM EVEN KAMPUNG TIMUR

KENARIBALLACK 99HERU (MILONO 09)
KACERHERCULESH YANTRI (YNC SF)
MURAI BORNEOHPRTH MATRAWI (MANGGAR)
LOVEBIRDSONTOLOYOARIEF (BPP)
PLECIPISANG IJOUUT (TNI JAYA SF)
CUCAK HIJAULORENZOSUMARDI (96 SMD)
Panitia Lomba Burung Kampung Timur Balikpapan
Panitia Lomba Burung Kampung Timur Balikpapan.

Hasil Lomba Kampung Timur Balikpapan (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.