Om Rizky Abadi: Sukses beternak kenari dan toko burung di Rembang

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Nama Om Rizky Abadi tidak asing lagi bagi sebagian besar kicaumania di Rembang, Jawa Tengah, khususnya yang aktif di lapangan lomba. Sebab dialah salah seorang pendiri Rembang Kicau Mania (RKM), dan saat ini dipercaya sebagai penanggungjawab RKM.

Rizky Abadi Rembang
Berkat ketekunannya, Om Adi sukses beternak kenari dan toko burung.

Di tengah-tengah aktivitasnya sebagai pemain, lelaki yang akrab disapa Om Adi ini juga mempunyai dua kegiatan ekonomi yang terkait dengan burung kenari. Pertama, dia memiliki peternakan burung kenari di bawah bendera Rizky Abadi Bird Farm (BF) Rembang. Kedua, Om Adi juga membuka Toko Burung Rizky Abadi di Jl MH Thamrin, Rembang.

Di tokonya yang berukuran 4 x 7 m2, Om Adi tak hanya menjual burung kenari hasil ternaknya. Dia juga menjual berbagai jenis burung lainnya, seperti cendet, cucak hijau, perkutut, dan sebagainya.

Selain burung, tersedia juga pakan burung seperti voer, kroto, jagung, sawi putih, jangkrik, dan ulat hongkong. Ada juga berbagai aksesoris burung, mulai dari sangkar, tempat pakan dan air minum, sarang dan bahan sarang, semprotan (hand sprayer), tangkringan, kerodong, ransel, hingga cantolan atau tempat menggantang burung.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Rizky Abadi Rembang
Om Adi di Toko Burung Rizky Abadi Rembang.

Model silangan kenari di Rizky Abadi BF

Om Adi sudah lama menggeluti hobi burung kicauan. Sejak tahun 1995, dia sudah memelihara aneka burung kicauan, meski hanya untuk hiburan di rumah. Tahun 2008, dia mulai aktif mengikuti lomba burung.

Tiga tahun kemudian, atau 2011, Om Adi mulai belajar beternak kenari secara otodidak. Hal ini dia lakukan karena banyak kicaumania di Rembang kesulitan mendapatkan anakan kenari postur besar. “Dari situlah saya berinisiatif mencetak kenari size besar, setara F1 dan AF super,” jelasnya.

Kenaei AF Super
Kenari AF Super, silangan F1 jantan dan F2 betina.

Materi induknya terdiri atas 4 ekor pejantan dan 15 ekor betina. Adapun jenis kenari yang dijadikan induk adalah kenari lokal, AF, dan F1.

Dengan berbagai model silangan, anakan kenari yang dihasilkan Rizky Abadi BF Rembang adalah AF dan F1. Berikut ini beberapa model silangan yang dilakukan Om Adi.

Induk Jantan Induk Betina Anakan Harga Anakan Umur
F1 AF AF Rp 500.000 2 bulan
F1 F1 F1 Rp 800.000 2 bulan
Lokal F1 Loper Rp 300.000 2 bulan

Harga di atas adalah kisaran minimum. Sebab harga kenari jantan yang sudah bunyi berbeda, yaitu loper (lokal super) Rp 400.000, AF Rp 700.000, F1 Rp 2,2 juta, dan F1 lokal Rp 1 juta.

“Harga burung kenari, di mana pun, sangat dipengaruhi beberapa variabel seperti postur yang bagus, kualitas bunyi, materi lagu, dan sebagainya.

Produk Om Kicau sangat membantu

Ternak kenari Rizky Abadi BF Rembang
Kandang ternak kenari Rizky Abadi BF Rembang.

Reporter Om Kicau di wilayah eks Karesidenan Pati sebelumnya tidak pernah tahu sarana-prasarana yang digunakan Om Adi dalam menjalankan breeding kenarinya.

Informasi ini diperoleh ketika hunting berita dan tiba di lokasi. Ternyata Om Adi juga pengguna setia berbagai produk Om Kicau untuk mendukung usaha ternak kenarinya. Produk yang rutin digunakan adalah TestoBird, EstroBird, BirdVit, dan TestoBirdBooster.

Dua produk yang disebut pertama merupakan suplemen khusus untuk burung-burung ternakan. Jika TestoBird untuk burung jantan, maka EstroBird untuk burung betina.

Adapun BirdVit dapat digunakan untuk segala jenis burung dalam berbagai umur dan kondisi, karena fungsinya adalah menjaga burung agar selalu dalam kondisi fit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

TestoBirdBooster digunakan untuk burung-burung yang sedang diorbitkan, mengatasi burung yang susah bunyi, dan jika digunakan rutin (1-2 minggu sekali) bisa menjaga burung agar selalu gacor alias rajin bunyi.

“Awalnya, pada tahun 2012, saya titip kepada rekan kerja yang biasa memasok vitamin ke kios saya. Sebab banyak telur yang gagal menetas. Rekan saya kemudian menyarankan produk Om Kicau, dan ternyata hasilnya memuaskan,” kata Om Adi.

Saat ini, Om Adi rutin membeli produk-produk Om Kicau dari agen di Kudus. Jika ada rekannya yang memiliki keluhan serupa, Om Adi pun menganjurkan produk-produk Om Kicau. (v1rgoboy)

Om Rizky Abadi
Om Rizky Abadi

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.