Owen: Kecil-kecil sukses orbitkan lovebird Soimah

Jangan lihat seseorang dari bungkusnya, begitu kata Tukul Arwana. Banyak kicaumania cilik yang sukses mengorbitkan burungnya di arena lomba. Di Kota Pati, Jawa Tengah, pun ada nama Owen. Bocah lelaki ini merupakan putera pemain kawakan, Om Jimmy Pragola, yang sudah tak asing lagi di kalangan pemain Blok Tengah. Nama Owen kini makin sering muncul di media, lantaran lovebird Soimah miliknya sering menjuarai lomba.

Owen dan lovebird Soimah
Owen bersama lovebird Soimah yang makin jos.

Menurut Om Jimmy, Soimah merupakan salah satu lovebird hasil ternaknya. Pada kakinya terpasang kode ring bertuliskan Owen dan Tasya 111. “Saya memberinya nama Soimah, karena artis Soimah juga berasal dari Pati, he.. he…,” kata Om Jimmy, saat ditemui Om Kicau.

Saat ini Soimah memasuki umur 14 bulan, dan sudah mengukir banyak prestasi. Dalam kontes Specta RKBC di Pati, Minggu (24/8), lovebird Soimah memperkuat Duta 168 dan menjuarai Kelas New Bilqis serta juara 3 Kelas Platinum.

Karena sejak kecil terbiasa dengan lingkungan yang penuh burung kicauan, Owen pun senang terhadap burung kicauan, khususnya lovebird. Kalau gaconya menang, Owen buru-buru mengambil setruk pendaftaran, mengisi nama burung, nama pemilik, dan alamat yang tertera pada setruk lomba.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Ya, anaknya memang hobi burung. Kalau nggak hobi, nggak mungkin anak sekecil Owen mau datang ke lomba burung. Pernah dia nggak ikut mengawal burungnya ke lapangan. Saya lalu menelepon Owen, mengabari kalau Soimah juara ketiga. Begitu tiba di rumah, yang langsung ditanyakan adalah mana trofinya,” ungkap Om Jimmy sambil terkekeh.

Om Jimmy Pragola dan Owen
Om Jimmy Pragola bersama Owen yang getol ke lapangan.

Berikut ini beberapa prestasi lovebird Soimah, sejak April hingga Agustus 2014:

  • Double winner dalam even di Mayong, Jepara, 13 April 2014. Jumlah peserta 45-50 ekor per sesi.
  • Juara 1 dan 3 Bupati Cup Jepara di Pantai Bandengan, Jepara, 20 April 2014. Jumlah peserta full (60 gantangan) pada setiap sesi.
  • Juara 3 dalam even BnR di Wonderia Semarang, 18 Mei 2014. Jumlah peserta 62 gantangan / sesi.
  • Juara 1 dan 3 Specta RKBC di Margoyoso, Pati, 24 Agustus 2014. Jumlah peserta 40 ekor / sesi.

Itu hanya sebagian prestasi lovebird Soimah, karena Om Jimmy terkadang tidak mencatatnya secara detail. “Kalau di rumah, Soimah sebenarnya jarang bunyi. Tapi saat di lapangan, jika kondisinya prima, burung ini pasti ngekek panjang,” tambah Om Jimmy.

Ditambahkan, gaco andalan puteranya ini memiliki lagu asli lovebird ngekek (murni suara lovebird), dan sedikit isian cucak jenggot. Suara cucak jenggot ini terkadang ditembakkan, tetapi terkadang tidak.

“Karena sudah pernah dimaster oleh suara cucak jenggot, maka lovebird Soimah jika bunyi terkesan kasar dan ngerecetngerecet,” jelas Om Jimmy Pragola.

Perawatan Soimah jelang lomba

Lovebird Soimah
Lovebird Soimah: Setiap mau lomba harus mandi basah kuyub dulu.

Perawatan Soimah tidak jauh berbeda dari lovebird pada umumnya. Tetapi saat dilombakan, menjelang lomba dimulai, burung mesti dimandikan dulu hingga basah kuyub, kemudian dijemur sebentar, dan diangin-anginkan hingga kering.

“Tujuannya untuk menurunkan birahinya agar tidak berlebihan. Setelah bulu-bulunya kering, baru digantang di lapangan. Kalau mau turun di sesi selanjutnya juga harus dimandikan lagi, jemur sebentar, dianginkan, lalu siap digantangkan,” kata Om Jimmy.

Rencananya, Owen dan ayahnya akan berangkat ke Jogja, 7 September 2014, mengikuti even kolosal Piala Raja di pelataran Candi Prambanan. “Sudah pesan tiket untuk semua kelas yang melombakan lovebird,” tambahnya.

Bagaimana perasaan Owen menghadapi even sebesar Piala Raja? “Mudah-mudahan Soimah mau kerja di Piala Raja, Om. Moga-moga bejo, dapat juara,” jawabnya singkat.

Agenda berikutnya adalah menurunkan Soimah dalam even akbar lainnya, 168 Cup III di Semarang, Minggu 28 September 2014. “Pokoknya, semoga Soimah bejo Om,” kata Owen lagi. (v1rgoboy)

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.