Kringkring buru, parrot unik dengan sepasang antena di ekornya

Burung paruh bengkok (parrot) terdiri atas ratusan spesies  dengan wilayah sebaran di berbagai penjuru dunia. Di negeri kita, parrot lebih banyak dijumpai di kawasan timur Indonesia, kendati beberapa spesies juga dapat dijumpai di wilayah barat maupun tengah. Di Pulau Buru, Provinsi Maluku, terdapat burung endemik bernama kringkring buru atau buru racket-tailed (Prioniturus mada) yang sangat unik.

kringkring buru
Burung kringkring buru / buru racket-tail (Prioniturus mada)

Salah satu keunikan burung kringkring buru adalah keberadaan sepasang antena di bagian ekornya. Hal ini mengingatkan kita pada burung srigunting.

Kringkring buru termasuk salah satu anggita keluarga Psittaculidae, dan hanya dapat dijumpai di Pulau Buru, Maluku Selatan. Panjang tubuhnya sekitar 32 cm, dengan bulubulu tubuh didominasi warna hijau. Paruhnya berwarna hitam, dan bulu penutup ekor bawah kekuningan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung jantan dan betina dapat dibedakan dari warna kebiruan di bagian atas tubuhnya. Burung jantan dewasa memiliki bulu berwarna biru yang meliputi bagian tengkuk hingga pundak dan punggung. Adapun burung betina hanya memiliki bulu biru di sekitar tengkuk saja.

Kring-kring buru
Sepasang burung kringkring buru (burung jantan di sebelah kanan)

Di alam liar, burung ini gemar memakan buah-buahan, terutama pisang dan berry, serta biji-bijian seperti kacang. Mereka sering terlihat berkelompok di ladang-ladang jagung, bahkan kerap merusak ladang dengan memakan jagung-jagung muda sehingga berpotensi menyebabkan gagal panen. Itu sebabnya, sebagian petani dan pekebun menganggap kringkring buru sebagai burung hama.

Namun dalam kandang penangkaran, Anda bisa memberinya pakan secara lebih bervariasi. Pakan yang bisa diberikan berupa campuran buah-buahan seperti pisang, apel dan biji-bijian seperti biji bunga matahari (kuaci), gabah, milet, tauge, jagung muda, bahkan nasi dan telur rebus atau egg food.

Kringkring-Buru
Tiga spesies burung endemik di Pulau Buru. Dalam gambar, kringkring biru berada paling atas.

Burung-burung kringkring termasuk dalam genus Prioniturus, dan di seluruh dunia hanya terdiri atas sembilan spesies / jenis, dan hanya dijumpai di Indonesia dan Filipina saja. Tiga spesies di antaranya memiliki habitat di Indonesia. Selain kringkring buru, dua spesies kringkring lainnya yang berhabitat di Indonesia adalah:

  • Kringkring bukit / golden-mantled racket-tail (Prioniturus platurus): Burung endemik Sulawesi dan Kepulauan Sula.
  • Kringkring dada-kuning / yellow-breasted racket-tail (Prioniturus flavicans): Burung endemik diSulawesi bagian utara, tengah, Pulau Bangka, dan Kepulauan Togian. Spesies ini dalam status Hampir Terancam (NT).

Meski kringkring buru dan kringkring bukit memiliki status Risiko Rendah (LC), bukan berarti kita bebas memburu dan memperdagangkannya. Lebih baik kita jaga kelestariannya, dengan membiarkannya di alam liar, menjaga ekosistemnya, atau kalau bisa menangkarnya.

Kring-kring bukit dan kring dada kuning
Burung kringkring bukit (kanan) dan kringkring dada-kuning

Suara kicauan burung kringkring buru terdiri atas beberapa nada melengking, naik-turun, serta beberapa suara khas burung paruh bengkok. Berikut ini beberapa jenis suara panggilan (call) burung tersebut:

Suara panggilan kringkring buru – versi 1

Suara panggilan kring-kring buru – versi 2

Download suara burung kringkring buru (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.