Catatan Piala Raja 2014 (1): Tertib, tanpa teriak, tidak saling tunggu

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Secara umum, even kolosal Piala Raja tahun ini berjalan sukses, jauh lebih baik daripada even-even sebelumnya. Kesuksesan ini bersifat multiple, mulai dari jumlah peserta yang mencapai 3.400 ekor burung, kemampuan panitia dalam menjaga ketertiban lomba, ketaatan penonton dan pemain yang tidak teriak, dan hilangnya tradisi saling tunggu saat menggantang burung.

Penonton tertib di Piala Raja 2014
Andai semua lomba burung berkicau bisa setertib ini ya…

Panitia dan petugas keamanan memang harus bekerja ekstra keras, karena situasi dan tantangannya sangat berbeda dari gelaran Ebod Jaya Cup di Suabaya (1/6) dan KMB Cup 2 di Semarang (10/8) yang selama ini dijadikan prototype lomba yang tertib.

Even Ebod Jaya Cup (Ronggolawe Team) dan KMB Cup 2 (PBI Cabang Semarang) memiliki kesamaan, yaitu digelar di dalam area markas militer dan hanya memakai satu lapangan.

Nah, Piala Raja digelar di ruang publik (pelataran Taman Candi Prambanan) dan menggunakan tiga lapangan. Jadi, secara teknis, manajemen keamanan di Piala Raja memang lebih berat.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Penonton di Piala Raja 2014
Jika ada yang ngeyel, petugas melakukan pendekatan persuasif.

Untungnya dua master of ceremony (MC) yang dihadirkan panitia, yaitu Mr Yan dari Jawa Timur dan Om Warjo (IKPBS Solo), cukup efektif menjalankan tugasnya, sehingga sangat membantu kelancaran dan ketertiban lomba.

Petugas pun beberapa kali harus menancapkan bendera diskualifikasi bagi peserta yang tetap ngeyel melanggar aturan. Hal ini pun efektif dan menjadi efek jera bagi peserta lainnya agar tak main-main dengan petugas yang berjaga.

Meski terkadang masih muncul sekali-dua kali teriakan, namun suaranya tidak terlalu keras. Ada lagi peserta yang menepuk-nepuk tangan saat sesi lovebird. Tetapi secara umum masih terkendali.

MC Mr Yan
MC Mr Yan ikut andil mengendalikan kelancaran lomba.

Tidak ada gading yang tak retak

Adakah gading yang tak retak? Entahlah. Tetapi, harus diakui, tidak semua peserta merasa puas atas gelaran ini. Beberapa pemain menyebutkan burungnya kurang dipantau, bahkan secara ekstrem ada yang menyebut sama sekali tidak dilirik tim juri.

Keluhan dan komplain semacam ini selalu terjadi di setiap lomba, mulai even akbar sampai latberan. Keluhan-keluhan itu boleh jadi benar adanya, tapi bisa juga karena persepsi yang belum sama antara peserta yang ada jauh di luar dan para juri yang menilai dekat dan bisa memantau secara lebih baik.

Bang Boy dan Mr Bagya
Dua nahkoda perburungan: Bang Boy BnR (kiri) dan Mr Bagya Rakhmadi (PBI).

Meski demikian, panitia juga tidak boleh mengabaikan begitu saja setiap keluhan beserta gosip-gosip yang menyertainya. Setiap menjelang dan setelah lomba, terutama even besar dan prestisius, selalu muncul rumor tentang paket juara. Misalnya kalau ingin juara harus mau mengeluarkan biaya dalam jumlah tertentu.

Begitu pula rumor yang terdengar di Piala Raja kali ini. Mungkin hanya gosip yang diembuskan pihak tertentu, mungkin juga bukan gosip, karena susah sekali melacak kebenaran rumors sensitif seperti ini.

Sebab orang-orang yang mengembuskan isu ini selalu mengelak ketika didesak siapa oknum panitia yang pernah menjanjikan kemenangan jika mau bayar di depan. Benarkah dia oknum panitia, atau makelar yang punya link ke oknum panitia.

Tokoh kicaumania di Piala Raja
Dari kanan: Sofyan, Mr Bagya, Suprojo WS, Bang Boy, Heru PBI Sby, dan Ming Basket.

Ah, jangan-jangan si penyebar gosip adalah barisan sakit hati karena gaconya kalah? Entahlah, dan tak perlu diperpanjang lagi. Sesuatu yang tidak bisa dibuktikan jangan mudah diembuskan ke sana-kemari, karena efeknya sangat merugikan dunia hobi kicauan itu sendiri. Jika itu terjadi, pengembus gosip bukanlah kicaumania sejati!

Faktanya, banyak burung milik orang biasa saja, dari antah berantah, alias tak kenal juri dan panitia, juga bisa menang. Om Kicau menuliskannnya dalam catatan seri kedua (silakan cek di sini). Oke? (Waca)

HASIL LENGKAP PIALA RAJA 2014 – UPDATE

KELAS: Murai Batu |  Kacer | Anis Merah | Cucak Hijau | Lovebird | Kenari | Cendet | Kelas Lain 

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.