Om Ridho Renan KM: Pakan pleci 220 Volt tembus mancanegara

Sudah dua tahun ini Om Ridho Renan Pulungan KM meluncurkan produk pakan pleci berlabel 220 Volt High Voltage (Zosterops Food). Awalnya, pakan racikannya sendiri itu hanya dipasarkan di dalam negeri. Kini sudah menembus pasar mancanegara seperti Malaysia dan Singapura.

Produknya kini seakan menjadi menu “wajib” bagi pleci-pleci di Tanah Air. Ini terlihat dari distribusinya yang tidak hanya di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat saja, tapi juga sampai Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lombok, Lampung, hingga Aceh. Bahkan, seperti disebutkan di atas, produk 220 Volt sudah menembus pasaran Malaysia dan Singapura.

Om Ridho Renan KM
Om Ridho Renan KM: Pakan pleci 220 Volt sudah tembus Malaysia dan SIngapura.

Sistem pemasaran yang dikembangkan Om Ridho lebih mengandalkan pada social media seperti facebook (FB). Berawal dari hobinya memelihara dan main pleci, Om Ridho yang yang pegiat di komunitas Kicau Mania (kicaumania.org) sering dimintai saran / masukan dari para plecimania, khsususnya pemula.

“Dari situlah terbentuk grup diskusi di facebook dengan nama 220 Volt,” kata Om Ridho, yang dulu pernah memiliki sejumlah pleci jawara seperti Marginal, Barong, Hercules, dan Uye. Saat ini dia memiliki Moreno, yang juga langganan jawara.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Karena dikenal mapan di kelas pleci, akhirnya Om Ridho merintis memproduksi produk 220 Volt, khusus dikonsumsi burung pleci. ”Alhamdulillah, kini produk kami dipercaya teman-teman kalangan pemain pleci, baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” ungkapnya.

Promosi melalui FB terbukti efektif. Apalagi para pelanggan pun turut mempromosikan produknya kepada rekan-rekan sesama plecimania di wilayah masing-masing, juga lewat facebook.

Kunci sukses lainnya, Om Ridho rajin membina jaringan dengan komunitas plecimania di Indonesia. Uniknya, nama-nama komunitas itu menggunakan label produknya. Misalnya di Semarang ada HZC 220 V, di Bandung ada Tidagor 220 V, di Majalengka ada Kurawa 220 V, di Garut ada R 250 SS 220V, dan sebagainya

Tidak seperti produk pakan pada umumnya yang mudah dijumpai di kios burung, produk 220 Volt justru sulit dijumpai di pasaran. Pemasarannya ya melalui jaringan komunitas seperti di atas, khususnya melalui FB.

Dibandingkan dengan produk lokal lainnya, harga 220 Volt memang lebih mahal. Harga per kemasan (100 gram) dibanderol Rp 35.000. Meski harganya premium, penjualan rata-rata setiap bulan bisa mencapai 6.000 pak.

Pakan pleci 220 Volt
220 Volt hasil racikan Om Ridho, sarjana farmasi dari UI.

Yang membanggakan, produknya juga bisa diterima pasaran Malaysia dan Singapura. Padahal perkembangan pleci di kedua negara itu sangat pesat. Produk pakan khusus pleci pun sudah lama ada di sana.

“Awalnya beberapa kolega yang mukim di sana pulang kampung, kemudian membawa produk 220 Volt untuk dijadikan oleh-oleh bagi kalangan plecimania di sana. Ternyata produk ini bisa diterima dan dirasa cocok,” kata Om Ridho yang tinggal di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Sejak itulah, para penggemar pleci di Malaysia dan Singapura sering titip kalau ada WNI yang pulang ke Indonesia. Sekali bawa bisa mencapai 100 pak.

Lalu, apa keunggulan voer halus khusus pleci yang diracik Om Ridho? Sebagai sarjana farmasi lulusan Universitas Indonesia, tidak sulit bagi dia untuk membuat racikan pakan yang memiliki nutrisi tinggi.

Bekal ilmu itulah yang membuat Om Ridho mampu meracik pakan burung sesuai dengan kebutuhan dasar, metabolisme, dan fisiologis burung pleci.

Artinya, produk 220 Volt ini bisa untuk menggacorkan, mendongkrak volume, maupun performa pleci di lapangan. Penampilan pleci pun bisa menjadi stabil, selalu dalam kondisi on-fire, dan ngotot ketika ketemu lawan-lawannya.

“Teman-teman plecimania kan menurunkan burungnya bisa tiga atau empat kali dalam seminggu. Makanya kita buatkan pakan yang benar-benar membantu burung bisa tampil prima,” lanjut pria yang mengawali hobinya di kelas anis merah dan kenari.

Pakan pleci 220 Volt
Pakan pleci 220 Volt: Halus, lembut, dan tepat gizi.

Selain untuk pleci, kata Om Ridho, produk voer halus 220 Volt ini juga bisa dikonsumsi untuk burung-burung fighter lainnya seperti murai batu, kacer, ciblek, pentet, dan lain-lain.

Rendana ke depan, dia sudah menyiapkan produk andalan barunya, yaitu 220 Volt Tune-up dan 220 Volt Buster Upgrade. (d’one)

Informasi / curhat seputar pleci :

Om Ridho Renan Pulungan KM

Kontak: HP 08157 4866 323 / Pin BB 21EF45F8

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.