Decu batu, burung migran bersuara lantang

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Indonesia kerap menjadi tujuan burung-burung migran dari berbagai negara di dunia. Bahkan beberapa spesies di antaranya cukup dikenal sebagai burung piaraan sejumlah kicaumania di Indonesia, misalnya anis siberia dan tledekan laut. Kali ini Om Kicau ingin mengekspose salah satu burung migran lainnya, yaitu burung decu batu / common stonechat (Saxicola torquatus) yang memiliki suara kicauan  cukup lantang. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung decu batu berasal dari Eropa dan Asia Baratdaya. Setiap menjelang dan selama musim di habitat aslinya, burung ini selalu bermigrasi ke wilayah selatan, mulai dari Afrika, Tanah Arab, hingga Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Di Indonesia, burung decu batu hanya mampir di Sumatera, termasuk Pulau Nias yang termasuk dalam Provinsi Sumatera Utara. Mereka menyukai habitat terbuka, seperti lahan pertanian, pekarangan, bahkan semak sekunder, dan sering terlihat bertengger di batang pohon terendah untuk memudahkannya menyambar mangsanya di permukaan tanah, terutama cacing dan serangga.

decu batu
Decu batu / common stonechat, burung migran bersuara lantang.

Postur tubuhnya tidak jauh berbeda dari decu belang (Saxicola caprata) dan decu timor (Saxicola gutturalis). Decu belang pernah sangat popular di Indonesia dan menjadi salah satu kelas favorit dalam lomba burung berkicau hingga awal dekade 2000-an.

Berbeda dari decu batu yang merupakan burung migran, decu belang dan decu timor merupakan burung lokal yang habitat aslinya memang di Indonesia. Burung decu batu terdiri atas 24 subspesies / ras, yang tersebar mulai dari Eropa, Afrika, Asia Baratdaya, hingga wilayah Arab.

Tubuhnya didominasi  warna hitam dan jingga. Burung jantan memiliki kepala berwarna hitam, dengan punggung cokelat-tua. Pada bagian leher dan sayapnya terdapat bercak putih tebal. Bagian dada berwarna jingga.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Adapun burung betina memiliki warna yang lebih suram dan tanpa warna hitam. Tubuh bagian bawah berwarna kuning-tua.

Decu batu jantan betina
Burung decu batu jantan (kiri) dan betina.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Suara kicauan burung decu batu

Suara kicauan burung decu batu tidak kalah dari  decu belang. Suara kicauannya juga bervariasi, bahkan volumenya lebih tajam dan lantang.

Berikut tiga audio kicauan burung decu batu yang bisa dimanfaatkan sebagai masteran atau untuk memancing burung jenis lainnya agar mau dan rajin berbunyi.

  • Suara kicauan decu batu – variasi 1
  • Suara kicauan decu batu – variasi 2
  • Suara kicauan decu batu – variasi 3

Download suara kicauan decu batu (klik di sini)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.