Aneka kreasi dari pipa PVC untuk perlengkapan burung peliharaan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Selain bisa dimanfaatkan untuk membuat wadah sarang, pipa PVS juga dapat dimanfaatkan untuk membuat aneka kreasi  yang terkait dengan burung peliharaan. Apa sajakah itu? Berikut ini aneka kreasi dari pipa PVC untuk perlengkapan burung peliharaan seperti tenggeran, kandang burung, bird feeder, dan wadah sarang.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

pipa pvc
Pipa PVC mudah dirangkai dan bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka perlengkapan burung.

Pipa PVC adalah batang pipa yang terbuat dari plastik (paralon). Pipa ini cukup kuat dan bisa disambung hingga menjadi beberapa bagian. Meski fungsi utamanya untuk mengalirkan air, namun sifatnya yang fleksibel membuat pipa PVC banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lain, termasuk membuat perlengkapan burung seperti kandang, wadah sarang, tenggeran, dan bird feeder.

1. Tenggeran burung

Beberapa jenis burung paruh bengkok membutuhkan tenggeran berbentuk seperti huruf T. Tenggeran model ini biasanya digunakan untuk melatih burung agar cepat jinak.

Daripada menggunakan sangkar harian, meletakkan burung paruh bengkok seperti nuri, nuri abu afrika, kakatua, dan lain-lain di atas tenggeran T bisa mempercepat proses penjinakan dan pelatihan burung.

Selama ini, tenggeran T yang dijual umumnya terbuat dari bahan besi. Kali ini, kita akan memanfaatkan pipa PVC untuk membuat tenggeran model yang sama. Cara pembuatan dan bahan yang digunakannya bisa dilihat pada gambar berikut:

tenggeran burung dari pipa pvc
Bahan baku pembuatan tenggeran T untuk burung paruh bengkok.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Pasangkan semua bahan sesuai dengan gambar, kemudia rekatkan menggunakan lem agar lebih kuat, sampai hasil akhirnya terlihat seperti gambar di bawah ini:

Pemasangan tenggeran
Pemasangan bahan menjadi tenggeran T.

Untuk inspirasi Anda, berikut ini beberapa contoh tenggeran burung yang terbuat dari pipa PVC:

Aneka tenggeran dari bahan pipa pvc
Aneka tenggeran dari pipa PVC.

2. Kandang aviary

Pipa PVC juga bisa disambung-sambung menjadi rangka kandang burung. Yang dibutuhkan di sini adalah kreativitas Anda dalam membuat rangka kandang yang bagus. Adapun dinding tetap terbuat dari kawat ram. Berikut ini contohnya:

kandang dari pipa
Kandang aviary yang dibuat dengan merangkai beberapa pipa PVC.

Bahan yang digunakan tergantung dari model kandang aviary. Karena itu, sebelum membuat kandang aviary dari bahan PVC, sebaiknya buat dulu sketsa atau desainnya, agar nantinya bisa diperhitungkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

rangka kandang pipa
Rangka kandang sebaiknya mengikuti desain atau sketsa yang dibuat sebelumnya.

Untuk memperkuat rangka kandang dibutuhkan beberapa pipa model T dan model silang. Untuk mengikat kawat ram pada rangka diperlukan tali kabel.

membuat kandang dari pipa pvc
Untuk menyambung rangka kandang dibutuhkan beberapa pipa model T dan model silang.

Adapun pintu kandangnya bisa meniru bentuk dan model dari gambar berikut ini:

Pembuatan pintu kandang aviary
Pembuatan pintu kandang aviary.

3. Bird Feeder

Pipa PVC juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat makan atau tempat minum burung. Ukuran pipa yang bermacam-macam, mulai dari yang terkecil hingga terbesar, membuat kita memiliki banyak pilihan dalam membuat tempat makan atau minum bagi burung, terutama unggas peliharaan.

Untuk itu, Anda bisa berkreasi dengan memperhatikan beberapa contoh tempat berikut ini:

Aneka kreasi tempat pakan atau bird feeder untuk unggas peliharaan
Aneka kreasi tempat pakan atau bird feeder untuk unggas peliharaan.

4. Wadah sarang

Salah satu yang diperlukan dalam penangkaran burung adalah wadah / tempat sarang. Wadah sarang tidak  harus terbuat dari kayu saja. Anda bisa membuatnya dari bahan lain, seperti kertas karton / kardus bekas dan pipa PVC.

Bagaimana cara membuat kotak sarang dari pipa PVC, silakan  buka lagi referensi sebelumnya di sini:

Aneka kotak sarang untuk burung

Itulah beberapa manfaat lain dari pipa PVC, terutama untuk aneka perlengkapan burung peliharaan di rumah. Yang penting tetap berkreasi.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

  1. Wah mantabs Om, kebetulen ada rencana mbuat sangkar koloni. Ini bisa dijadikan opsi, perhitungan yang cukup bisa menekan biaya tentunya. Nice info Om. Trims.

Komentar ditutup.