Kandang ternak murai batu model 3 pintu beratap genteng

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Fajar Indah Alumunium, produsen kandang burung dan kandang ternak burung berbahan alumunium, terus meluncurkan produk-produk baru yang inovatif. Salah satunya adalah kandang ternak murai batu model 3 pintu beratap genteng. Terkesan kokoh, mewah, namun tetap fungsional sebagai sarana burung untuk berkembangbiak.

kandang ternak murai batu model 3 pintu
Karyawan Fajar Indah sedang menggarap kandang ternak murai batu model 3 pintu.

Menurut Om Wahid Riyadin, pemilik Fajar Indah Alumunium, kandang model anyar ini berukuran panjang 3 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 2,7 meter. Panjang tiga meter itu terdiri atas 3 petak kandang, sehingga bisa menampung tiga pasangan induk murai batu.

Dengan demikian, setiap petak kandang memiliki ukuran 1 x 2 m2 dengan tinggi 2,7 meter. Yang membuat kandang model ini berbeda dari desain sebelumnya antara lain sebagian atapnya ditutupi genteng, sehingga terlihat mewah.

Kandang ternak murai batu model 3 pintu
Sebagian atap ditutupi genteng, sehingga terkesan mewah.

“Kandang ini tak hanya bisa dimanfaatkan untuk murai batu. Burung kacer, jalak bali, jalak putih, dan jalak suren pun cocok diternak dalam kandang seperti ini,” jelas Om Wahid, saat ditemui di bengkel kerjanya, daerah Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Rangka kandang menggunakan bahan alumunium kualitas nomor satu. Demikian pula bahan kawat ram yang menjadi penutup dinding bagian depan.

Berapa sih harganya? Untuk pemesanan kandang ternak murai batu model 3 pintu dan beratap genteng, harga dibanderol Rp 12 juta. “Misalnya pesan sekarang, sepuluh hari kemudian kandang sudah bisa dipasang dan siap digunakan untuk beternak,” tambah Om Wahid.

Kandang ternak murai batu model 3 pintu
Kandang ternak murai batu model 3 pintu tampak depan.

Harga tergantung kualitas bahan baku

Selama ini ada selentingan kalau produk kandangnya lebih mahal daripada kompetitor lainnya. Menanggapi hal itu, Om Wahid menganggapnya biasa saja.

Harga produk selalu equivalent dengan kualitas barang. Jadi bukan karena produknya lebih mahal, melainkan karena kualitas bahan baku yang digunakan berbeda.

“Harga selalu disesuaikan dengan kualitas bahan baku yang digunakan. Sebab bahan baku itu ada yang bagus, dan ada pula yang biasa. Kalau mau awet dan berkualitas, ya tentu harganya lebih mahal,” ujarnya.

Kawat ram, misalnya, ada yang terbuat dari galvanis antikarat. Namun ada pula kawat ram biasa yang jika terkena panas matahari dan hujan terus-menerus, pasti mengalami korosi / karatan.

Selama ini, kata Om Wahud, tidak ada penurunan order dari pemesan yang terdiri atas breeder pemula maupun breeder kawakan. Beberapa pemain papan atas pun menjadi pelanggan setianya, seperti Fuksin Sunter, Mr Tedjo, H Fathuloh, dan sebagainya.

Produk kandang lainnya

kandang burung berbahan alumunium.
Aneka kandang burung berbahan alumunium.

Selain memproduksi kandang ternak, Fajar Indah Alumunium juga rutin mengerjakan kandang umbaran, karamba mandi, hingga kandang jangkrik untuk pakan burung.

Penggemar burung paruh bengkok selain parkit dan lovebird yang makin meningkat juga membuat Om Wahid kebanjiran order untuk membuat kandang hias alumunium khusus burung paruh bengkok.

Fajar Indah Alumunium
Kandang hias alumunium untuk paruh bengkok.

Ketepatan waktu pengerjaan dan layanan bikin di tempat pemesan juga menjadi salah satu keunggulan tersendiri dari Fajar Indah Alumunium.

Ya, Om Wahid dan krunya sudah sering melayani pesanan spesial seperti itu: datang dan bikin langsung di lokasi pemesan. Meski pemesan berasal dari luar Jawa, ia tetap melayaninya.

Untuk sobat kicaumania dan para breeder di Jabodetabek, pembuatan kandang ternak juga bisa dilayani di lokasi pemesan.

“Desain kandang bisa berasal dari contoh-contoh yang pernah saya garap, boleh juga murni ide pemesan. Begitu pula kualitas bahannya, apakah mau yang kualitas nomor satu, atau standar,” tambahnya.

Untuk penggarapan kandang ternak soliter untuk lovebird dan kenari model 10 pintu, Om Wahid memberi garansi selesai dalam waktu 6 hari. Untuk kandang murai batu model 3 pintu dan beratap genteng dibutuhkan waktu 10 hari.

Adapun kandang umbaran yang biasanya digunakan untuk murai batu dan kacer, Om Wahid juga menjamin kawatnya kencang dan tidak menggelembung, kendati terkena panas matahari dan tempias air hujan.

Kandang umbaran model sliding
Kandang umbaran model sliding yang fleksibel: bisa dipanjangkan dan dipendekkan.

Selain itu, ada juga kandang umbaran model sliding, yang bisa dipanjangkan dan bisa juga dipendekkan, menyesuaikan dengan luas ruangan di rumah masing-masing. Wah, keren kan? (d’one)

Om Wahid Riyadin
Om Wahid (kiri) terima order untuk semua kalangan.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.