Apa beda long-tailed paradise whydah dan pin-tailed whydah?

Saat ini di Jakarta datang burung impor asal Afrika yakni long-tailed paradise whydah dan pin-talied whydah. Meski sama-sama ekor panjang, apa beda antara long-tailed paradise whydah dan pin-tailed whydah? Untuk burung pin-tailed whydah pernah dibahas sebelumnya, lihat misalnya artikel Pin-tailed whydah: Burung finch berekor panjang, bisa bersiul dan berkicau dan Beberapa trik penangkaran burung pin-tailed whydaha.

Nah, kali ini Om Kicau ingin bercerita tentang long-tailed whydah.

Long-tailed paradise whydah dan pin-tailed whydah termasuk spesies yang unik karena memiliki ekor yang panjang, dan suara kicauan yang bisa dimanfaatkan untuk memaster burung lainnya. Dan keduanya sama-sama rumit dan relatif susah ditangkarkan.

Sepasang long-tiled paradise whydah.
Sepasang long-tiled paradise whydah.

Ukuran tubuh antara burung jantan dengan betina hanya sekitar 13 cm panjangnya, namun burung jantan akan menumbuhkan ekornya hingga mencapai 40 cm pada, selama musim berkembang biak. Di luar itu, baik burung jantan atau betina sama-sama memiliki ekor yang pendek.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dalam setahun, burung paradise whydah jantan akan mengalami 3 kali perubahan bulu pada masa mabung. Pada kondisi normal atau di luar musim kawin, warna bulu mereka lebih mirip burung betina dengan warna burung gereja pada umumnya, dengan ekor yang pendek.

Paradise jantan dan betina
Paradise jantan dan betina
Paradise whydah di musim kawin
Paradise whydah di musim kawin

Meskipun sulit untuk berkembang biak di penangkaran karena sifat parasit induk mereka, burung ini, khususnya yang jantan, dijual sebagai hewan peliharaan di Amerika Serikat dan negara-negara lain.

Burung long-tailed paradise whydah masuk dalam daftar burung yang terancam punah dan masuk spesies burung daftar merah IUCN.

Suara paradise whydah

Suara kicauan paradise whydah cukup bervariasi dengan beberapa irama atau lagu yang cukup cepat. Lagu-lagu mereka jika ditiru oleh burung kicauan lainnya tentu akan menjadikan satu nilai tambah tersendiri.

Berikut suara kicauan dari burung paradise whydah

  • Suara kicauan paradise whydah variasi 1 [DOWNLOAD]
  • Suara kicauan paradise whydah variasi 2 [DOWNLOAD]

Sumber: agrobur.com
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

Komentar ditutup.