Perawatan lovebird AB-Ical, juara Piala Raja 2014 dan 168 Cup III

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

H Fitri BKS Samarinda punya puluhan burung jawara. Sebagian dirawatnya di Samarinda, sebagian lagi dititipkan kepada teman-temannya di Jawa, baik di Jakarta, Jogja, dan kota lainnya. Dalam even Piala Raja 2014 di Jogja (7/9) dan 168 Cup III Semarang (28/9), dia membawa beberapa burung yang selama ini dirawatnya di Samarinda, termasuk lovebird AB-Ical.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Om Fitri BKS
Fitri BKS meraih gelar juara umum SF di Piala Raja 2014 dan 168 Cup III.

Dalam even Piala Raja 2014, lovebird AB-Ical sukses menjuarai Kelas Sekar Kedaton A. Adapun dalam 168 Cup III, burung ini menjuarai kelas utama, yaitu Kelas 168.

Setiap mengikuti lomba, Om Fitri selalu mempercayakan lovebird hijau standar andalan ini kepada Jeffri, atau lebih akrab disapa Om Uun.

Om Uun ikut menjadi saksi kehebatan AB-Ical dalam berbagai even, baik di Samarinda, Balikpapan, Bontang, Sangasanga (Kaltim), Banjarmasin (Kalsel), serta even di Jawa seperti Jakarta, Jogja, Solo, Semarang, Bandung, Surabaya, dan sebagainya.

Lovebird AB-Ical
Lovebird AB-Ical sukses menjuarai dua even besar: Piala Raja 2014 dan 168 Cup III.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Prestasi AB-Ical bukan lagi sekadar lintaspulau, melainkan juga lintas-EO (event organizer). Pasalnya, gaco ini sudah pernah menjuarai even garapan Ronggolawe, BnR, Pelestari Burung Indonesia (PBI), maupun EO independen.

Berikut ini beberapa prestasi lovebird AB-Ical dalam even-even besar sepanjang tahun ini:

EVEN TANGGAL JUARA EVENT ORGANIZER
Piala Raja Kutai Kartanegara, Tenggarong23-02-20141, 3Ronggolawe
Denzipur Cup, Balikpapan27-05-20141, 2, 4, 5Independent
(LB terbaik)
Polder Air Hitam Cup, Samarinda06-07-20141, 2, 2, 5Polder
KMB Cup 2,  Semarang10-08-20141, 6, 10PBI
Sanga-Sanga Cup, Kaltim17-08-20141, 1, 2, 5Independen
( LB terbaik)+ Polder
Piala Raja 2014, Jogja07-09-20141PBI
168 Cup III, Semarang28-09-20141Independen
Om Fitri BKS
Om Fitri BKS menerima trofi dari Bapak Suprojo WS dalam even 168 Cup III Semarang.

Perawatan lovebird AB-Ical

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Om Fitri menjelaskan, lovebird AB-Ical termasuk salah satu burung yang paling disayanginya. Karena itulah, dia merawat sendiri burung itu di rumahnya di Samarinda.

Untuk perawatan hariannya, Om Fitri membeberkan sedikit rahasianya. “Nggak ribet kok, dan sama seperti lovebird pada umumnya,” ujarnya.

  • Setiap pagi, mulai pukul 06.30, kerodong dibuka, dan burung dianginkan sebentar,.
  • Pukul 07.00, AB-Ical saatnya mandi menggunakan hand sprayer hingga basah kuyup, lantas diangin-anginkan kembali.
  • Pukul 08.00 pagi, burung dijemur selama 30 menit (08.00 – 08.30), kemudian dianginkan lagi.
  • Extra fooding (EF) yang diberikan sejak Senin hingga Minggu adalah mentimun. Porsinya tak perlu terlalu banyak, cukup 1 potong dengan panjang sekitar 5-8 cm. Mentimun ini diberikan setelah burung rampung dijemur.
  • Menurut Om Fitri, mentimun memiliki kadar air yang tinggi dan sangat baik untuk meredam birahi lovebird. Apalagi cuaca di Kota Samarinda terbilang sangat terik. Agar AB-Ical merasa fresh, setiap harinya harus selalu disediakan mentimun di kandangnya.
  • Sore hari, sekitar pukul 15.00, mentimun dicabut dari sangkar. Burung kemudian mandi lagi, menggunakan hand sprayer.

Menurut Om Uun, lovebird AB-Ical memiliki kelebihan pada ngekeknya yang panjang, dengan durasi lebih dari 30 detik. Burung ini juga mempunyai keuntikan tersendiri, terutama pembukaan lagunya.

“Pembukaan lagunya adalah suara cucak jenggot, cililin, dan kapas tembak dengan durasi sekitar 7 sampai 10 detik, lantas tanpa jeda disambung dengan suara ngekek lovebird. Jadi terdengar kasar dan panjang,” kata Om Uun.

Om Uun BKS
Om Uun selalu mengawal lovebird B AB Ical setiap kali berlomba.

Keunggulan lain dari lovebird AB-Ical adalah stamina dan daya tahannya. Sebab sebulan sekali pasti mengikuti even di Jawa, alias sudah terbiasa terbang lintaspulau.

“Burung sudah tidak kaget terhadap cuaca di setiap kota yang dikunjunginya yang berbeda-beda dan tahan banting. AB-Ical juga nggak mudah ngambek tukas,” tambah Om Uun.

Kalau digantang mau kerja, biasanya AB-Ical dapat juara, atau minimal masuk peringkat atas. Burung ini seperti memiliki aura kelebihan tersendiri di hadapan lawan-lawannya.

Lovebird AB-Ical memang hanya salah satu dari puluhan burung jawara koleksi Om Fitri. Tetapi gelar juara yang diraihnya dalam Piala Raja 2014 dan 168 Cup III ikut memberi kontribusi, sehingga H Fitri BKS selalu terpilih sebagai juara umum single fighter / SF. (v1rgoboy)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.