Berner: Kenari postur tegap, suaranya nyaring

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Pernah mendengar kenari berner? ApabilaAnda termasuk pemain lama, tentu faham atau bahkan pernah memeliharanya. Kenari berner atau terkadang disebut kenari bernese atau bernois dikembangkan di Swiss sejak tahun 1880.  Salah satu tetua yang digunakan untuk mencetak kenari berner adalah yorkshire (YS). Tidak heran apabila kenari berner memiliki postur tegap sebagaimana tetuanya. Suara kicauannya pun nyaring dan panjang-panjang.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

kenari bernois
Kenari berner / bernois mempunyai postur tubuh yang panjang dan tegap.

Kenari berner mempunyai postur tubuh tidak jauh berbeda dari kenari yorkshire, dengan panjang sekitar 16 – 17,5 cm. Burung ini memang difokuskan pada pengembangan bagian dada, punggung panjang, dengan bahu menonjol. Itulah yang membuat gaya berdirinya menjadi lebih tegap.

Selain itu, ukuran sayap dan ekornya lebih panjang daripada kenari biasanya yang membuat penampilannya lebih serasi dengan gaya berdiri yang tegak.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Ada beberapa variasi warna pada kenari berner, sebagaimana kenari pada umumnya. Warna yang paling sering ditemukan adalah kuning, meski ada juga kenari berner berwarna bon atau isabel dengan pengecualian warna lipocromo merah.

kenari berner bernois
Kenari berner dikembangkan di Bern, Swiss, sejak tahun 1880.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Kenari ini cukup dikenal sebagai kenari tipe, dan kini lebih banyak dikembangbiakkan untuk mencari postur tubuh yang lebih serasi dengan suara kicauannya yang lebih unik lagi. Di Indonesia, berner cukup diminati untuk disilangkan dengan yorkshire maupun jenis kenari lainnya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Salah satu  kesulitan yang mungkin timbul saat Anda mencoba menangkar kenari berner adalah burung betina terkadang kurang berpengalaman dan sering mengabaikan anak-anaknya. Akibatnya, banyak peternak di Eropa yang menyediakan  baby sitter dari jenis kenari lainnya untuk merawat anakan berner.

Selain mempunyai perawakannya yang tinggi dan tegak, berner juga mempunyai suara kicauan cukup nyaring, cenderung berlagu panjang. Suara kicauannya yang khas itu menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian kicaumania di Indonesia yang menyukai kenari dengan gaya dan penampilan mirip yorkshire itu.

Beberapa kicaumania yang pernah memelihara berner mengakui, kenari jenis ini memiliki mental dan semangat yang cukup baik sebagai burung lomba. Namun akhir-akhir ini kenari berner sulit ditemukan di pasar burung di Indonesia, meski sudah banyak kicaumania yang berhasil menangkarnyauntuk tujuan pribadi maupun dipasarkan secara terbatas.

Untuk perawatannya, Anda bisa memberikan canary seed yang berkualitas seperti BirdFood agar burung rajin berkicau, punya power prima, dan mendongkrak mentalnya. Pakan tambahan yang bisa diberikan berupa sayuran, buah-buahan atau egg food untuk menunjang aktivitas burung setiap harinya.

Berikut ini video kenari berner yang pernah diunggah di youtube:

  • Suara kicauan kenari berner – variasi 1
  • Suara kicauan kenari berner – variasi 1

( Audio bisa diunduh di sini )

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.