Samawa Berkicau jadi even terbesar dan terbaik di NTB

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Lomba burung berkicau Samawa Berkicau dalam rangkaian kegiatan tahunan Pemkab Sumbawa bertajuk Festival Moyo berlangsung sangat meriah di halaman Kantor Bupati Sumbawa. Sejumlah kicaumania menyebutkan, inilah lomba burung berkicau terbesar dan terbaik di Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam 10 tahun terakhir ini.

Lomba Burung Samawa Berkicau
Sekda Sumbawa Drs H Rasyidi meletakkan bendera koncer A untuk juara cendet Istana Dalam Loka.

Even yang berlangsung Minggu (28/9) itu diikuti 526 burung yang bertanding dalam 4 kategori kelompok dan 18 kelas. Artinya setiap kelas rata-rata berisi 29 gantangan, meski beberapa kelas seperti cendet dan dan kacer diluberi peserta.

Peserta datang dari berbagai daerah di NTB seperti Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Lombok, bahkan ada juga yang datang dari Jakarta dan Bali.

Panitia yang dikomandani rekan-rekan dari Kicau Mania Samawa (KMS) juga mengemas even ini secara menarik, termasuk menyediakan doorprize utama berupa 1 unit sepeda motor Honda Revo dan aneka bingkisan menarik lainnya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Lomba Burung Samawa Berkicau
Penyerahan doorprize sepeda motor oleh Setda, disaksikan Kajari Sumbawa.

Hadir dalam lomba ini Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs H Rasyidi, beserta sejumlah jajaran Muspida Kapupaten, Dinas Pariwisata, dan staf Pemkab Sumbawa. Sekda berkenan membuka lomba, bahkan didapuk untuk menancapkan bendera koncer A seusai penilaian di Kelas Cendet Istana Dalam Loka.

Untuk menunjang fairplay, panitia mendatangkan juri-juri dari Mataram dan Bali, dengan harapan dapat dapat menjalankan tugasnya secara baik, netral, dan mampu memuaskan semua pihak. Harapan itu pun akhirnya tercapai.

Karena lomba sekaligus dimaksudkan untuk mengenalkan objek- objek wisata di Kabupaten Sumbawa, maka penamaan kategori kelas menggunakan nama-nama tempat wisata.

Lomba Burung Samawa Berkicau
Suasana lomba di Kelas Cendet Istana Dalam Loka.

Kelas utama diberi titel Istana Dalam Loka yang menjadi ikon Kabupaten Sumbawa. Ada lagi Mata Jitu (wisata air terjun di Pulau Moyo), Ai Beling (wisata air terjun di Sumbawa), dan Wisma Daerah.

Sekda Drs H Rasyidi berharap, semoga ke depan objek-objek iwata di Sumbawa makin dikenal di seluruh Indonesia, melalui berbagai kegiatan seperti lomba burung berkicau.

Empat burung meraih double winner

Dalam kontes Samawa Berkicau, ada empat burung yang meraih double winner, yaitu kacer Sang Dewa, anis merah Hoky, cucak hijau Barcelona, dan kecial kombo Jenang.

Sang Dewa merupakan kacer milik Agung / ADS dari Bali. Burung ini menjuarai Kelas Istana Dalam Loka, unggul atas kacer Pastur milik H Rusdi (Mataram) serta Puri Jagad milik Maryono dari KMS (Sumbawa), yang masing-masing menempati urutan kedua dan ketiga.

Kemenangan ini kembali diulanginya di Kelas Wisma Daerah. Sang Dewa dan Pastur masing-masing juara 1 dan 2. Adapun juara ketiga diraih kacer Upin Ipin milik Arif dari Golden Voice BC (Sumbawa).

Bali juga sukses menjuarai kelas cendet, melalui aksi gemilang Disell milik Mr Baim. Disel menjadi yang terbaik di kelas utama, Istana Dalam Loka, unggul atas Ranger 2 milik Arief (Mataram) dan Sniper milik Suroto (Sumbawa). Ranger 2 dan Sniper masing-masing menjadi runner-up dan juara 3.

Lomba Burung Samawa Berkicau
Penyerahan trofi di Kelas Cendet Istana Dalam Loka.

Namun Kelas Wisma Daerah didominasi cendet-cendet milik Bambang dari AR Mataram, masing-masing Leher Beton (juara 1) dan Travel (juara 3). Juara 2 ditempati Amak koleksi Golden Voice BC Sumbawa. Kali ini, Disel harus puas menjadi juara 6, di bawah Ranger 2.

Menanggapi kemenangan para pemain asal Bali di kelas kacer dan cendet, para kicaumania tuan rumah tidak mempermasalahkannya. Bahkan hal ini bisa memacu semangat mereka untuk menyiapkan materi-materi yang lebih baik lagi.

Panitia mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta dan penonton, yang telah mendukung kontes kali ini sehingga berjalan tertib dan nyaman sejak awal hingga akhir lomba. Jika ada kekurangan di sana-sini, panitia pun mohon maaf sebesar-besarnya.

Lomba Burung Samawa Berkicau
Kelas murai batu: Penonton dan pemain sampai melewati pagar.
Lomba Burung Samawa Berkicau
Meski melewati pagar, penonton tetap tertib.
Lomba Burung Samawa Berkicau
Antusiasme kicaumania dan penonton saat menyaksikan gelaran Samawa Berkicau.
Lomba Burung Samawa Berkicau
Wah, ada juri-juri istimewa di Kelas Extravaganza.
Lomba Burung Samawa Berkicau
Panitia dan juri lomba Samawa Berkicau.

(Kontributor: Danu Anggraito)

Hasil Lomba Samawa Berkicau (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.