Video pleci Putra Mandala, plus tips perawatan ala Om Bagoes

Pleci Putra Mandala miliki Om Bagoes AB-AE saat ini sedang moncer-moncernya. Dalam berbagai kontes, baik di Blok Tengah maupun Blok Timur, selalu meraih juara. Beberapa prestasi terakhirnya antara lain juara 1 di Triwulanan Laskar Sukowati Sragen (28/8), juara 1 Kapolsek Cup Bandungan di Ambarawa (21/9), juara 1 dan 2 di even akbar 168 Cup III Semarang (28/9), dan juara 1 Semarak PJSI Solo (5/10).

Pleci Putra Mandala
Pleci Putra Mandala, jawara di Blok Tengah dan Blok Timur.

Rencananya, Om Bagoes akan kembali menurunkan pleci Putra Mandala dalam even Wali Kota Cup Magelang di halaman RSJ, Minggu (12/10) mendatang. Dia berharap Putra Mandala tampil apik dan bisa membawa juara lebih dari sekali.

“Soalnya, panitia membuka tiga kelas pleci, yaitu Ebod Vit, Ebod Joss A, dan Ebod Joss B,” kata Om Bagoes, yang selalu menambahkan inisial AB-AE di belakang namanya. Dia berasal dari Ngawi (pelat AE), namun sekarang tinggal di Jogja (AB), kos di kawasa Sedan, tak jauh dari rumah Anas Naswa.

Selain menjadi plecimania, Om Bagoes juga sering diminta menjadi juri independen, antara lain juri tetap di KMYK, dan pernah juga bertugas sampai ke Kabupayen Banjarnegara.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Perawatan pleci Putra Mandala

Bagoes AB-AE dan pleci Putra Mandala
Om Bagoes AB-AE sedang merawat pleci Putra Mandala.

Seperti kebanyakan plecimania, Om Bagoes juga mencampur Putra Mandala dengan pleci betina di rumah. Kalau mau lomba, pleci betina dipisah dalam kandang kecil, namun tetap ditempel. Bahkan, Putra Mandala ditempel dua pleci betina sekaligus dalam kandang kecil.

Menjelang digantang, barulah burung betina diambil. Wadah pakan dan dan air minum dikeluarkan, kemudian dicas dengan sesama pleci milik peserta lainnya.

Setelah dipanggil MC, barulah burung dibawa ke lapangan, dan sudah dalam kondisi terbuka (tanpa kerodong).

Untuk perawatan harian, setiap pagi burung dikeluarkan, kemudian diangin-anginkan sampai bunyi. Selanjutnya, burung diberi 2 ekor ular hongkong, lalu mandi semprot.

“Lama penjemuran disesuaikan dengan kondisi cuaca, namun rata-rata sekitar 1 jam. Habis dijemur, burung kembali diangin-anginkan atau dicampur dengan pleci betina,” tambah Om Bagoes.

Sore hari, jika tidak ada latber, burung kembali dianginkan sampai bunyi sebentar. Setelah itu diberi lagi 2 ekor ulat hongkong. Kemudian dianginkan lagi. Malam, pukul 19.00, kembali mandi semprot.

Pakan harian berupa voer lembut plus buah. “Perawatan harian dan menjelang lomba relatif sama. Bedanya sedikit saja, yaitu hari Minggu tidak diberi ular hongkong, diganti dengan sedikit kroto,” ujar Om Bagoes. (Waca)

Berikut ini video pleci Putra Mandala:

( Download video

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.