Latber PKB Sukolilo Pati yang ramai, guyub, dan penuh canda

Latihan bersama (latber) burung berkicau kini makin marak di mana-mana, baik di kota-kota besar maupun daerah-daerah terpencil seperti di Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati. Setiap Rabu, mulai pukul 16.00, digelar Latber PKB di lapangan depan Pasar Sukolilo.

Latber PKB Sukolilo Pati
Suasana kelas kacer yang ramai dalam Latber PKB di Sukolilo, Pati, Rabu (8/10) sore tadi.

Sukolilo merupakan kecamatan paling selatan di Kabupaten Pati, dan berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Blora. Jaraknya pun hanya sekitar 29 km dari Purwodadi, ibu kota Kabupaten Grobogan.

Latihan PKB yang diprakarsai Mulyono atau lebih akrab disapa Om Glendhu ini ternyata berlangsung ramai, penuh guyub rukun, bahkan kerap diselingi guyon atau canda khas warga setempat. Lapangan disetting 32 gantangan.

Om Glendhu
Om Glendhu (2 dari kiri) dan rekan-rekan PKB Sukolilo.

Para peserta pun menikmati latihan tersebut. Dalam berbagai kesempatan, sejak awal hingga akhir lomba, termasuk saat pengambilan hadiah dan piagam, selalu muncul lelucon di antara para peserta dan panitia.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Om Glendhu selama ini juga berprofesi sebagai juri lomba burung. Bersama beberapa kicaumania di Sukoliko, dia menggagas latber setiap Rabu sore, untuk memenuhi permintaan para penggemar di daerah ini. Beberapa peserta dari luar Sukolilo pun sering turun di sini, misalnya dari Kayen maupun Tambakromo.

“Yang datang ya campur-campur. Ada yang pemain pemula, dan ada juga yang sudah lama eksis di berbagai even,” kata Om Glendhu.

Dalam Latber PKB Sukolilo, Rabu (8/10) sore tadi, panitia membuka lima kelas, yaitu kacer (2 kelas), pentet, lovebird, dan murai batu. Jumlah peserta tercatat 102, atau rata-rata 20 ekor per kelas.

Dua kelas kacer dimenangi Red Man. Burung milik Om Wawan (Sukolilo) ini menjuarai Kelas A dan B. Bahkan di Kelas A, Om Wawan juga menempatkan gaco kacer lainnya, Black Man, menjadi juara 2.

Yang paling seru dan menarik adalah kelas pentet yang diikuti 28 ekor burung. Sebagaimana wilayah lain di Kabupaten Pati, jumlah penggemar pentet di Sukolilo juga cukup banyak.

Latber PKB Sukolilo Pati - kelas cendet
Kelas cendet yang diikuti 28 ekor burung berlangsung seru.

Kelas cendet dijuarai Scorpio milik milik RJB (Sukolilo). Menempati gantangan nomor 24, Scorpio tampil stabil sejak awal hingga akhir lomba, dan tak mampu dibendung lawan-lawannya. Juara kedua ditempati pentet Simbar Joyo milik Roni B, dan juara 3 menjadi milik Sudawirat milik Om Leci dari Jati Pohon.

Cendet Scorpio
Cendet Scorpio milik Om RJB.

Di kelas lovebird, Jupe tampil menawan. Lovebird milik Tommy ini menjadi juara pertama. Lovebird Sedeng milik Kendo 99 menjadi juara kedua, diikuti Jlabang kepunyaan Taryo di urutan ketiga.

Om Glendhu mengucapkan terimakasih atas kehadiran rekan-rekan kicaumania dalam Latber PKB ini mohon maaf apabila ada kekurangan dan kekhilafan. (v1rgoboy)

Latber PKB Sukolilo Pati
Panitia dan peserta Latber PKB Sukolilo: Selalu guyub dan penuh canda.

Hasil Latber PKB Sukolilo Pati (Rabu, 8 Oktober 2014)

KACER A
  1. RED MAN
WAWANSUKOLILO
  1. BLACK MAN
WAWANSUKOLILO
  1. PAK DHE JARWO
NONOKSUKOLILO
  1. KATARA
BAMBANGSUKOLILO
  1. MBAH MINI
DEDELSUKOLILO
KACER B
  1. RED MAN
WAWANSUKOLILO
  1. WELUT
YANTOSUKOLILO
MURAI BATU
  1. SARI KEDELAI
MR CIPTOSUKOLILO
  1. RATU AYU
LIK MINSUKOLILO
PENTET
  1. SCORPIO
RJBSUKOLILO
  1. SIMBAR JOYO
RONI BSUKOLILO
  1. SUDAWIRAT
LECIJATI POHON
  1. NGATEMI
MUSBAHSUKOLILO
  1. KEPET
MAS TONOKAYEN
LOVEBIRD
  1. JUPE
TOMMYSUKOLILO
  1. SEDENG
KENDO 99SUKOLILO
  1. JLABANG
TARYOSUKOLILO

Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.