Rawatan sederhana kenari Lintas Rell milik Om Pujo

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Popularitas kenari Lintas Rell milik Om Pujo (Bintaro) kini sedang naik. Hampir setiap pekan, kenari jenis AF warna kuning ini meraih gelar juara. Terakhir burung ini moncer dalam even Bogor Bersatu Mahakarya Indonesia Championship 2014, Minggu (19/10).

Durasi kerjanya di lapangan tanpa jeda, bahkan bisa mencapai lebih dari 1 menit, dengan cengkok mewah, yang membuat kenari Lintas Rell sulit digeser oleh lawan-lawannya. Padahal perawatannya relatif sederhana.

Kenari Lintas rell
Kenari Lintas Rell: Durasi lagunya panjang, meski tak mengenal umbaran.

Setiap pagi, pukul 07.00, Om Pujo mengeluarkan gaco andalannya, buka kerodong, lantas langsung dijemur. Durasi penjemuran disesuaikan dengan kondisi cuaca. “Biasanya lama penjemuran tidak melebihi jam sepuluh pagi,” kata Om Pujo.

Selama dijemur, pakan dan air minum diangkat. Kebutuhan extra fooding disiapkan dan diberikan setelah dijemur, mulai dari telur puyuh rebus yang dibelah dua, hingga sayuran sawi dan buah apel yang diberikan secara bergantian.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

“Apabila burung terlalu birahi dan galak, biasanya akan saya selingi dengan mentimun,” tambah Om Pujo.

Om Pujo sama sekali tidak menggunakan kandang umbaran. Faktanya, burung tetap memiliki durasi lagu yang panjang. “Dari sini bisa disimpulkan, bahwa durasi lagu itu sudah bakat dari sononya (faktor genetik / bawaan),” jelasnya.

Jadi, setiap hari Lintas Rell ditempatkan dalam sangkar harian. Kecuali menjelang lomba, burung mulai dipindah ke sangkar khusus lomba.

Om Pujo Bintaro
Om Pujo (kiri): Lintas Rell sudah dipinang hingga Rp 40 juta.

Perjalanan Lintas Rell hingga jatuh ke tangan Om Pujo tergolong unik. Pada suatu hari, setahun silam, salah seorang tetangga rumahnya di Bintaro, Tangerang Selatan, memiliki seekor kenari muda, dengan umur sekitar 6 bulan.

Om Pujo sempat mendengar materi lagunya, dan mengatakan kepada sang pemilik bahwa burung ini punya bakat dan prospek yang bagus.

Lama tidak bertemu, enam bulan kemudian, sang pemilik mengabarkan kalau burungnya juara bahkan menjadi perbincangan para penonton dan juri, karena kualitas materi lagunya.

Tak lama berselang, sang pemilik menghubungi Om Pujo dan mengatakan ingin menjual burung itu kepadanya. Karena harganya di bawah standar, tanpa fikir panjang  Om Pujo langsung oke. “Harganya lumayan murah, dan dia hanya mau menjualnya kepada saya,” ujarnya.

Kini, Lintas Rell yang pernah diprediksi bakal punya bakat dan prospek bagus sudah membuktikan kehebatannya. Kenari standar kecil itu kini bisa dibilang menjadi salah satu jawara papan atas di Jabodetabek.

Pinangan dengan harga menggiurkan kerap menggodanya. Tawaran terakhir mencapai angka Rp 40 juta, tetapi Om Pujo belum melepasnya. (d’one)

Om Pujo dan kenari Lintas Rel
Om Pujo usai mengantar Lintas Rell menjuarai even Inovasi 2014.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.