Buah dan sayuran yang bermanfaat bagi burung pleci

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Selama ini plecimania selalu menyediakan buah untuk burung piaraannya. Jika diperhatikan, para penggemar biasanya hanya memberikan satu jenis buah, misalnya pisang. Padahal banyak sekali jenis buah dan sayuran yang bermanfaat bagi burung pleci.

Pleci makan buah

Berikut ini beberapa jenis buah-buahan yang bermanfaat bagi burung pleci:

1. Buah pisang

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Pisang merupakan jenis buah yang paling umum diberikan kepada pleci maupun burung pemakan buah lainnya. Pisang memiliki kandungan karbohirat dua kali lebih banyak daripada apel. Adapun kandungan vitamin A lima kali lebih banyak daripada apel.

Pleci dan buah pisang
Pleci dan buah pisang

Pisang bersifat mengenyangkan dan memberikan tambahan energi. Namun karena kandungan karbohidratnya tinggi, maka pemberian pisang harus diatur agar tidak berlebihan. Sebab jika diberikan rutin setiap hari, burung cenderung cepat gemuk dan malas-malasan.

2. Buah apel

Pleci yang memakan buah apel
Pleci sedang memakan buah apel

Sebagaimana pisang, apel termasuk jenis buah yang umum diberikan kepada burung pleci. Buah ini memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Hasil penelitian terbaru menyebutkan, quercetin bisa meningkatkan kekebalan tubuh terutama pada burung yang sedang stres.
  • Buah apel bisa mencegah dehidrasi yang disebabkan berbagai hal seperti penjemuran yang berlebihan, suhu panas, dan sebagainya.
  • Pada beberapa jenis burung, buah apel dipercaya bisa meningkatkan birahi. Namun hal ini tidak terlalu berpengaruh terhadap pleci. Untuk meningkatkan birahi pleci, Anda bisa memberikan parutan buah apel yang dicampur kroto.

3. Buah pepaya

pleci makan pepaya

Pepaya mempunyai banyak manfaat bagi burung, termasuk sebagai terapi bagi pleci yang sedang over birahi. Pepaya juga mengandung antioksidan lebih banyak daripada apel.

Selain itu, pepaya juga banyak mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin E, flavanoid, folat, asam panthotenic, dan serta beberapa jenis mineral seperti magnesium dan kalium.

Burung pleci yang mengalami gangguan pencernaan bisa diterapi dengan memberikan pepaya setiap hari. Pepaya juga bisa membantu burung yang mengalami dehidrasi akibat penjemuran berlebihan atau ketika cuaca sedang panas.

4. Buah jeruk

Jeruk paling cocok diberikan kepada pleci, karena memiliki manfaat yang sama seperti halnya nektar. Buah jeruk memiliki manfaat mendinginkan, sehingga banyak diberikan kepada pleci terutama pada saat cuaca sedang panas.

Pleci makan jeruk
Pleci makan jeruk

Jeruk juga mempunyai efek detoksifikasi yang bisa menetralisir racun dalam tubuh burung, serta bisa membantu mengatasi gangguan kesehatan. Asam sitrus yang terkandung dalam buah jeruk bisa membantu mengeluarkan racun dan menstimulasi saluran pencernaan. Bahkan kulit dari buah jeruk bisa digunakan sebagai terapi bagi burung yang susah mabung.

5. Buah lengkeng / kelengkeng

buah lengkeng
Pleci sangat menyukai buah yang rasanya manis seperti lengkeng.

Buah lengkeng memberikan banyak manfaat bagi burung pleci, misalnya sebagai penenang bagi pleci yang sedang stres atau ngedrop, membantu memulihkan energinta saat mabung, dan  membantu pencernaan burung.

6. Wolfberry / goji berry

Buah impor yang bisa didapatkan di supermarket ini sangat disukai pleci karena rasanya manis. Wolfberry atau goji berry dipercaya bisa merangsang burung pleci miliknya untuk lebih rajin berbunyi dan buka paruh. Manfaat lain dari buah ini adalah memberikan energi tambahan sehingga burung lebih aktif.

Buah wolfberry
Buah wolfberry banyak dimanfaatkan sebagai pakan tambahan bagi pleci

7. Ketimun dan gambas 

Sayuran seperti ketimun dan gambas bisa diberikan ketika burung pleci sedang mabung, karena membantu pertumbuhan bulu baru yang sehat dan kuat.

6. Tomat dan wortel

Tomat dan wortel jika rutin dikonsumsi oleh pleci bisa membuat penampilan bulu-bulunya lebih cemerlang dengan warna-warna bulu yang lebih cerah dan berkilauan.

Tomat dan wortel baik untuk pleci
Tomat dan wortel baik untuk pleci

Tomat dan wortel juga bisa diberikan sebagai terapi ketika rung pleci memiliki penampilan bulu dengan warna kusam atau seperti meluntur.

Itulah beberapa jenis buahan dan sayuran yang bermanfaat bagi burung pleci Anda di rumah. Tentu saja asupan pakan yang lain seperti voer, pakan tambahan (extra fooding) seperti serangga dan vitamin juga tak boleh diabaikan.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.