Belgian fancy, cikal bakal beberapa jenis kenari popular di dunia

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Selama ini, kicaumania di Indonesia menganggap yorkshire (YS) sebagai kenari mewah. Lain halnya dengan kenari mania di Eropa dan Amerika yang menganggap belgian fancy sebagai kenari mewah. Kenari belgia ini dikenal paling berpengaruh dan menjadi cikal bakal beberapa jenis kenari popular di dunia, termasuk yorkshire.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

kenari belgia fancy
Belgian fancy, cikal bakal aneka jenis kenari terpopular di dunia.

Kenari belgia mulai popular dan banyak dikembangbiakkan sejak akhir tahun 1800-an. Namun akibat Perang Dunia I yang memakan banyak korban jiwa, perkembangan kenari belgia di negara asalnya terus mengalami penurunan, bahkan nyaris punah.

Selepas Perang Dunia, kenari belgia justru banyak dikembangkan di beberapa negara Eropa, bahkan dijadikan bahan untuk menghasilkan keturunan dan beragam varietas yang popular seperti scoth fancy, lancashire, dan yorkshire.

Bagi kicaumania di Eropa, belgian fancy bisa dianggap sebagai kenari bangsawan, karena bentuk tubuhnya yang anggun dan unik. Kepala dan leher tampak menonjol keluar dari bahunya. Tubuhnya terlihat membungkuk seperti bumerang.

Penampilannya yang unik itu membuat banyak peternak berminat untuk mengembangkan belgian fancy sebagai kenari postur, daripada kenari penyanyi maupun kenari warna.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

kenari belgia banyak dikembangkan untuk bentuk tubuh bukan warna dan suaranya
Belgian fancy lebih banyak dikembangkan sebagai kenari postur.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Kenari belgia mempunyai panjang tubuh sekitar 17 cm. Tubuhnya kurus, dengan bentuk kepala kecil serta leher ramping yang tampak membungkuk. Jika dilihat dari arah belakang akan terlihat seperti bentuk segitiga.

Sebenarnya bentuk seperti itulah yang banyak dicari para peternak kenari di seluruh dunia, terutama untuk jenis postur atau type. Bahkan sejak dulu, burung sengaja dilatih untuk bisa berdiri dengan posisi leher yang membungkuk.

Kenari belgia mempunyai bulu-bulu yang halus dan rapi. Warnanya beragam, ada yang hijau, putih, maupun kuning. Tidak mudah memang untuk memeliharanya, apalagi burung ini dikenal pemalu dan mudah stres. Beberapa induk dinilai kurang pandai merawat anaknya.

Di Indonesia, jarang sekali kita menjumpai kenari belgia, baik di pasar burung maupun agen burung impor. Kalau pun ada, biasanya hanyalah hasil persilangan saja.

Suara kicauan kenari belgia

Meski terkenal sebagai kenari type / postur, bukan berarti kenari belgia tidak mempunyai suara kicauan yang bagus. Lagu-lagunya bahkan cenderung mengalun dan mirip irama lagu american singer. Berikut ini suara kicauan kenari belgia:

  • Suara kicauan kenari belgia  | DOWNLOAD

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.