Banjir red siskin di Trisakti BF Jakarta

Burung-burung kecil jenis finch seperti red siskin dan gould amadine kini makin banyak diminati. Hal inilah yang dirasakan Om Arif  dari Trisaksi BF, agen burung impor jenis finch di Jakarta.

Om Arif Trisakti
Om Arif Trisakti sediakan red siskin.

Red siskin atau siskin merah (Carduelis cucullata) merupakan burung dari Venezuela dan wilayah Amerika Selatan lainnya. Selain lagunya yang merdu, burung ini banyak diburu para penggemar finch di Indonesia untuk  dikembangkan dengan mencetak red siskin lokal.

Bahkan, para breeder juga memburu red siskin untuk disilangkan dengan kenari guna menghasilkan kenari jenis red intensive. “Ya, red siskin banyak diburu untuk dijadikan bahan mencetak red intensive,” kata Om Arif.

Untuk mencetak red intensive, tambah Om Arif yang juga breeder aneka jenis kenari, red siskin bisa dipasangkan dengan jenis kenari lainnya. Namun yang paling ideal adalah jika disilangkan dengan kenari taiwan betina.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

“Untuk menghasilkan kenari dengan materi lagu yang merdu, res siskin jantan  juga bisa dikawinkan dengan kenari betina dari jenis spanish timbrado,” jelas Om Arif.

Red siskin jantan
Red siskin jantan: Bahan utama mencetak red siskin lokal dan kenari red intensive.

Permintaan pasar yang melimpah membuat Trisakti BF mendatangkan puluhan red sikin di galerinya, Jalan Dwijaya 4, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Harganya memang lumayan mahal, yaitu sekitar Rp 5,5 juta per pasang. Jika berhasil menangkarnya, tentu hasilnya sangat menguntungkan.

“Sudah banyak pelanggan yang mengambil red siskin impor untuk mencetak red siskin lokal maupun red intensive,” jelas Om Arif.

Red siskin siap ternak
Red siskin siap ternak

Gould amadine

Trisakti BF juga mendatangkan gould amadine, burung finch paling cantik di dunia. Gould amadine memiliki bulu berwarna-warni, di mana perbatasan warna sangat jelas dan tanpa gradasi.

Biasanya, burung ini menjadi penghias taman dengan cara ditempatkan di kandang koloni besar. Jika mau diternak, Anda bisa menempatkan gelodok kecil dalam kandang koloni.

“Harga gould amadine bervariasi, mulai dari Rp 650.000 per pasang untuk jenis dada hijau,” tambah Om Arif.

Goul amadine di Trisakti BF
Gould amadine di Trisakti BF

Trisakti juga tetap menyediakan kenari yorkshire (YS) impor. Hal ini karena permintaan YS impor tetap tinggi, khususnya bagi para peternak, untuk mencetak anakan F1 maupun F2 dari YS yang saat ini laris manis. (d’one)

Om Arif / Trisakti BF

Alamat:  Jalan Dwijaya 4, Radio Dalam Jakarta Selatan.

Kontak: WA 0815 7435 6889 /  0812 8615 9518 | Pin BB  d313ab30

Website: trisakti-birdfarm.com

Referensi lain seputar burung red siskin / siskin merah:

Selamat berlomba, jaga sportivitas dan fairplay.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.