Tips memaster burung pailing / mongolian lark secara efektif

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Lark adalah jenis burung kicauan popular yang penggemarnya tersebar mulai dari China, Singapura, hingga Indonesia. Ada beragam spesies lark dalam keluarga Alaudidae, termasuk burung pailing / pakling /mongolian lark. Biasanya, mongolian lark dijual dalam kondisi bakalan, sehingga perlu dilakukan pemasteran agar suara kicauannya bervariasi. Berikut ini tips memaster burung pailing / mongolian lark secara  efektif.

Mongolian lark atau bailing burung yang sejak awal tahun tahun 2014 ini mulai naik daun
Pailing / mongolian lark, burung yang naik daun sepanjang tahun ini.

Burung pailing memiliki kemampuan dalam meniru berbagai macam suara seperti suara ayam, kucing, dan suara kicauan burung lainnya. Di pasaran, pailing umumnya dijual dalam kondisi masih bakalan. Jadi, sebelum mampu berkicau penuh variasi, burung harus dimaster terlebih dulu.

Salah satu bentuk pemasteran yang umum dilakukan adalah memutarkan beberapa suara burung sejenis (keluarga lark), yang digabungkan dengan beragam suara burung masteran lokal seperti ciblek, cendet, dan yang lainnya.

Berikut ini beberapa tips memaster burung pailing:

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
  • Untuk suara masteran yang diputarkan, sebaiknya berisi tidak lebih dari 8 – 10 audio burung yang bervariasi setiap harinya.
  • Secara umum, pailing belum sepenuhnya beradaptasi dengan kondisi lingkungan, termasuk terhadap suara-suara burung lokal yang baru didengarnya. Jadi, untuk memudahkan, sebaiknya pemasteran dilakukan di dalam sebuah kamar atau ruangan yang tenang dan jauh dari gangguan suara yang bisa mengganggu proses pemasterannya.
  • Agar burung tidak terlalu banyak bergerak saat dimaster, atau kerap dan memperhatikan sekelilingnya, sangkarnya harus diberi kerodong. Dengan demikian, burung bisa lebih fokus terhadap suara-suara yang baru didengarnya.
  • Putarkan suara masteran selama 1 jam pada pagi, sore, dan malam hari jika memungkinkan.
  • Lakukan pemasteran secara rutin setiap hari selama 2 – 3 minggu berturut-turut, sampai burung dapat menguasai sebagian atau seluruh suara kicauan yang ada dalam audio masterannya.
  • Selama itu pula, sebaiknya burung tidak perlu dikerodong ketika digantung di luar ruangan atau pada gantangan hariannya. Kecuali jika Anda hendak melakukan pemasteran, barulah sangkar dikerodong.
  • Jangan lupa rutin memberikan pakan belalang atau pakan tinggi protein lainnya, untuk merangsang agar burung mau berlatih berkicau dengan suara-suara yang selama ini didengarnya.

Jika pemasteran dilakukan secara rutin dan konsisten dengan suara dan waktu yang sama setiap harinya, burung pun bakal cepat menguasai suara-suara masteran yang didengarnya. Selain itu, banyaknya isian akan membuat burung pailing mudah sekali ngeroll dan gacor.

Suara masteran untuk burung pailing

Berikut ini beberapa suara masteran yang bisa digunakan untuk memaster burung pailing di rumah:

Suara masteran kombinasi untuk mongolian lark | DOWNLOAD

Suara masteran mongolian lark – variasi 1 | DOWNLOAD

Suara masteran mongolian lark – variasi 2 | DOWNLOAD

DOWNLOAD SUARA MASTERAN BURUNG PAILING (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. om,saya minta tolong dong, dibuat audio dari youtube jalak suren rasa cililin bang udin.soalnya saya gak ngerti cara converternya.hehehehe

Komentar ditutup.