Video kacer Senpi sedang nyantai

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kacer Senpi merupakan orbitan Andre Sutanto dan termasuk salah satu burung berprestasi di Tanah Air. Sepanjang tahun 2013, burung ini bersaing ketat dengan Rincong Aceh milik M Khadafi dan gaco Om Rico Lampung bernama Panglima Sumatera. Ketiganya merupakan kacer jawara Sumatera yang moncer pula di Jawa, khususnya di Jabodetabek.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kacer Senpi in action
Kacer Senpi in action

Senpi menjuarai sejumlah even nasional sepanjang tahun 2013, termasuk EB-Odjoss Cup di Cibubur (30/6/2013). Berkali-kali pula Senpi meraih hattrick, termasuk dalam Seri 4 Liga Sumatera 2013 di Bandarlampung (23/6/2013). Bahkan dalam even di Sarolangun, Jambi (September 2013), burung ini nyaris menjuarai empat kelas sekaligus.

Namun sejak Desember 2013, Senpi seperti menghilang dari arena lomba. Awalnya memang karena mabung. Tetapi  setelah masa mabungnya rampung, burung tak kunjung kembali ke top form. Akibatnya, Senpi istirahat cukup lama dari lomba.

Sehari-hari, Om Andre mempercayakan perawatan Senpi kepada Om Tole. Bahkan Om Tole juga pernah merawat Charly, kacer legendaris orbitan Om Andre yang kini menjadi milik H Rihan Variza (Binuang, Kalsel).

Melalui kesabaran dan keuletannya, Om Tole berhasil membangkitkan kembali kacer Senpi. Dalam even Batanghari Center Open II, 7 September lalu, Senpi akhirnya meraih kemenangan hattrick. Padahal even ini diikuti sejumlah burung juara.

Tole dan kacer Senpi
Om Tole saat mengawal kacer Senpi dalam Pangdam Cup di Palembang (21/9).

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Dua pekan kemudian, Om Tole membawa Senpi ke Palembang, mengikuti even besar Pangdam Cup (21/9). Turun empat kali, kacer Senpi meraih juara 1, 2, 3, dan 4. Senpi harus berbagi gelar dengan kacer Speed Racer milik H Sadat yang sehari-hari ditangani Om Adry Riady (Bangka) serta Panglima Sumatera milik H Rico Lampung.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dalam even Wali Kota Cup di Lubuklinggau, 14 September lalu, kacer Senpi meraih double winner, termasuk menjuarai kelas utama, serta sekali juara 2. Ketika itu, penampilan Senpi justru lebih baik daripada sebelum mabung.

Andre Sutanto dan Tole
Andre Sutanto (kiri) bersama Tole dan kacer Senpi.

Saat bertarung, Senpi tampil sangat nagen. Ia berdiri di atas tangkringan dengan stabil, sambil terus mendongakkan kepala, membuka lebar-lebar paruhnya dengan terus berkicau.

Volumenya tebal dan dahsyat. Lagu-lagunya kasar dan variatif, dengan kombinasi isian lovebird, cucak jenggot, dan burung gereja tarung.

Berikut ini dua video kacer Senpi yang disyuting ketika sedang nyantai. Tentu saja keganasannya tak sama ketika burung bertemu dengan puluhan lawan-lawannya di lapangan. (Kelana Lana)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.