Perawatan dan pemasteran burung manyar agar tampil maksimal

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Burung manyar tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Kemampuannya dalam meniru berbagai macam suara tidak perlu diragukan lagi. Tidak heran kalau burung manyar bisa memiliki suara kicauan bervariasi, meski itu tergantung dari perawatan dan pemasterannya. Berikut ini perawatan dan pemasteran burung manyar agar tampil maksimal.

Burung manyar semakin digemari karena kemampuanya berkicau
Burung manyar makin digemari karena kemampuan berkicaunya.

Manyar merupakan jenis burung anggota keluarga Ploceidae. Ada tiga spesies burung manyar yang sangat bagus untuk dijadikan burung master, yaitu: manyar tempua (Ploceus philippinus), manyar jambul (Ploceus manyar), dan manyar emas (Ploceus hypoxanthus).

( baca juga Tiga jenis burung manyar untuk masteran )

Dari ketiga spesies tersebut, dua di antaranya cukup familiar di Indonesia, yaitu manyar emas dan manyar jambul. Dua jenis manyar itu sama-sama pandai meniru aneka suara burung lain, terlebih manyar emas yang mempunyai suara isian lebih komplet.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Perawatan burung manyar

Meski dikenal sebagai burung pemakan biji-bijian, manyar juga sangat menyukai serangga, terutama ketika berada dalam musim kawin atau berkembangbiak. Bahkan pemberian serangga secara rutin berpengaruh positif terhadap burung manyar, karena akan membuatnya lebih aktif dan rajin berbunyi.

Karena itu, selain pakan bijian seperti pakan kenari (canary seeds), sediakan pula pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa serangga seperti ulat hongkong, jangkrik kecil, rayap, atau laron.

Jagung muda juga dapat diberikan sebagai pakan tambahan pendamping. Untuk menambah kalsium bisa diberikan tulang sotong yang digantung di dalam sangkarnya.

( baca juga Merawat burung manyar agar sehat dan rajin bunyi )

Pemasteran burung manyar

Pemasteran burung manyar menjadi lebih efektif ketika burung masih berusia sangat muda, atau dipelihara sejak trotolan. Sebab pada usia tersebut burung sangat mudah mempelajari berbagai suara kicauan yang didengarnya.

burung manyar lolohan
Burung manyar lebih mudah dimaster ketika masih trotolan.

Burung manyar trotolan, atau masih diloloh, lebih mudah dimaster dengan cara ditempel burung masteran yang dikehendaki, misalnya kenari, blackthroat, atau cililin. Kelak, setelah dewasa, burung memiliki suara panjang dan ngerol seperti burung masterannya.

Untuk burung manyar muda hutan, atau sudah dewasa, pemasteran bisa dilakukan dengan beragam cara. Misalnya menempel burung masteran yang sudah gacor, atau bisa juga memutarkan audio masteran melalui perangkat elektronik.

Agar pemasteran menggunakan perangkat elektronik (audio masteran) bisa efektif, perhatikan beberapa kondisi berikut ini:

  • Lokasi pemasteran harus tenang, tanpa gangguan suara lain yang bisa mengganggu proses pemasterannya. Anda bisa melakukannya dalam ruangan atau kamar khusus.
  • Suara kicauan / suara masteran sebaiknya terdiri atas kombinasi suara burung sesuai dengan karakter suara burung manyar. Untuk hasil maksimal, suara burung yang diputarkan setiap hari tidak lebih dari lima jenis. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, burung manyar sudah menguasai beberapa atau semua suara masteran.
  • Perhatikan kualitas suara, dengan tidak menggunakan efek suara yang biasanya terdapat pada perangkat elektronika modern. Gunakan metode flat agar suara yang keluar terdengar lebih orisinil.
  • Pemasteran bisa dilakukan setiap pagi dan sore hari, atau ketika burung sedang bersantai / beristirahat.

( baca juga Tips memaster burung manyar trotolan )

Manyar muda
Burung manyar muda hutan

Suara kombinasi masteran untuk burung manyar

Untuk membantu Anda, berikut ini suara kombinasi masteran untuk melatih burung manyar:

  • Suara kombinasi masteran untuk burung manyar versi 1
  • Suara kombinasi masteran untuk burung manyar – versi 2

Download suara masteran untuk burung manyar

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.