Kacer Bajing Ireng hattrick di Liga Jambi Seri 1

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Kacer Bajing Ireng milik Zoel Bakung tampil luar biasa dalam Liga Jambi Seri 1di Lapangan Bakung Team, Jalan RB Siagian Pasir Putih, Kota Jambi, Minggu (16/11) sore. Empat kali turun, Bajing Ireng yang dikawal Iwan Jahe sukses meraih hattrick (3 kali juara 1) dan sekali juara 3.

Penyelenggaraan lomba burung berkicau model serial bertajuk Liga Jambi memang menjadi cita-cita Jambi Team sejak dulu. Bahkan Said BH dan M Nazir selalu ketua dan wakil ketua Jambi Team telah menetapkannya sebagai salah satu program kerja yang harus dapat tereasasi.

“Keberadaan Liga Jambi ini diharapkan dapat memajukan dunia kicauan, khususnya di Kota Jambi. Selain itu, untuk menjalin silaturahmi serta meningkatkan kekompakan di antara para kicaumania Jambi dan sekitarnya,” kata Om Said.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Yang lebih penting lagi, kata Om Said, Liga Jambi dimaksudkan menghindari latihan spesial di setiap lapangan setiap minggu. “Banyak kicaumania yang mengeluh, jika setiap lapangan di Jambi menggelar latihan spesial setiap pekan, lalu kapan ada lomba burung di kota ini,” tambah Om Said, menirukan keluhan sejumlah kicaumania saat itu.

Dengan adanya Liga Jambi, setiap lapangan berkesempatan menjadi tuan rumah, sehingga bisa menggelar lomba, bukan sekadar latihan spesial.

Seri pembuka digelar di Lapangan Bakung Team, Minggu (16/11) sore tadi, serta mendapat dukungan penuh dari sejumlah bird club (BC) dan single fighter (SF) di Kota Jambi.

Panitia menggunakan juri indenpenden, yang dikenal dengan nama Central Independen Jambi dan dipimpin oleh Suana Tirta. Adapun koordinator juri serta kordinator lapangan dipegang Om Adi Godek.

Juri Central Independen Jambi
Om Suana Tirta (4 dari kiri) bersama juri Central Independen Jambi.

“Saya ingin mengasah profesionalisme para juri, sehingga mereka bisa berperan aktif dalam mewujudkan lomba burung berkicau yang sportif, fairplay, dan penuh persaudaraan,” ungkap Om Suana Tirta.

Dominasi kacer Bajing Ireng

Kelas kacer, murai batu, dan lovebird paling ramai peserta. Kacer yang terdiri empat sesi pun hampir semuanya full gantangan. Di sinilah kacer Bajing Ireng menunjukkan kehebatannya. Bayangkan! Empat kali tampil, tiga kelas dijuarai kacer Bajing Ireng. Ketiga kelas itu adalah Mega Bintang, Bintang, dan Umum.

Satu-satunya sesi yang terlepas adalah Kelas Sejati, yang dimenangi kacer Jambul milik Yus Sabar. Bajing Ireng menjadi juara 3, sedangkan Rafi milik Bukeni (RBC) menjadi juara 2.

Iwan Jahe mengawal Bajing Ireng
Iwan Jahe sukses mengawal Bajing Ireng hattrick di Liga Jambi Seri 1.

Bajing Ireng merupakan gaco lawas milik Om Zoel Bakung yang terus berprestasi. Prestasi terbaiknya adalah ketika menjuarai Kelas BOB dalam BnR Award 2013 di Cibubur, Jakarta Timur. Saat itu, Bajing Ireng mengalahkan sejumlah gaco terbaik di Indonesia, seperti Satria Dewa milik Jimmy DS, Hipnotis, dan Prahara (kini RI-1).

Penampilan Bajing Ireng belakangan ini makin sempurna. Isiannya makin lengkap, terutama suara kasar burung siri-siri besar dan siri-siri kecil. Ada lagi suara branjangan, kolibri ninja, dan tonjolan cililin, yang dibawakannya dengan ngerol, ditambah powernya yang dahsyat.

Tidak heran jika prestasinya terus mengkilap. Bajing Ireng moncer di Grand Launching Seberang BC (11/5) dengan hasil juara  1 dan 2. Kemudian dua kali juara 1 dan sekali juara 2 dalam even Sarang Macan Team (18/5).

Bajing Ireng juga moncer di Launching Polongan BC (25/5), dengan hasil juara 1, 2, dan 3. Dalam Avanza Berkicau (8/6), burung ini menjadi juara 1 dan 3, bersaing ketat dengan kacer Panglima Sumatera milik H Rico Lampung dan kacer Gondrong milik Amat Belido dari Obit BC Jambi.

Persaingan seru juga terjadi di empat kelas murai batu. Kelas Mega Bintang dimenangi murai batu Jaguar milik Esco dari Andalas BC. Popay milik Supri Kerupruk sukses menjuarai Kelas Bintang.

Esco dan murai batu Jaguar
Esco (kiri) bersama Om Said BH dan murai batu Jaguar.

Murai batu Daeng milik Jofandi (Duta PU Cup / NBC) nyaris nyeri juara pertama. Murai batu hasil ternak  anak-bapak Rudi Wijaya / Ayong (Ayong 888 BF) ini menjuarai Kelas Sejati dan juara 2 Kelas Umum.

Jofandi bersama MB Daeng
Jofandi (tengah) bersama MB Daeng. Ia diapit Rudi Wijaya (kiri) dan Ayong.

Kelas Umum dimenangi jagoan milik M Nazir, yaitu murai batu Samkok, diikuti Daeng dan Tunjuk Langit milik Mr Oey (Obit BC).

Putri Salju kembali mendominasi kelas lobebird. Panitia membuka tiga kelas lovebird, dua di antaranya dijuarai Putri Salju milik Mr Arun (Lion SF) yang dikawal Kevin, putranya.

Lovebird Putri Salju
Kevin: Lovebird Putri Salju double winner.

Putri Salju menjuarai Kelas Bintang dan Umum. Adapun Kelas Sejati dimenangi Miss Gedeg milik Ahong Kadaci (Obit BC).

Kapas tembak Provokator milik Herry Sangra (Obit BC) harus berbagi gelar juara dengan Killer Love milik Mr AS (AS SF). Provokator menjjuarai Kelas Bintang, sedangkan Killer Love terbaik di Kelas Umum.

Pada akhir lomba, panitia menobatkan Lion SF sebagai juara umum SF. Adapun juara umum BC diraih oleh Ozon BC pimpinan Om Agus Arizon.

Secara umum, Liga Jambi Seri 1 berlangsung sukses, tanpa komplain dari para peserta. Seri kedua akan digelar di Lapangan Didik 88, Jalan Sersan Muslim No 88 RT 30, Thehok Beringin, Jambi Selatan, Minggu 28 Desember 2014. (Kelana Lana)

Ozon BC Jambi
Ozon BC juara umum bird club. Zoel Bakung (kiri) serahkan hadiah kepada Agus Arizon.
Lion SF
Om Said (kanan), serahkan hadiah juara umum SF kepada Lion SF yang diwakili Kevin.
Lomba Burung Liga Jambi Seri 1
Dari kiri: Om Said (pelindung), M Nazir (pelindung), dan Zoel Bakung (ketua pelaksana).

Hasil Liga Jambi Seri 1 (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.