Mengatasi burung samyong macet bunyi: Unduh suara terapinya!

Burung samyong makin diminati para penggemar burung di Indonesia. Suara kicauannya yang lantang dan variatif, bahkan bisa terdengar dari jarak cukup jauh, menarik perhatian kicaumania untuk memeliharanya sebagai burung kelangenan maupun burung master.

Samyong atau dikenal juga sebagai burung arwah (garugiwa)
Samyong atau dikenal juga sebagai burung arwah (garugiwa)

Meski berjuluk “burung 1001 suara” karena kemampuannya meniru berbagai jenis suara burung lainnya, terkadang samyong tidak mau berbunyi meski sudah dipelihara sejak lama.

Di alam liar, samyong atau dalam bahasa lokal disebut garugiwa termasuk jenis burung yang biasanya berkicau pada waktu-waktu tertentu. Mereka mulai berkicau sejak pukul 08.00, dan suara kicauannya makin meningkat terutama menjelang pukul 10.00.

Suara kicauannya pun bervariasi sesuai dengan ketinggian. Misalnya, burung yang berada di ketinggian 1.400 meter dari permukaan laut (dpl) umumnya berkicau dengan 12 jenis kicauan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Adapun burung samyong yang berada pada ketinggian lebih dari 1.400 meter dpl rata-rata memiliki 17 jenis kicauan atau lebih. Makin tinggi tempatnya, makin bervariasi pula suara kicauannya.

Samyong merupakan burung yang aktif berkicau pada pagi hari. Karena itu pula, warga sekitar Danau Kelimutu pun menjulukinya sebagai burung arwah. Kebiasaan ini akan selalu terbawa meski dia berada dalam perawatan manusia.

Ada beberapa kemungkinan ketika burung samyong macet bunyi, atau minimal tidak gacor seperti biasanya, yaitu:

  • Stres atau merasa tertekan oleh kondisi lingkungan, pakan, dan perawatan.
  • Burung dalam kondisi kurang fit atau kurang sehat.
  • Burung sedang mabung atau berganti bulu.
  • Burung dalam kondisi kurang birahi.

Berikut ini perawatan untuk mengatasi burung samyong macet bunyi:

  • Jika diperlukan, burung tersebut bisa disimpan di tempat tenang dan jauh dari burung lain yang berkarakter fighter seperti kacer, murai batu, dan pentet. Hal ini juga bisa dilakukan untuk burung yang baru pertama kali didapatkan untuk tujuan adaptasi terhadap lingkungan barunya.
  • Rutin melakukan pengembunan. Seperti diketahui, samyong berkicau lantang pada waktu pagi hari. Dengan rutin melakukan pengembunan, burung akan terangsang  untuk bunyi.
  • Alternatif lain, menggantang burung pada tiang kerekan atau di tempat lebih tinggi pada waktu pengembunan, atau pada pagi hari, dengan tujuan agar burung langsung mendapatkan paparan cahaya matahari pagi yang akan merangsang berkicau.
  • Memberikan pakan tambahan / extra fooding lebih banyak daripada biasanya. Kroto bisa diberikan sebanyak 1 sendok teh setiap pagi, ketika burung sedang diembunkan. Setelah matahari terbit, berikan jangkrik atau ulat hongkong secukupnya.
  • Untuk membuatnya tetap aktif dan rajin bunyi, Anda bisa menggantang burung di tempat teduh, sejuk, dan tidak terkena cahaya matahari langsung, terutama ketika hari mulai beranjak siang hingga sore harin.
  • Memutarkan suara terapi alami burung samyong yang bisa memancing burung untuk merespons.

Suara terapi alami burung samyong | DOWNLOAD

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan burung samyong tidak mau berbunyi atau macet bunyi. Akan lebih bagus lagi jika Anda membiasakan memberikan multivitamin, misalnya BirdVit, sebanyak 2-3 seminggu.

ARTIKEL LAIN TENTANG BURUNG SAMYONG

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.