Menjaga suhu tubuh kenari agar tetap hangat di musim hujan

Musim hujan tentu saja bisa mempengaruhi kondisi burung kenari. Meski burung termasuk hewan berdarah panas, atau memiliki mekanisme pengaturan suhu tubuh, pada suhu tertentu seperti musim hujan kemampuannya itu tak bisa sepenuhnya membantu. Karena itu, diperlukan perawatan secara tepat untuk menjaga suhu tubuh kenari agar tetap hangat di musim hujan.

Menjaga kondisi dan suhu tubuh burung kenari di waktu musim hujan
Menjaga kondisi dan suhu tubuh kenari di musim hujan agar burung tak mudah sakit.

Di luar musim hujan, kenari sudah terbiasa terkena panas. Hal tersebut mampu memberi tambahan energi sehingga tetap aktif dan rajin berkicau. Namun memasuki musim hujan seperti sekarang, biasanya muncul masalah di mana burung menghabiskan banyak kalori untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat.

Apabila konsumsi pakan kurang memadai, burung akan mengalami penurunan bobot badan dan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, kenari mudah sakit sakit dan selalu mengembangkan bulubulu tubuhnya.

Berikut ini beberapa tips menjaga suhu tubuh kenari agar tetap hangat pada musim hujan:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

1. Hindari kenari dari terpaan angin kencang

Terpaan angin kencang, apalagi secara langsung, bisa membuat kondisi kenari mudah ngedrop. Dianjurkan segera memindahkan sangkar kenari ke tempat yang aman atau dimasukkan ke dalam ruangan.

Opsi pengerodongan tanpa memindah sangkarnya saat angin berembus kencang hanya akan membuat sangkarnya mudah bergoyang-goyang akibat terpaan angin. Risikonya malah lebih besar, yaitu sangkar mudah terjatuh.

2. Lengkapi sangkar dengan lampu penghangat

Apabila kenari tidak bisa dijemur selama beberapa hari, akibat sinar matahari selalu tertutup awan mendung, maka sangkar bisa dilengkapi dengan lampu penghangat, baik menggunakan lampu biasa maupun lampu full spektrum.

Sangkar dengan lampu penghangat dapat  menjaga kondisi tubuh kenari agar tetap hangat. Kalau upaya ini tak bisa dijalankan, alternatif lainnya adalah menempatkan sangkar burung dalam ruangan yang cukup hangat.

3. Gunakan tenggeran hangat (heated perch)

Mencari tenggeran hangat (heated perch) di Indonesia memang tidak mudah, namun Anda bisa memesannya dari beberapa situs jual-beli di luar negeri. Tenggeran hangat ini dilengkapi dengan pemanas, sehingga cocok digunakan pada musim hujan, atau musim dingin di negara empat musim.

heating perch
Heated perch / tenggeran hangat cocok digunakan pada musim hujan.

4. Berikan makanan berkalori tinggi

Beberapa jenis pakan berkalori tinggi sangat membantu kenari untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat. Pakan yang dimaksud antara lain:

  • Biji bunga matahari / kuaci hitam
  • Kacang-kacangan
  • Nyjer seed (Anda bisa menambahkan lebih banyak nyjer seed dalam pakan bijiannya

Adapun pakan alternatif yang bisa diberikan untuk menjaga tubuh kenari agar tetap hangat adalah roti putih dan oatmeal.

Roti putih bisa diberikan untuk kenari selama musim penghujan
Roti putih merupakan pakan alternatif untuk kenari selama musim hujan.
  • Roti putih /roti tawar yang berwarna putih merupakan roti lembut yang terbuat dari tepung gandum. Kadar kalorinya cukup tinggi, sehingga bisa mencegah potensi penurunan bobot badan selama musim hujan. Roti putih bisa diberikan setiap pagi dengan cara digantung dalam sangkar, atau bisa juga disajikan dalam bentuk eggfood.
  • Oatmeal adalah jenis pakan olahan berbahan gandum dengan serat tinggi. Pemberian oatmeal untuk kenari selama musim hujan bisa meningkatkan kekebalan tubuhnya, sehingga tidak mudah sakit / ngedrop. Oatmeal diberikan dalam bentuk mentah, ditempatkan dalam cepuk makan terpisah, dan diberikan pada siang hingga sore hari.

Itulah beberapa tips bagaimana menjaga suhu tubuh kenari agar tetap hangat di musim hujan, sehingga burung tetap aktif, tidak mudah ngedrop, dan terjaga kondisinya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.