Membuat tenggeran beramplas untuk mengikis kuku dan paruh burung

Kuku dan paruh sangat penting dalam menunjang aktivitas burung kicauan. Keduanya pun bisa tumbuh memanjang sehingga harus dicermati agar pertumbuhannya tak mengganggu aktivitas burung. Untuk mencegah agar kuku dan paruh burung tidak terlalu panjang, kita bisa membeli tenggeran yang permukaannya mengandung amplas. Kalau mau hemat, tapi cukup efektif, Anda juga bisa membuat tenggeran beramplas untuk mengikis kuku dan paruh burung.

Kuku atau paruh burung yang panjang bisa menghambat aktivitas burung
Kuku atau paruh yang panjang bisa menghambat aktivitas burung

Kuku atau paruh yang terlalu panjang selain bisa menghambat aktivitas burung. Bahkan jika tidak segera ditangani juga bisa menjadi masalah tersendiri.

Dalam beberapa kasus, burung lebih mudah mengalami cedera jika kukunya yang panjang menyangkut tenggeran atau sela-sela jeruji. Begitu juga paruh yang tumbuh terlalu panjang bisa membuat burung kesulitan mendapatkan pakan, serta berisiko bengkok atau patah.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk mengatasi masalah itu, para penggemar burung yang sudah berpengalaman biasanya akan memotong sendiri kuku / paruh burung menggunakan peralatan seperti gunting kuku atau kikir. Ada juga menggunakan tenggeran di mana bagian permukaannya mengandung amplas.

Penggunaan tenggeran beramplas dimaksudkan untuk mengikis bagian kuku atau paruh ketika burung melakukan aktivitasnya. Misalnya, kuku yang terlalu panjang akan terkikis ketika burung melakukan berbagai gerakan seperti melompat atau bergeser dari tenggerannya.

Ketika burung menggesekkan paruhnya, misalnya untuk membersihkan sisa-sisa pakan yang menempel, otomatis bagian tersebut juga akan terkikis, sehingga bisa mencegahnya agar tidak tumbuh terlalu panjang.

Bahan - bahan yang digunakan untuk membuat tenggeran beramplas
Bahan-bahan untuk membuat tenggeran beramplas.

Tenggeran beramplas bisa kita dapatkan di kios atau pasar burung terdekat. Namun Anda juga dapat membuat sendiri tenggeran beramplas ini dengan menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:

  • Tenggeran bekas atau ranting pohon yang panjangnya disesuaikan dengan lebar sangkar.
  • Kertas amplas kasar untuk paruh / kuku burung yang terlalu panjang. Bisa juga menggunakan kertas amplas halus yang digunakan dalam perawatan harian atau sebagai pencegahan.
  • Tali kabel untuk mengikat.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu membungkus bagian tengah tenggeran / ranting dengan kertas amplas, lalu diikat kencang menggunakan tali kabel.

Beberapa bentuk tenggeran yang sudah jadi
Beberapa bentuk tenggeran beramplas yang sudah jadi.

Tips menggunakan tenggeran beramplas

Tenggeran beramplas sebaiknya hanya digunakan untuk pencegahan atau pengikisan kuku / paruh burung yang panjang. Jadi tenggeran ini tidak digunakan terus-menerus dalam perawatan hariannya.

  • Untuk mengikis kuku / paruh burung yang panjang, tenggeran yang digunakan diganti dengan tenggeran yang dibungkus amplas kasar. Gunakan tenggeran tersebut sampai ukuran kuku / paruh burung kembali normal.
  • Untuk pencegahan, tenggeran beramplas halus cukup digunakan selama dua hari. Namun, lakukan hal ini satu bulan sekali.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.