Identifikasi jenis kelamin burung hwamei

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Hwamei atau wambi pernah mendominasi pasar burung Indonesia pada era 1990an. Suaranya bervariasi dan tajam melengking. Selama ini, banyak penggemar yang mengaku kesulitan mengidentifikasi jenis kelamin burung hwamei, karena penampilan burung jantan dan betina hampir sama.

Burung hwamei di sebuah pasar burung
Burung hwamei di sebuah pasar burung

Kali ini, Om Kicau ingin berbagi tips mengenai cara membedakan hwamei jantan dan betina, berdasarkan tengara para beberapa bagian tubuhnya.

Hwamei (Garrulax canorus) merupakan burung kicauan dengan wilayah persebaran terbatas di China, Vietnam, dan Laos. Burung ini paling popular di Beijng, ibu kota China. Dalam sebuah survei terungkap, 90% kicaumania di di Beijing memelihara lebih dari dua ekor hwamei di rumahnya.

Burung yang banyak dicari tentu saja yang berjenis kelamin jantan, karena suara kicauannya jauh lebih bervariasi. Sebaliknya, suara burung hwamei betina cenderung monoton, hanya berupa suara panggilan sebagaimana burung poksay hongkong betina.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Burung hwamei jantan banyak dicari lantaran memiliki suara yang bervariasi dan bersifat fighter
Hwamei jantan banyak dicari karena suara kicauannya lebih  bervariasi dan bersifat fighter.

Meski sulit membedakan burung jantan dan betina, namun beberapa tengara berikut ini bisa menjadi panduan bagi Anda dalam mengidentifikasi jenis kelamin burung hwamei.

1. Perhatikan suara kicauannya

Burung hwamei betina tidak memiliki suara kicauan yang bervariasi. Bahkan suaranya hanya nada panggilan (call) saja. Berikut ini suara panggilan burung hwamei betina:

2. Perhatikan penampilan tubuhnya

Meski penampilannya hampir sama, burung jantan dan betina memiliki sedikit perbedaan pada bagian tubuhnya, yaitu:

a. Ukuran tubuh

Ukuran tubuh hwamei betina lebih besar dan lebih gemuk daripada burung jantan yang cenderung langsing. Kemungkinan hal itu karena hwamei jantan lebih aktif bergerak dan rajin berkicau, sehingga membakar lemak dalam tubuhnya (terutama bagian dada) lebih banyak daripada burung betina. Burung betina lebih banyak diam dan kurang aktif.

b. Mengamati lubang hidung

  • Lubang hidung (nares) hwamei jantan sedikit lebih maju, sedangkan burung betina sedikit lebih ke belakang.
  • Lubang hidung burung jantan berbentuk lonjong, adapun lubang hidung betina cenderung bulat.

c. Mengamati kakinya

Hwamei jantan memiliki telapak kaki dan jari-jari yang tebal dan berdaging besar. Hal ini kemungkinan sesuai dengan karakter burung jantan yang bersifat fighter dan sering bertarung menggunakan cakarnya yang kuat.

d. Mengamati kepala dan leher

Hwamei jantan memiliki lehar lurus, panjang, dan kekar, dengan garis-garis bulu lebih tajam dam akan terlihat ketika burung meliukkan lehernya. Adapun burung betina memiliki leher pendek, dengan garis-garis bulu yang lebih halus ketika leher meluik.

e. Periksa tulang panggul dan vent burung 

Tulang panggul pada hwamei betina lebih lebar daripada burung jantan yang sempit. Adapun vent / kloaka pada burung jantan memiliki permukaan lebih menonjol. Vent pada hwamei betina tampak lebih datar.

f. Mengamati bulu ekor

Secara umum, hwamei jantan biasanya memiliki bulu ekor lebih panjang daripada betina. Selain itu, saat burung dipegang (mengunci leher dengan jari tangan kita), maka bulu ekor burung jantan akan terdorong ke depan. Hal ini tidak terjadi pada burung betina.

g. Mengamati mata burung

Hwamei jantan biasanya memiliki mata / kulit mata lebih kebiruan daripada betina. Ketika burung dipegang, mata burung jantan tampak melebar. Adapun mata burung betina cenderung tertutup.

Burung hwamei
Sorot mata burung hwamei sangat tajam.

Itulah beberapa tengara membedakan burung hwamei jantan dan betina. Meski tidak menjadi patokan dasar dalam pemilihan burung jantan, tetapi sedikit banyak bisa membantu Anda saat hunting, baik untuk piaraan di rumah atau untuk ditangkarkan

( lihat juga Panduan penangkaran burung hwamei )

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.