Monk parakeet, burung hama yang pintar meniru beragam suara

Monk parakeet / quaker parrot (Myiopsitta monachus) merupakan burung paruh bengkok yang cerdas. Di alam liar, monk parakeet memang burung hama. Namun karena mudah jinak dan pintar meniru beragam suara, burung ini banyak dipelihara manusia.

Monk parakeet, burung hama yang pintar meniru berbagai suara
Monk parakeet, burung hama yang pintar meniru berbagai suara

Kendati Walaupun dikenal sebagai burung peliharaan namun di beberapa negara di cap sebagai burung hama yang merusak ladang pertanian dan membuat sarang koloni yang besar pada bangunan-bangunan dan tiang-tiang telepon.  Meski begitu monk parakeet ini termasuk jenis burung cukup menyenangkan untuk dipelihara, terlebih burung ini mudah jinak dan bisa meniru beragam suara.

Monk parakeet merupakan plasma nutfah dari kawasan Amerika Selatan, terutama di Argentina, Brazil, dan Bolivia. Pada tahun 1960, burung ini ramai diperdagangkan di Amerika Serikat.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pada tahun 1973 – 1975, dua ekor monk parakeet dilaporkan terlihat di Texas, dan ditengarai terlepas dari sangkar. Sejak itulah populasinya makin berkembang, bahkan mencapai lebih dari 5.000 ekor di seluruh wilayah AS.

Populasinya yang berkembang pesat itu ternyata berdampak pada kerusakan ladang pertanian. Karena dianggap merugikan, monk parakeet kemudian ditetapkan sebagai burung hama.

Untuk mengontrol populasinya, beberapa negara bagian di AS memberlakukan peraturan yang cukup ketat terkait kepemilikan burung ini. Di Connecticut, misalnya, Anda boleh memeliharanya tapi dilarang keras menjual maupun menangkarnya. Di Ohio, pemilik monk parakeet harus melakukan wing clipping untuk mencegah burung ini lepas ke alam liar.

Dianggap sebagai hama lantaran sering merusak pertanian dan mengganggu spesies burung asli
Monk parakeet dianggap burung hama, karena sering merusak lahan pertanian.

Kondisi yang sama terjadi di beberapa negara Eropa. Selain merusak ladang pertanian, monk parakeet dianggap bisa menyingkirkan spesies burung lokal. Namun tak sedikit kicaumania yang tetap memeliharanya, karena tertarik oleh karakternya yang mudah jinak dan bisa meniru suara manusia.

Monk parakeet tidak bersarang dalam lubang pepohonan atau gelodok seperti jenis burung parung bengkok lainnya. Mereka bersarang dengan menyusun ranting-ranting pohon, dan membuat sarang cukup besar yang bisa dimasuki semua anggota koloninya.

Sarang monk parakeet yang dibangun dari tumpukan ranting pohon dan diisi oleh seluru koloni
Sarang monk parakeet dari tumpukan ranting dan akan ditempati semua koloninya.

Karakter ini mirip burung sun conures yang selalu aktif dan punya rasa ingin tahu yang tinggi. Suara aslinya berupa lengkingan cukup nyaring, dan beberapa suara kicauan yang cukup berisik.

Monk parakeet dapat ditemukan di kios-kios khusus burung paruh bengkok, atau melalui forum online penggemar burung paruh bengkok. Pakannya pun tak jauh berbeda dari jenis parrot lainnya, yaitu bijian dan buah.

Tetapi bagian terpenting dalam perawatannya adalah selalu melakukan interaksi langsung dengan burung tersebut untuk memudahkan proses penjinakan atau mengajarinya bicara.

Tempat sarang yang digunakan ketika menangkarkan burung monk parakeet atau quaker parrot
Tempat sarang untuk penangkaran burung monk parakeet.

Untuk menangkar monk parakeet, Anda bisa menggunakan gelodok / tempat sarang yang sudah dilengkapi dengan tumpukan ranting pohon sebagaimana di habitatnya. Selain itu, penangkarannya pun bisa dilakukan dalam kandang koloni maupun kandang soliter.

Induk betina akan bertelur sebanyak 5  -12 butir, berwarna putih, dan akan dieraminya selama 24 hari. Berikut ini video burung monk parakeet yang sedang asik ngoceh:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.