Melatih karakter dan mental pleci bakalan agar bisa tampil maksimal

Banyak plecimania yang sengaja membeli burung bakalan untuk menemani pleci-pleci yang sudah berpenampilan bagus. Namun ada pula yang membeli pleci bakalan untuk dirawat dan diorbitkan sebagai burung lomba, atau paling tidak bisa jadi hiburan dahsyat di rumah.

Perlakuan dan perawatan khusus yang diterapkan pada burung pleci bisa menjadikan pleci memiliki karakter dan mental yang baik dan tampil maksimal
Perlakuan dan perawatan khusus yang diterapkan pada burung pleci bakalan bisa menjadikannya memiliki karakter dan mental yang baik sehingga bisa tampil maksimal

Yang penting di sini antara lain melatih karakter dan mental pleci bakalan agar bisa tampil maksimal setelah dewasa. Melatih karakter dan mental pleci bakalan bisa dilakukan dengan beberapa perlakuan berikut ini :

  • Menggantung sangkarnya di tempat ramai.
  • Menciptakan koloni dengan memelihara lebih dari seekor pleci.
  • Melatihnya dengan pleci lain, minimal seminggu sekali.

Selain perlakuan tersebut, ada perlakuan lain yang tak kalah pentingnya dan sangat berkaitan erat dengan perilaku dan penampilan burung, yaitu:

  • Rutin memandikan burung
  • Merawat bulu
  • Pemberian pakan secara tepat

Yuk kita kupas satu-persatu:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

1. Rutin memandikan burung

Mandikan burung pleci setiap pagi, siang, dan sore hari. Hal ini bisa membuatnya terus merasa segar, sehingga bisa merangsang burung untuk lebih rajin berbunyi. Biasakan melatih pleci mandi dalam karamba mandi daripada mandi dengan cara disemprot.

Biasakan memandikan pleci dalam karamba mandinya
Biasakan pleci mandi dalam karamba mandi | foto: sgmataputeh.blogspot.com

Mandi dalam karamba bisa membantu menumbuhkan karakter dan mental pleci, terutama ketika mandi bareng koloninya.

2. Merawat bulu

Di alam liar, burung pleci menghabiskan waktunya bersama koloninya. Pleci dengan penampilan bulu yang rapi dan bersih mudah diterima oleh koloninya. Sebaliknya, pleci dengan bulu jelek dan kusam cenderung diabaikan, bahkan ditinggalkan, oleh kawan-kawan dalam koloninya. Ini juga bisa menyulitkannya saat  mencari pasangan.

Air bekas cucian beras bisa membantu membuat bulu-bulu burung pleci tetap sehat dan berkilauan
Air cucian beras bisa membuat bulu-bulu pleci sehat dan berkilauan.

Pleci dengan penampilan bulu yang bagus dan berkilauan bisa mempercepat tampil maksimal. Merawat bulu bisa pleci dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

  • Mengenali ciri-ciri pleci akan mabung, sehingga bisa langsung memberikan perawatan secara tepat agar proses mabungnya berjalan lancar dan sempurna.
  • Seminggu sekali mandikan pleci dengan menggunakan air cucian beras.

3. Pemberian pakan secara tepat

Agar pleci tetap aktif dan rajin berkicau, pakan harus menjadi perhatian utama. Sebaiknya berikan pakan bervariasi seperti voer dengan kualitas baik, buah dan sayuran segar, serangga dan pakan tambahan lain yang dibutuhkan.

Pemberian pakan yang tepat bisa membantu pleci tampil lebih maksimal dan rajin bunyi
Pemberian pakan secara tepat bisa membantu pleci tampil lebih maksimal

Banyak plecimania yang lebih senang memberi pakan racikan karena lebih terjaga kualitas gizinya. Pakan racikan ini biasanya terdiri dari pakan utama (voer) yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti bubur bayi dan tepung jangkrik / tepung daging. Selama ini pakan racikan diyakini bisa membuat pleci tampil lebih maksimal dan lebih rajin berbunyi.

Itulah beberapa hal penting dalam perawatan pleci bakalan agar bisa tampil maksimal dengan karakter dan mental yang lebih baik. Jika perawatan dilakukan secara rutin, dalam waktu tidak terlalu lama pleci bisa membanggakan pemiliknya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.