Lima jenis burung-madu yang memiliki ekor panjang

Burung-madu (sunbird) terdiri atas puluhan spesies, dengan wilayah persebaran cukup luas mulai dari Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, hingga Australia. Beberapa spesies di antaranya mempunyai ekor panjang. Berikut ini lima jenis burung-madu yang memiliki ekor panjang, disertai dengan suara kicauan masing-masing.

Ragam burung madu ekor panjang
Ragam burung-madu yang memiliki ekor panjang

1. Fire-tailed sunbird (Aethopyga ignicauda)

Fire-tailed sunbird atau burung-madu ekor-api memiliki habitat di sebelah utara India, terutama di Himalaya, serta beberapa derah yang berbatasan dengan Asia Tenggara.

Fire tailed sunbird
Fire-tailed sunbird

Panjang tubuhnya sekitar 15 cm, serta banyak dijumpai di hutan-hutan subtropis, hutan pegunungan lembab tropis dan subtropis di Bangladesh, Bhutan, Myanmar, India, Thailand, dan Tibet.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berikut ini suara kicauan burung fire-tailed sunbird:

2. Malachite sunbird (Nectarinia famosa

Malachite sunbird bisa ditemukan di dataran tinggi Ethiopia hingga Afrika Selatan. Panjang tubuh burung jantan bisa mencapai 25 cm (termasuk ekor). Adapun panjang tubuh burung betina hanya sekitar 15 cm.

Malachite sunbird
Malachite sunbird

Dalam kondisi breeding, bulubulu burung jantan didominasi warna hijau metalik, sayapnya hijau kehitaman, dan terdapat bercak-bercak kuning di bagian dadanya. Dalam kondisi non-breeding, warna bulunya cenderung cokelat.

Berikut suara kicauan burung malachite sunbird:

3. Green-tailed sunbird (Aethopyga nipalensis)

Green-tailed sunbird atau burung-madu ekor-hijau memiliki panjang tubuh sekitar 15 cm. Sepintas, penampilannya mirip dengan burung-madu ekor-api. Perbedaan terlihat pada bentuk dan warna ekornya.

Green tailed sunbird
Green-tailed sunbird

Burung ini memiliki wilayah persebaran di Nepal, Bangladesh, Bhutan, Laos, Myanmar, India, Thailand, Tibet, dan Vietnam. Berikut ini suara kicauan burung green-tailed sunbird:

4.  Red-tufted sunbird (Nectarinia johnstoni)

Red-tufted sunbird atau disebut juga sebagai scarlet-tufted sunbird memiliki wilayah penyebaran di Kenya, Uganda, Malawi, Kongo, Tanzania, Rwanda, dan Zambia. Jadi, spesies ini hanya ada di Afrika.

Red tufted sunbird
Red-tufted sunbird

Panhang tubuhnya luar biasa, yaitu sekitar 27 cm (termasuk ekor), lebih panjang daripada spesies burung-madu lainnya. Tetapi hanya burung jantan yang memiliki tubuh sepanjang itu, karena panjang tubuh burung betina rata-rata hanya 14 cm.

Burung jantan mempunyai mahkota berwarna hijau. Sisi kepala dan lehernya berwarna hitam. Adapun tubuh bagian atas berwarna hijau metalik. Berikut ini suara kicauan burung red-tufted sunbird:

5.  Bronze sunbird (Nectarinia kilimensis)

Bronze sunbird / bronzy sunbird banyak ditemukan di Angola, Burundi, Kongo, Ethiopia, Kenya, Malawi, Mozambik, Rwanda, Tanzania, Uganda, Zambia, dan Zimbabwe.

Bronze sunbird
Bronze sunbird

Jenis burung-madu ini memiliki tubuh dengan warna-warna cukup mencolok. Burung jantan memiliki kepala, leher. dan tubuh bagian atas berwarna hijau keemasan. Adapun bulu ekor atas merefleksikan tembaga berkilauan.

Burung jantan memiliki panjang tubuh 22 cm (termasuk ekor), sedangkan burung betina hanya 12 cm. Berikut ini suara kicauan bronze sunbird:

Itulah lima spesies burung-madu yang memiliki ekor panjang, dengan suara kicauan yang cukup menarik, yang bisa dimanfaatkan sebagai suara masteran atau untuk memancing bunyi burung kicauan di rumah.

SEMUA AUDIO BISA DIUNDUH DI SINI

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.