Red bishop, manyar merah yang cantik dan bersuara kencang

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Burungsouthern red bishop (Euplectes orix), atau sering disebut red bishop, memiliki warna bulu yang cantik dan bersuara kencang. Karena termasuk anggota keluarga burung manyar (Ploceidae), red bishop disebut juga manyar merah

Red bishop atau Southern red bishop (Euplectes orix), salah satu jenis burung yang termasuk keluarga burung manyar
Red bishop, salah satu anggota keluarga burung manyar.

Burung dengan panjang tubuh sekitar 10 – 11 cm ini cukup umum ditemukan di Afrika Selatan, Angola, Kongo, Uganda, dan Kenya. Sudah ada beberapa kicaumania Indonesia yang memeliharanya. Harga manyar merah di pasar saat ini sekitar Rp 750.000 – Rp 800.000 / pasang.

Burung jantan dan betina mudah dibedakan, terlebih pada kondisi breeding atau musim kawin. Burung jantan akan memiliki tubuh berwarna merah cerah, dalam balutan warna hitam di bagian dada, perut, dan sebagian wajahnya.

Namun, dalam kondisi non-breeding, penampilan burung jantan dan burung betina hampir sama. Keduanya sama-sama memiliki bulu berwarna cokelat penuh corak seperti burung gereja.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Dalam kondisi breeding, red bishop jantan (kiri) dan red bishop betina
Burung red bishop jantan (kiri) dan betina.

Perawatan burung manyar merah

Perawatan burung manyar merah relatif cukup mudah. Pakan utamanya berupa biji-bijian seperti milet atau pakan campuran untuk kenari. Adapun pakan tambahan berupa serangga seperti ulat hongkong hidup atau ulat hongkong kering dan kroto.

Untuk menjaga kualitas warna bulu-bulunya, para penggemar akan memberikan pakan tambahan berupa parutan wortel yang berguna sebagai pewarna alami.

Burung red bishop bisa ditempatkan dalam kandang harian atau dalam kandang koloni bersama jenis manyar atau jenis finch lain seperti gelatik jawa (Padda oryzivora) dan emprit jepang. Namun tidak dianjurkan untuk disatukan dengan burung finch jenis waxbill.

Menangkarkan burung manyar merah memang butuh kesabaran. Terkadang muncul kesulitan saat menempatkan sepasang burung ini dalam kandang ternak.

Apalagi jika burung jantan cukup agresif terhadap burung betina atau burung lain ketika dalam kondisi breeding. Selain itu, burung jantan juga sering mengganggu burung betina yang sedang mengerami telurnya.

Sebagian besar burung dari keluarga manyar memiliki sifat poligami. Karena itu, jika mau menangkar, sebaiknya seekor burung jantan ditempatkan bersama beberapa ekor burung betina dalam satu kandang.

Penangkaran red bishop dengan sistem poligami
Penangkaran burung manyar merah sistem poligami.

Suara kicauan burung red bishop sedikit lebih kencang daripada burung manyar yang sudah kita kenal. Suaranya pun bervariasi dan bisa dimaster dengan suara kicauan burung lain.

Berikut adalah contoh suara kicauan burung red bishop | DOWNLOAD

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.