Kentang, kenari mungil yang berani turun di kelas bebas

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Klaten saat ini menjadi salah satu klibat perkenarian di Indonesia. Puluhan breeder andal ada di daerah ini. Puluhan burung jawara juga lahir dan diorbitkan dari sini. Salah satu breeder tersebut adalah Putra Baron, yang memiliki jagoan bernama Kentang.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kentang, kenari mungil jenis AF
Kentang, kenari mungil jenis AF yang kerap mengungguli kenari bongsor.

Kentang termasuk kenari mungil. Meski demikian, Om Putra sering menurunkannya dalam kelas bebas , terutama jika panitia tidak membuka kelas kenari kecil. Berikut ini sebagian prestasi kenari Kentang:

NAMA EVENTANGGALPRESTASI
Latpres POK Klaten18/05/2014Juara 2
Selasa Ceria Sudirman BC Purwokerto27/05/2014Juara 1, 2
Road to Presiden Cup III, BnR Jogja01/06/2014Juara 1
Latpres Ngabuburit KMYK Jogja/2014Juara 6
Ramadhan Cup BnR Semarang13/07/2014Juara
Latpres Sembego Jogja22/07/2014Juara 2
Bandongan Cup Magelang/2014Juara 2
Barata BC Wonogiri03/08/2014Juara 1, 2
Harpindo  Jaya Cup Jogja17/08/2014Juara 8
Kapolres Cup Karanganyar14/09/2014Juara 7, 8
PB Bandongan Magelang28/09/2014Juara 1
Launching BnR Jogja09/10/2014Juara 5
Lembah Hijau Cup Sukoharjo23/11/2014Juara 1

Tabel prestasi di atas menjadi bukti, meski posturnya kecil, Kentang tidak mudah dikalahkan. Sebagian gelar juara itu bahkan diperolehnya di kelas bebas. Artinya, dia juga bertarung melawan kenari bongsor.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Semua itu tidak lain karena Kentang memiliki materi yang bagus, durasi panjang, speednya rapat sekali, volume keras bahkan dahsyat, dengan gaya nagen tanpa banyak bergerak.

“Dalam kondisi top form, durasinya bisa mencapai satu menit dengan memainkan sekali lagu cengkok, setelah itu terus nyambung nyaris tanpa spasi,” kata Om Putra.

Om Putra Baron bersama kenari Kentang
Om Putra Baron bersama kenari Kentang.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Merawat burung kecil jenis AF seperti Kentang lebih mudah ketimbang merawat kenari bongsor. Mandi dan jemur tak sampai 1 jam. Itu sudah bisa membuat penampilannya stabil di lapangan.

Sehari-hari, kenari Kentang dikerodong, dan selalu disediakan sayur dan buah apel. Menjelang lomba, perlakuan atau perawatannya tetap sama. Tapi begitu tiba di lapangan, burung perlu dijemur sebentar.

Kentang tak pernah pilih-pilih gantangan. Mau di pinggir atau di tengah, dia tetap mau nampil. Apabila beruntung dapat gantangan di tengah, penampilannya memang lebih baik, karena ada musuh di semua sisi.

Saat ini, Kentang dalam kondisi rampung mabung, dan bulu-bulunya sudah mulai kenceng. “Insya Allah pekan-pekan ini Kentang sudah bisa ditarungkan lagi, semoga kembali meraih berbagai prestasi,” tandas Om Putra. (Waca)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.