Lancashire, kenari mewah yang bangkit dari kepunahan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Julukan kenari yang “bangkit dari kepunahan” pantas diberikan kepada lancashire. Bagaimana tidak? Dulu, kenari ini selalu digunakan untuk mengembangkan jenis / varietas lainnya. Ironisnya, tak ada yang membiakkan lancachire secara murni, sehingga varietas ini dianggap sudah punah semasa Perang Dunia II. Kenari lancashire yang ada saat ini pun merupakan hasil rekonstruksi dari keturunan-keturunan induknya yang pernah memberikan kontribusi di masa lalu.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kenari lancashire
Kenari lancashire

Kenari lancashire diyakini sudah ada di Inggris sejak abad ke-18. Sekitar tahun 1870, varietas ini banyak digunakan untuk mengembangkan jenis kenari lainnya seperti crested, norwich, dan yorkshire.

Namun banyak penangkar yang melakukan perkawinan silang (persilangan / crossing) , sehingga jumlah lancashire galur murni (standar) pun menurun drastis, dan dinyatakan punah pada masa Perang Dunia II.

Lancashire merupakan jenis kenari terbesar di Inggris. Panjang tubuhnya bisa mencapai 20 cm lebih. Posturnya cukup gagah dan berkesan mewah, karena sejak awal memang sengaja dikembangkan untuk bisa berdiri tegak.

Sekilas penampilannya mirip kenari yorkshire. Tapi jika diperhatikan dari dekat akan tampak beberapa perbedaan, antara lain:

  • Leher lebih panjang dan lebih tebal.
  • Bentuk dada lebih bulat dan berisi.
  • Bulu-bulu lebih halus.

Ada dua jenis kenari lancashire, yaitu berjambul mirip tapal kuda atau disebut coppies, dan tidak berjambul yang disebut plainhead.

Kenari lancashire yang biasa (kiri) dan kenari lancashire dengan jambul (coppies)
Kenari lancashire biasa (kiri) dan kenari lancashire berjambul (coppies)

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Perawatan kenari lancashire

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Perawatan kenari lancashire tidak jauh berbeda dari perawatan kenari jenis lain. Yang penting sediakan pakan bijian berkualitas, serta pakan tambahan berupa buah dan sayuran segar setiap harinya.

Ketika burung mulai memasuki masa mabung, perawatan harus lebih ditingkatkan. Sebab kenari ini memiliki bulu-bulu yang cukup lebat dan tebal.

Kenari lancashire harus sering dilatih agar tubuhnya tidak terlalu gemuk
Kenari lancashire harus sering dilatih agar tubuhnya tidak terlalu gemuk

Untuk menghindari kegemukan yang bisa menyebabkan burung lamban dan malas beraktivitas, setiap 1-2 minggu sekali kenari harus selalu dilatih dalam sangkar yang luas atau menggunakan kandang umbaran.

Berikut ini beberapa suara kicauan burung kenari lancashire:

Download suaranya di sini

Download suaranya di sini

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.