Melatih burung agar mengenal kotak pakannya: Untuk apa sih?

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Musibah terbesar bagi kicaumania adalah ketika burung piaraannya terlepas dari sangkar dan terbang jauh. Apabila kondisinya sudah sangat jinak, tentu burung mudah ditangkap kembali. Tapi bagaimana jika kondisinya masih jinak lalat, bahkan masih liar? 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Cegah burung yang lepas terbang jauh dengan melatihnya mengenali kotak pakannya
Pengenalan kotak pakan bisa cegah burung yang lepas agar tidak terbang jauh

Jangan khawatir! Anda bisa mencegah burung agar tidak terbang jauh. Sebelum kemungkinan buruk itu terjadi, tak ada salahnya mulai sekarang melatih burung agar mengenal kotak pakannya. Tujuannya, kalau suatu saat nanti terlepas dari sangkar, burung mudah dipancing dengan kotak pakannya.

Kotak pakan yang dimaksud adalah wadah pakan yang digunakan untuk menampung jangkrik atau ulat hongkong dalam kondisi masih hidup, atau di luar sangkar hariannya. Kotak pakan ini bisa terbuat dari kayu maupun plastik. Ada juga yang berbentuk bulat, berbahan kawat ram halus.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Lalu bagaimana cara melatih burung agar mengenal kotak pakannya? Mudah kok! Setiap kali akan memberi pakan tambahan berupa jangkrik atau ulat hongkong, maka turunkan sangkarnya.

Selanjutnya, Anda mengambil dan menyimpan kotak pakan itu dekat dengan sangkarnya. Setelah itu ambil jangkrik atau ulat hongkong yang terdapat dalam kotak itu, tepat di hadapannya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Lakukan latihan itu secara rutin. Apabila sudah mengenali kotak pakannya, burung akan menunjukkan perubahan perilaku. Misalnya, langsung menghentikan aktivitasnya saat mengtahui Anda sedang memegang kotak pakan. Ada juga burung yang mencari perhatian, misalnya langsung berbunyi kencang atau mengejar-ngejar dalam sangkarnya.

Kalau sudah terlatih, ini bisa membantu kita sekiranya burung lepas dari sangkarnya. Kita bisa langsung melakukan pencegahan sebelum burung terbang menjauh. Berikut ini caranya:

  • Siapkan sangkar harian yang biasa digunakannya, dan buka pintunya lebar-lebar.
  • Dekati burung sambil diiming-imingi dengan kotak pakannya, sampai burung tertarik lalu berusaha mendekat. Pada saat itulah, burung diajak mendekati sangkarnya.
  • Arahkan pintu sangkar ke arah burung, kemudian ambil beberapa ekor jangkrik atau ulat hongkong dari kotak pakan. Masukkan jangkrik / ulat hongkong ke dalam sangkar hariannya.
  • Tunggu sampai burung masuk ke dalam sangkarnya.
  • Setelah burung masuk, tutup pintu sangkar dengan segera.

Perlu diperhatikan, hal ini akan menjadi lebih mudah jika di sekitarnya tidak muncul gangguan-gangguan yang dapat membuat burung terusik dan akhirnya terbang menjauh.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.