MB Mafia dan LB Jamilah diboyong Om Empi Sofyan seharga Rp 115 juta

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Dua burung jawara produksi Jaya Bayu Farm (JBF) Bekasi, masing-masing murai batu Mafia dan lovebird Jamilah, kini resmi berpindah tangan kepada Om Empi Sofyan. Nilai mahar paket dua jawara itu disebutkan Rp 115 juta.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Empi Sofyan
Om Empi Sofyan memborong MB Mafia dan LB Jamilah dari JBF Bekasi.

Om Empi terpikat penampilan murai batu Mafia saat berlaga dalam Piala Sultan Banten di Kota Serang, 16 November lalu. Di kelas utama, Menara, Mafia tampil habis-habisan menghadapi sejumlah murai terbaik nasional seperti Gobi dan Pelor Mas.

Gelar juara pertama diraih Gobi milik Yadi Suzuki (Cirebon), diikuti Pelor Mas besutan H Fitri BKS / H Nendra, dan Mafia berada di urutan ketiga.

Murai batu Mafia
Murai batu Mafia

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Usai lomba, Om Empi yang berdomisili di Bandung lantang meminang Mafia. Terjadilah tawar-menawar, dan mentok pada angka Rp 80 juta. Akhirnya disepakat ambil satu paket, terdiri atas MB Mafia dan lovebird Jamilah dengan nilai pinangan Rp 115 juta.

Om Empi Sofyan dan keluarga
Om Empi dan keluarga bersama Om Bayu, Om Eko, dan kru JBF Bekasi.

Om Empi mengakui, persaingan murai batu dan lovebird sekarang makin ketat. Sebagai pendatang baru, dia membutuhkan burung yang sudah mapan di lapangan seperti Mafia dan Jamilah.

Pengusaha agribisnis ini sudah setahun mengenal JBF. Pasalnya dia juga pernah membeli sepasang murai batu untuk diternak. “Sekarang Om Empi ingin main ke lapangan, merasa cocok melihat murai batu Mafia dan Jamilah,” ujar Om Eko JBF.

Lovebird Jamilah
Lovebird Jamilah

JBF yang dikelola duet Om Eko dan Om Bayu memang dikenal sebagai penghasil murai batu dan lovebird prospek dan jawara.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Eko JBF dan Bayu JBF
Om Eko (kanan) dan Om Bayu , dua punggawa JBF Bekasi.

Selain Mafia dan Jamilah, belum lama ini lovebird Dewi Asmara dan Gladys juga diboyong pelanggannya. “Gladys dibeli lovebird lovers dari Jogja, dengan mahar duapuluh lima juta rupiah,” kata Om Eko lagi.

Harga anakan murai batu dibanderol mulai Rp 3,5 juta hingga Rp 4 juta per ekor, kondisi sudah bisa makan sendiri. Harga tergantung materi induk dan postur anakannya.

Back Bond, salah satu materi indukan JBF
Back Bond, salah satu materi indukan di kandang JBF.

“Makin bagus posturnya, dan dari trah juara, harganya tentu lebih tinggi. Bahkan ada lho beberapa anakan yang tembus hingga limabelas juta,” tambah Om Bayu. Apabila pesanan sedang ramai, para pembeli harus rela antre menunggu alias indent.

Om Bayu di kandang inkubator
Om Bayu di kandang inkubator anakan murai batu.

Untuk harga lovebird, tersedia beberapa pilihan. Umur 2-3 bulan dibanderol Rp 850.000 / ekor. Adapun lovebird yang sudah narik panjang pada kisaran Rp 2 juta.

Untuk memantaunya, pembeli bisa memilih dan menggantangnya pada tempat yang telah disediakan, kemudian ditrek dengan 10-15 ekor burung. Lovebird yang diincar bisa dicek kondisi mental dan kualitas suaranya. (d’one)

Memantau dan ngetrek lovebird di gantangan
Pembeli bisa memantau dan ngetrek lovebird di gantangan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.