Remaja Baru SL3: Breeding kenari bongsor, mulai F1, F2, F3, hingga YS lokal

Sudah tiga tahunan Remaja Baru SL3 (Salatiga) berkiprah dalam breeding kenari. Bisnis ternak kenari milik Om Vicho RB ini sehari-hari dikelola oleh Om Andre Ciu dan kawan-kawan. Produk anakan dari kandang Remaja Baru selalu habis terserap pasar. Pembeli umumnya berasal dari Jakarta, Bandung, Boyolali, Klaten, Jogja, Semarang, dan kawan-kawan di Salatiga.

Vicho dan Andre Ciu
Om Vicho (kanan) dan Om Andre Ciu.

“Kalau breeding kenari, kita sudah jalan sekitar tiga tahunan. Tentu saja dimulai sedikit demi sedikit. Kalau secara teknis oke, ya baru kita tambah. Jadi tidak asal. Kita juga memilih pejantan yorkshire yang benar-benar oke. Begitu pula induk betinanya, sedapat mungkin dicari yang punya trah jawara, selain katuranggan yang mumpuni,” jelas Om Vicho.

Salah satu koleksi kenari jawara milik Om Vicho RB adalah kenari Ballotelli, YS impor ring FOI 2012. Dalam even WMP Cup 2 di Stadion Triyoko Klaten, Minggu (28/12), kenari Ballotelli tampil sebagai juara 2 Kelas Bebas yang full peserta.

Kenari Ballotelli
Kenari Ballotelli, juara 1 Stars War Papburi Klaten (21/12) dan juara 2 WMP Cup 2 (28/12).

(lihat juga Hasil lengkap lomba burung WMP Cup 2 di Klaten )

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Sebelumnya, kenari Balloteli menjuarai kelas utama Stars War Papburi Klaten (21/12), juara 1 Kelas Yorskhire di Canary Fiesta PKJ Ancol (14/12), dan runner-up Independen 1 Semarang (7/12).

Dalam Canary Fiesta PKJ, Ballotelli mengundang decak kagum penonton, peserta lain, dan para juri. Pasalnya, burung ini tampil empat kali dan stabil prestasinya, dengan hasil juara 1 di Kelas Yorkshire, juara 2 Standar Besar, juara 3 Standar Bebas, dan juara 3 Best of The Best.

Prestasi kenari Ballotelli
Prestasi kenari Ballotelli sudah bejibun

Di Salatiga, Om Vicho menyediakan satu rumah khusus untuk ternak kenari. Materinya pun tak tanggung-tanggung. Ada tujuh ekor induk jantan yorkshire yang dijadikan blood basic. Adapun induk betina berjumlah sekitar 50 ekor, terdiri atas yorkshire, F1, F2, selain beberapa AF trah jawara.

Dengan induk betina yang beragam jenis, tidak mengherankan jika Om Vicho mampu menghasilkan anakan kenari berbodi jumbo alias bongsor, mulai dari F1, F2, F3, hingga YS lokal. (Waca)

Om Likin dan Vicho
Om Likin (berdiri, 2 dari kiri) menjadi salah satu kiermaster bagi Om Vicho.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.