Duel seru kacer Wak Kluhu dan Wong Kubu di Samudera Bird Shop Bangko

Kacer Wak Kluhu dan Wong Kubu bersaing ketat dalam lomba burung berkicau Samudera Bird Shop VI di lapangan belakang Bank Mandiri Bangko, Provinsi Jambi, Minggu (4/1). Keduanya bahkan saling mengalahkan di tiga sesi, serta selalu berada di urutan pertama dan kedua.

Even garapan Om Jhoni Rismal (ketua panitia) dan Om Warso (ketua pelaksana) ini digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-6 Samudera Bird Shop Jambi.

Lomba berjalan meriah, dihadiri sejumlah kicaumania dari berbagai daerah, seperti Linggau, Singkut, Sarolangun, Merangin dan sekitarnya, Muaro Bungo, Damasraya, Rimbo Bujang, Tebo, dan tuan rumah Bangko.

Yang datang bukan hanya para pemain kawakan. Banyak juga pemain pemula bermunculan, termasuk kicaumania cilik bernama Alvin yang datang dari Sarolangun.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Lomba sempat diguyur hujan beberapa menit. Namun hal itu tidak mempengarui pelaksanaan lomba, sehingga even bisa berlangsung lancar hingga rampung.

Kelas kacer paling ramai hari itu. Empat kelas yang dilombakan dipenuhi peserta. Di kelas ini terjadi persaingan sengit antara kacer Wak Kluhu besutan Om Rico / Om Sabtiar (AXL) dan kacer Wong Kubu milik Deni dari Itam Ulu BC.

Kacer Wak Kluhu
Kacer Wak Kluhu, langganan juara di Provinsi Jambi.

Wak Kluhu yang selama ini menjadi langganan juara tampil ciamik di kelas utama: Jalur 3. Ia bersaing ketat dengan kacer Wong Kubu dan Avatar milik Si On (Bungo BC). Pertarungan ini dimenangi Wong Kubu, diikuti Wak Kluhu dan Avatar.

Wak Kluhu mampu melakukan revans terhadap Wong Kubu, ketika keduanya bertemu lagi di Kelas Jagoan Merangin. Kelas ini berhasil dimenanginya, dengan memaksa Wong Kubu dan Avatar di posisi kedua dan ketiga.

Namun Wong Kubu kembali mengungguli Wak Kluhu di Kelas Samudera Bird Shop, meraih juara 1 untuk kedua kalinya. Wak Kluhu harus puas menjadi juara 2, dan kacer Riana milik Suko (Rimbo Ilir) menjadi juara 3. Avatar masih masuk daftar juara, tepatnya di urutan ke-6.

Kacer Wong Kubu
Kacer Wong Kubu dua kali juara 1 dan sekali juara 2.
Wak Kluhu
Wak Kluhu sekali juara 1, dua kali juara 2.

Satu sesi lagi, Kelas Bangko, dijuarai kacer Jahat kepunyaan Andi (Bangko BC). Juara 2 dan 3 juga diraih gaco-gaco andalan Bangko BC, yaitu Sirtu milik Warso serta Sweet Martabak milik Jhon’r.

Selain kacer Wong Kubu, ada satu burung lainnya yang meraih double winner, yaitu murai batu Armed. Jagoan milik Andesjon (Bangko BC) ini berhasil menjuarai kelas utama (Jalur 3) dan Kelas Jagoan Merangin. Murai batu Serdadu milik Yudi (Bungo BC) dua kali menjadi juara 2 pada kedua kelas tersebut.

Kelas lovebird dan cucak hijau di luar dugaan panitia juga membeludak. Bahkan tiket terjual habis. Padahal panitia membuka 4 kelas lovebird, yaitu Jalur 3, Jagoan Merangin, Bangko, dan Samudera Bird Shop.

Tak ada seekor lovebird pun yang mampu menjuarai lebih dari satu kelas. Ini menunjukkan persaingan yang merata. Lovebird Kalong milik D’Agni (MLC BC) berhasil menjuarai kelas paling bergengsi (Jalur 3), disusul Citata milik Dedy (Sayang BC) dan Abunawas milik H2B (Linggau BC).

Abunawas kemudian menjuarai Kelas Bangko, mengungguli lovebird ABG milik Gigih dari Bangko BC dan Formula kepunyaan Fredy (AC2 BC).

Kelas Jagoan Merangin dimenangi Raja Geleng orbitan Alvin / Repal (SRL BC), diikuti Ayu Tingting (Arif – Bangko BC) dan Kalong.

Alvin kicaumania cilik
Alvin, kicaumania cilik, juara 1 dan 4 di kelas lovebird.

Raja Geleng kembali moncer di Kelas Samudera Bird Shop, meski di urutan keempat. Kelas ini dijuarai Dewi-Dewi kepunyaan Yudi dari Bungo BC.

Lovebird Dewi-Dewi
Lovebird Dewi-Dewi juara 1 Kelas Samudera Bird Shop.

Cucak hijau Jokowi milik Si On (Bungo BC) nyaris meraih double winner. Burung ini tampil sebagai juara 1 di Kelas Bangko, mengungguli Anniversary milik Richo dan Ocit kepunyaan Coy, keduanya dari Bangko BC.

Cucak ijo Ocit
Cucak ijo Ocit nyeri juara 3.

Sayangnya, di Kelas Jagoan Merangin, Jokowi harus puas di urutan kedua di bawah cucak ijo Sastro milik Ival dari Bangko BC.

Dalam even ini, Bangko BC dinobatkan sebagai juara umum bird club, setelah menjuarai enam kelas, 9 kali juara 2, dan 10 kali juara 3. Pantia memberikan trofi juara umum dan uang pembinaan Rp 500.000 kepada Ketua Bangko BC, Om Bujang Nibung.

Om Jhoni Rismal dan Om Warso merasa puas melihat even ini berjalan meriah, lancar, tanpa protes atau komplain dari peserta. “Semoga gelaran ketujuh makin heboh lagi. Terimakasih atas dukungan teman-teman kicaumania dari berbagai daerah,” kata Om Jhoni. (Kelana Lana)

Om Warso
Om Warso (kiri), ketua pelaksana Samudera Bird Shop VI.
Tim juri Samudera Bird Shop
Tim juri Samudera Bird Shop VI.
Panitia lomba Samudera Bird Shop
Panitia lomba bersama Bangko BC, juara umum bird club.

Hasil Lomba Samudera BS Bangko (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.