Murai Sinogi dan kacer Oplosan nyeri di Latber Arizon Jambi

Di luar hari Minggu, jadwal latber di Jambi seperti tak ada habisnya. Hari Jumat, para pemain biasanya ngeluruk ke Latber Arizon di Jl Kimaja RT 21 / RW 06 No s5s, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi. Dalam latihan Jumat (16/1) sore tadi, murai batu Sinogi dan kacer Oplosan tampil digdaya. Keduanya memborong dua kelas yang dilombakan.

Suasana Latber Arizon
Suasana Latber Arizon yang rutin digelar setiap Jumat sore.

Sesuai dengan namanya, Latber Arizon ini merupakan milik Om Agus Arizon, salah seorang tokoh perburungan di Provinsi Jambi. Selain aktif main di lapangan, dia juga sibuk beternak murai batu dan lovebird, dengan mengibarkan bendera Agus Arizon Bird Farm, serta menekuni pula hobi tanaman bonsai.

( lihat juga Galeri gambar Agus Arizon Bird Farm Jambi )

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dulu Om Agus mengelola sendiri latihan di depan rumahnya ini. Tetapi sejak setahun lalu, dia menyerahkan pengelolaannya kepada Om Tole, lelaki ramah asal Jawa yang sukses merantau di Jambi melalui dunia burung berkicau.

(baca juga kisah menarik Tole: Dulu jualan es dan joki, kini ketua Nusantara BC )

“Alhamdulillah, Om Tole mampu menjalankan kepercayaan saya dengan baik. Sekarang dia yang mengurus lapangan dan segala keperluan latihan,” jelas Om Agus Arizon.

Om Tole dan Om Agus Arizon
Om Tole (kiri) dan Om Agus Arizon.

Tidak heran jika latihan rutin yang dikelola Om Tole ini tetap ramai, meski belakangan ini di Jambi terus bermunculan event organizer (EO) baru, menambah daftar panjang puluhan EO di kota tersebut.

Dalam latihan sore tadi hanya dibuka enam kelas, dengan jenis burung murai batu, kacer, dan lovebird, masing-masing dua sesi. Tim penilai yang bertugas adalah Havis selaku koordinator Juri Jampres, dibantu beberapa juri lainnya seperti Eman dan Baim.

Murai batu Sinogi tampil edan. Gaco andalan Dedi (Baragita Farm) ini sukses menjuarai dua kelas, yaitu Bintang dan Sejati. Murai batu Kenyot juga tampil apik. Burung orbitan Joel dari Batang Asai ini meraih juara 2 dan 3.

Latber Arizon Jambi
Para juara 1,2 dan 3 di kelas murai batu.

Kelas kacer didominasi Oplosan milik Marpaul. Oplosan tak tertandingi di Kelas Bintang dan Sejati. Kacer Arjuna milik Iwan dan Berdarah milik Niko Lalang masing-masing juara kedua dan ketiga di Kelas Bintang.

Adapun di Kelas Sejati, kacer Wiro kepunyaan Yazid nangkring di posisi runner-up di bawah Oplosan. Juara ketiga ditempati kacer Raden milik Parman.

Latber Arizon Jambi
Para juara 1,2 dan 3 di kelas kacer.

Lovebird Dora nyaris meraih double winner. Di Kelas Bintang, gaco besutan Kris ini menjadi juara pertama, disusul Permata milik Ijal dan Clara milik Niko Lalang.

Latber Arizon Jambi
Para juara 1,2 dan 3 di kelas lovebird.

Sayangnya, ketika berlaga di Kelas Sejati, Dora harus puas di posisi kedua. Kelas ini dijuarai Lady Rose, lovebird milik Yudi. Clara kembali berada di posisi ketiga.

“Terimakasih atas dukungan teman-teman di Jambi selama ini. Mohon maaf kalau masih ada kekurangannya. Mohon dukungan kalau Tole mengadakan latihan rutin, latihan spesial, atau lomba ya,” kata Om Tole. (Kelana Lana)

Latber Arizon Jambi
Penjualan tiket ditangani Om Bani (kanan).
Panitia Latber Arizon dan Juri Jampres
Panitia Latber Arizon dan Juri Jampres

Hasil Latihan Arizon Jambi (Jumat, 16 Januari 2015)

MURAI BATU BINTANGKACER SEJATI
1. SinogiDedi Baragita Farm1. OplosanMarpaul
2. KenyotJoel Batang Asai2. WiroYazid
3. Black MambaUda3. RadenParman
MURAI BATU SEJATILOVEBIRD BINTANG
1. SinogiDedi Baragita Farm1. DoraKris
2. KirunKosim2. PermataIjal
3. KenyotJoel Batang Asai3. ClaraNiko Lalang
KACER BINTANGLOVEBIRD SEJATI
1. OplosanMarpaul1. Lady RoseYudi
2. ArjunaIwan2. DoraKris
3. BerdarahNiko Lalang3. ClaraNiko Lalang

Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.