Video dan tips perawatan kenari Raja Baja, peraih double winner di Kapolres Depok Cup

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Dalam gelaran Kapolres Depok Cup I di Balai Kota Depok, Minggu (11/1), kenari dibuka hingga sembilan kelas. Burung-burung yang turun umumnya berkelas. Bintang lapangan saat itu adalah kenari Raja Baja milik Om Slam yang meraih double winner. Berikut ini video dan tips perawatan kenari Raja Baja, spesial untuk pembaca setia omkicau.com.

Om Slam
Om Slam makin eksis di kelas kenari.

Kenari Raja Baja, kata Om Slam, sebenarnya baru pertama kali mengikuti lomba sebesar Kapolres Depok Cup. Jadi, ini penampilan perdananya dalam even besar. Namun, kenari Raja Baja tak gentar menghadapi lawan-lawannya yang jauh lebih berpengalaman.

Sebelumnya burung yang sehari-hari dalam polesan Mr Titto ini sudah dijajal dalam even Gebyar Yonif di Jakarta Timur (4/1), dan tampil sebagai juara pertama.

Gaya kenari Raja Baja
Gaya kenari Raja Baja, double winner di Kapolres Depok Cup

“Kenari Raja Baja merupakan jagoan baru yang sedang saya orbitkan. Umurnya baru satu setengah tahun, hasil ternakan teman di Klaten,” jelas Om Slam yang tinggal di kawasan Bintaro Jakarta.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Raja Baja memiliki lagu standar, dengan variasi lagu yang bercengkok mewah dan speed rapat, volume keras dan Kristal, serta durasi super panjang untuk ukuran kenari besar. Ia juga memiliki gaya bertarung duduk nancep pada satu titik tanpa geser.

Perawatan kenari Raja Baja

Om Slam dan Titto
Om Slam (kiri) bersama Om Titto, perawat kenari Raja Baja.

Menurut Om Titto, perawatan kenari Raja Baja relatif mudah. Berikut ini tips perawatan kenari Raja Baja yang sehari-hari diterapkan Om Titto.

  • Pagi sekitar pukul 07.00, kerodong dibuka dan burung langsung dianginkan.
  • Saat burung dianginkan, sangkar wajib dibersihkan.
  • Selanjutnya burung di jemur. Wadah pakan dan wadah air minum dicabut dari sangkar,  diganti cepuk atau tempat air berukuran lebih besar dari wadah minum. Biarkan burung mandi sendiri di dalam cepuk.
  • Usai mandi, burung langsung di jemur. Penjemurannya tidak lama, mulai pukul 08.00 hingga 08.30. Jadi cukup 30 menit saja.
  • Habis dijemur, burung dianginkan sebentar sambil diberi sayuran sawi putih.
  • Ketika dianginkan, burung dibiarkan bunyi sampai mengeluarkan lagu-lagu panjangnya. Setelah itu baru dikerodong dan dibiarkan istirahat hingga sore hari.
  • Sekitar pukul 14.30, kerodong kembali dibuka. Kalau cuaca panas, dijemur sebentar agar tubuhnya hangat.
  • Khusus musim hujan, terutama jika turun hujan, sore hari cukup membersihkan sangkar, kemudian burung dikerodong lagi.
  • Seminggu dua kali, Selasa dan Jumat, kenari Raja Baja dimasukkan kandang umbaran, sejak pagi hingga sore hari.

Itulah tips perawatan kenari Raja Baja yang biasa dilakukan Om Titto. Apabila burung dilombakan, sehari sebelumnya diberi telur puyuh rebus. Kalau ingin mengetahui rawatan detailnya, atau curhat soal perawatan kenari lomba, Anda boleh kontak Om Titto (Pin BB 2B39FEE0).

Video kenari Raja Baja

Berikut ini video kenari Raja Baja yang bisa Anda lihat. Om Kicau juga sudah mengkonversinya menjadi audio mp3 yang dapat digunakan untuk melatih piyikan kenari standar. Semua file video dan audio bisa diunduh, dengan pencet panel di bawah video.

[ Download video & audio di sini ]

Selain Raja Baja, Om Slam juga memiliki gaco kenari lainnya bernama Maha Dewa yang masuk empat besar dalam even nasional Presiden Cup III (2014). Dia juga punya koleksi lovebird Berlian, yang moncer dalam even Independen Enterprise Kir Jakarta dan juara 2 di Gebyar Yonif. Burung ini sehari-hari juga ditangani Om Titto. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.