Tahun 2017, murai batu non-ring dihapus dari lomba PBI

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

KELAS RING DI PBI KURANG MENARIK?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sudah beberapa tahun terakhir ini, lomba di lingkungan Pelestari Burung Indonesia (PBI) mewajibkan membuka kelas ring untuk jenis murai batu, kacer, cucakrawa, dan anis kembang.  Bahkan untuk anis kembang dan cucakrawa hanya boleh membuka kelas ring. Artinya, lomba di PBI sudah tidak ada lagi kelas anis kembang dan cucakrawa non-ring.

Sejauh ini, hanya murai batu yang pesertanya bisa lumayan banyak. Lainnya, peserta bisa dihitung dengan jari tangan. Bahkan dalam beberapa lomba, kelas ring pada jenis burung tertentu dibatalkan karena jumlahnya tidak memenuhi kuota, misalnya hanya tiga ekor. Hal ini jelas cukup menyedihkan.

kelas anis kembang
Jangankan ring, kelas umum anis kembang pun masih sulit didongkrak.

Apa yang membuat kelas ring sepi peserta? Tentu banyak alasan untuk menjelaskannya. Pada kasus cucakrawa, misalnya, ada kekhawatiran burung yang bagus seperti ropel atau memiliki lagu bagus menjadi rusak atau glender saat dilombakan dengan burung-burung yang mungkin asal rajin bunyi.

“Tapi juga ada alasan lain yang saya kira lebih masuk akal, yaitu kelas ring selama ini terkesan kurang bergengsi. Sebab dimasukkan kelas khusus atau terpisah, dengan harga tiket murah, umumnya lima puluh ribu rupiah. Hadiah sebenarnya sudah diputuskan minimal 15 kali biaya pendaftaran, dengan asumsi cukup menarik. Kenyataannya, masih belum menarik bagi kebanyakan kicaumania,” jelas Mr Bagiya Rakhmadi SH, ketua umum PBI Pusat.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

cucakrawa kurang diminati
Hanya buka kelas ring, cucakrawa tetap sepi peminat.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Sebagai test case, dalam even akbar Valentine Day di Jogja, 15 Februari mendatang, murai batu ring mulai naik kasta, dimasukkan dalam kelas bergengsi. Ya, murai batu ring akan dimasukkan dalam Kelas Valentine (tiket Rp 500.000, hadiah juara 1 Rp 7,5 juta), Kelas Dewi Amor (tiket Rp 250 ribu, juara 1 Rp 3 juta), dan Buah Cinta (tiket Ep 100 ribu, juara 1 Rp 1,5 juta).

Anis kembang ring dimasukkan ke Kelas Buah Cinta, sedangkan cucakrawa dan kacer masih berada di kelas khusus ring Buah Cinta, dengan tiket Rp 50 ribu dan hadiah Rp 750 ribu. (Waca)

Rekomendasi Rapimnas PBI  |  Halaman Awal

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

4 Comments

  1. SIP …. Teruskan perjuangan untuk melestarikan … edisi selanjutnya adalah semua burung-burung lomba HARUS pakai ring.

  2. penting! Dengan tidak melakukan aktivitas perusakan habitat aslinya, adalah faktor utama kelestarian burung dan hewan lainnya.

  3. sayang masih bs diakali pake ring model clip on.jd pasang ring tinggal lewat samping dr kaki burung jd tdk perlu lewat jari2 burung bs buat burung2 yg udah dewasa .spt pada cucakrowo saya dan aman dr pantauan juri

Komentar ditutup.