Tahun 2017, murai batu non-ring dihapus dari lomba PBI

Iklan gratis jual beli burung di sini

KELAS RING DI PBI KURANG MENARIK?

Sudah beberapa tahun terakhir ini, lomba di lingkungan Pelestari Burung Indonesia (PBI) mewajibkan membuka kelas ring untuk jenis murai batu, kacer, cucakrawa, dan anis kembang.  Bahkan untuk anis kembang dan cucakrawa hanya boleh membuka kelas ring. Artinya, lomba di PBI sudah tidak ada lagi kelas anis kembang dan cucakrawa non-ring.

Sejauh ini, hanya murai batu yang pesertanya bisa lumayan banyak. Lainnya, peserta bisa dihitung dengan jari tangan. Bahkan dalam beberapa lomba, kelas ring pada jenis burung tertentu dibatalkan karena jumlahnya tidak memenuhi kuota, misalnya hanya tiga ekor. Hal ini jelas cukup menyedihkan.

TBB bikin burung ngos jadi joss
kelas anis kembang
Jangankan ring, kelas umum anis kembang pun masih sulit didongkrak.

Apa yang membuat kelas ring sepi peserta? Tentu banyak alasan untuk menjelaskannya. Pada kasus cucakrawa, misalnya, ada kekhawatiran burung yang bagus seperti ropel atau memiliki lagu bagus menjadi rusak atau glender saat dilombakan dengan burung-burung yang mungkin asal rajin bunyi.

“Tapi juga ada alasan lain yang saya kira lebih masuk akal, yaitu kelas ring selama ini terkesan kurang bergengsi. Sebab dimasukkan kelas khusus atau terpisah, dengan harga tiket murah, umumnya lima puluh ribu rupiah. Hadiah sebenarnya sudah diputuskan minimal 15 kali biaya pendaftaran, dengan asumsi cukup menarik. Kenyataannya, masih belum menarik bagi kebanyakan kicaumania,” jelas Mr Bagiya Rakhmadi SH, ketua umum PBI Pusat.

cucakrawa kurang diminati
Hanya buka kelas ring, cucakrawa tetap sepi peminat.

Sebagai test case, dalam even akbar Valentine Day di Jogja, 15 Februari mendatang, murai batu ring mulai naik kasta, dimasukkan dalam kelas bergengsi. Ya, murai batu ring akan dimasukkan dalam Kelas Valentine (tiket Rp 500.000, hadiah juara 1 Rp 7,5 juta), Kelas Dewi Amor (tiket Rp 250 ribu, juara 1 Rp 3 juta), dan Buah Cinta (tiket Ep 100 ribu, juara 1 Rp 1,5 juta).

Anis kembang ring dimasukkan ke Kelas Buah Cinta, sedangkan cucakrawa dan kacer masih berada di kelas khusus ring Buah Cinta, dengan tiket Rp 50 ribu dan hadiah Rp 750 ribu. (Waca)

Rekomendasi Rapimnas PBI  |  Halaman Awal

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

4 Comments

  1. penting! Dengan tidak melakukan aktivitas perusakan habitat aslinya, adalah faktor utama kelestarian burung dan hewan lainnya.

  2. sayang masih bs diakali pake ring model clip on.jd pasang ring tinggal lewat samping dr kaki burung jd tdk perlu lewat jari2 burung bs buat burung2 yg udah dewasa .spt pada cucakrowo saya dan aman dr pantauan juri

Komentar ditutup.