Matena BF juga ternak lovebird trah juara

Beberapa waktu lalu, Om Kicau mengekspose profil Matena Bird Farm (BF), penangkaran murai batu milik Om Amu yang sedang laris-manis di kawasan Jabodetabek. Om Amu dikenal bertangan dingin dalam menangani breeding burung kicauan. Sebelum sukses menangkar murai, dia pun lebih dulu eksis beternak lovebird, yang juga ditekuninya sampai sekarang.

Sama seperti konsepnya dalam penangkaran murai batu, Om Amu selalu menggunakan induk berkualitas, baik jantan maupun betina. Sebelum dijodohkan, dia melakukan seleksi ketat terhadap calon induk jantan dan betina.

Sebagian besar induk lovebird yang ada di kandang ternaknya merupakan burung lomba, dan wajib berprestasi di lapangan. Hanya dengan syarat seperti inilah dia bisa menjaga kualitas anakan lovebird, sehingga sebagian besar merupakan trah juara.

( lihat juga Breeding murai batu Matena BF Jakarta )

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Teknik beternak lovebird yang dilakukan Om Amu memang lebih rumit, karena hanya menggunakan kandang battery, bukan kandang koloni seperti kebanyakan penangkar lovebird lainnya. Sebab kalau menggunakan kandang battery, atau kandang soliter, proses penjodohannya lebih susah.

breeding lovebird Matena BF
Indukan Putri Koneng (kiri) mulai produksi.

Berbeda dari kandang koloni, di mana burung-burung pilihan kita masukkan dalam kandang ukuran besar tersebut, dan burung-burung pun bebas menentukan sendiri pasangannya. Kelemahan sistem koloni adalah kita tak bisa mencetak kualitas anakan (termasuk warnanya), karena penjodohan dan perkawinan tidak memerlukan campur tangan manusia.

Pada kandang battery, kita bisa menentukan induk jantan A dan induk betina B sehingga kualitas dan warna anakan bisa diprediksi sebelumnya. Sebab setiap kandang hanya berisi satu pasangan induk, sehingga silsilahnya bisa lebih jelas.

Beberapa materi indukan yang ada di Matena BF antara lain Kirana, Jupe, dan Putri Koneng, yang semuanya sudah pernah berprestasi di arena lomba. Saat ini Om Amu juga sedang mengorbitkan Gisella, lovebird andalannya yang belakangan ini kerap moncer di lapangan.

Lalu, berapa banderol anakan lovebird produksi Matena BF? Menurut Om Amu, anakan lovebird trah unggilan, dengan umur sekitar 2 bulan, dibanderol seharga Rp 1 juta.

Produk anakan lovebird Matena BF juga terbilang laris-manis. Banyak kalangan pemain lomba yang memesannya. Jadi, bagi lovebird lovers yang ingin mendapatkan anakan lovebird dari trah juara, tak ada salahnya mampir ke kandang Matena BF Jakarta. (d’one)

Om Amu / Matena BF Jakarta
Om Amu / Matena BF Jakarta

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. kalau bisa postingan anda berikutnya membahas tentang cara ternak loverbird dikandang baterai, tapi yang lebih detil,,tentang masalah-masalah yang biasa dihadapi selama masa peternakan seperti penyakit burung loverbird, mengatasi stress, pakannya dan lain-lain..makasih om

    • Sudah sering dimuat, bisa cari via pencarian artikel omkicau om di halaman bawah. masukan keyword artikel yang diinginkan, nanti akan menampilkan hasil pencarian atau daftar artikel tersebut.

Komentar ditutup.