YnC Cup 2 Balikpapan: Kacer Adipati terbaik, Putra Kutai juara kelas bergengsi

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Dua kacer hebat, yaitu Adipati milik Mr Deko dan Putra Kutai milik Fitri BKS (keduanya dari Samarinda), sama-sama tampil menawan dalam even YnC Cup 2 di Balikpapan, Minggu (18/1). Secara keseluruhan, Adipati dinobatkan sebagai kacer terbaik setelah meraih hattrick plus juara 2 dan 8. Tetapi kelas bergengsi, YnC, dimenangi Putra Kutai.

Suasana lomba kelas kacer YnC Cup 2 di Balikpapan
Suasana lomba di kelas kacer dalam even YnC Cup 2 di Balikpapan, Minggu (18/1).

Gelaran YnC Cup yang membuka 35 kelas ini berlangsung ramai dan sukses, diikuti 1.596 peserta. Meski lokasi lomba di Lapangan Parkir Indoor Center Disporabudpar, Jl MT Haryono Dalam Balikpapan diguyur hujan lebat sejak sesi pertama hingga sesi ke-8, hal itu tidak mengurangi antusias para peserta. Mereka tetap mengikuti  jalannya lomba hingga sesi  terakhir, yang dilanjutkan pembagian doorprize dengan hadiah utama 1 unit sepeda motor.

Setelah lama tidak tampil, kacer Adipati seperti mengobati kerinduan para kicaumania di Kaltim dengan aksi-aksi ciamiknya. Panitia membuka delapan kelas kacer, termasuk dua kelas kacer dada hitam. Adipati harus menghadapi lawan-lawan tangguh, mulai dari Putra Kutai, Raja Alay, Anak Mas, Android, Terlena, Montana, Superior, President, Anaconda, Sakral, Sakera, Miyobi, RI-2, Rock N Roll, dan sebagainya.

Ketangguhan kacer Adipati masih sulit ditandingi lawan-lawannya. Gaco milik Mr Deko (Pelangi BC) ini menjuarai tiga kelas sekaligus, yaitu Putra Merapi A dan B serta Hercules B, dan juara 2 Kelas Orlet. Tak heran jika Adipati dinobatkan sebagai kacer terbaik.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Kacer Adipati
Adipati menjadi kacer terbaik di YnC Cup 2.

Namun di Kelas Orlet, Adipati harus puas menjadi juara 2 di bawah Raja Alay kepunyaan Fahrul / Didi, rekannya sesama personel Pelangi BC.

Raja Alay merupakan kacer dada hitam yang mampu menyodok ke papan atas kelas umum yang diikuti sejumlah kacer poci jawara. Di kelas umum, Raja Alay berhasil meraih juara 1, 2, 3, 3, dan 4. Adapun di kelas dada hitam, burung ini meraih juara 1 dan 7.

Mr Deko dan Mr Didi
Duo kacermania Samarinda: Mr Deko (kiri) pemilik Adipati dan Om Didi pemilik Raja Alay.

Menurut pemiliknya, Om Didi, kacer Raja Alay memiliki kelebihan burung pada gaya njeglek ke belakang kepala, serta ngeroll-nembak untuk lagu isian, dengan tonjolan suara burung gereja tarung, lovebird, cililin, cucak jenggot, dan burung-madu.

Kelas bergengsi YnC yang berhadiah Rp 7,5 juta dimenangi Putra Kutai milik Fitri BKS. Di kelas ini, Adipati terperosok di urutan ke-8. Di kelas ini, Putra Kutai justru harus bersaing ketat dengan Anak Mas milik Mr Parfura, yang akhirnya menjadi juara 2. Android milik Uut Tani Jaya menjadi juara 3.

Kacer Putra Merapi milik Fitri BKS
Kacer Putra Kutai menjuarai kelas bergengsi.

Kacer Anaconda milik Mr Agung (Sadewa SF) mencuri satu gelar juara pertama di Kelas Hercules B. Gaco inilah yang memaksa Raja Alay di urutan kedua. Juara ketiga diraih Putra Borneo milik H Tara (Pancacila SF).

Dua kelas kacer dada hitam dimenangi dua burung yang berbeda. Miyobi, gaco andalan Amin Balikpapan sukses menjuarai Kelas Dada Hitam Hercules, diikuti Kopral milik Nining (Bontang SF) dan Sakera milik Mamat Balikpapan. Kelas Dada Hitam Orlet dijuarai Kopral, diikuti Raja Alay dan Rock n Roll milik Eresy (Sangkima BC).

Sama seperti Adipati, murai borneo Kidung Sakti juga meraih kemenangan hattrick, sekaligus menjadi murai terbaik. Gaco milik H Muslim (Duta Mahakam SF) ini menjuarai Kelas Putra Merapi serta Hercules A dan B. Sayangnya, kelas bergengsi justru terlepas dari genggamannya.

Suasana kelas murai Yn C Cup 2 Balikpapan
Suasana lomba di kelas murai batu borneo.

Kelas YnC dimenangi murai batu 202 milik M Arsad dari Tanah Grogot Delta BC. Kenzo milik Fitri BKS dan Senopati kepunyaan Mr Yetok (Paskar SF) menjadi juara 2 dan 3. Kidung Sakti tampil kurang maksimal, sehingga harus puas di posisi 10.

Murai borneo Meteor
Meteor, murai borneo milik Fitri BKS, juara 1 Kelas Orlet.

Kelas Orlet didominasi gaco-gaco andalan Fitri BKS, yaitu Meteor dan Kenzo, yang masing-masing juara 1 dan 2. Kacer Senopati kembali harus puas menjadi juara 3.

suasana lomba cucak hijau YnC Cup 2 Balikpapan
Suasana kelas cucak hijau (dibuka enam kelas).

Cucak hijau dibuka enam kelas, dua di antaranya dimenangi Rajo Langit kepunyaan Fery Yudi (Duta BKB BC). Empat kelas lainnya dimenangi Montana milik Mr Yetok (Paskar SF), Joker milik Dafi KBS, Naga Gini milik Mamat, serta Pangeran milik Suparlan dari Sangkima BC Sangatta.

Meski meraih double winner, gelar cucak hijau terbaik bukan milik Rajo Langit.  Gelar prestisius ini diraih cucak hijau Pangeran, karena akumulasi poinnya paling tinggi dibandingkan lawan-lawannya. Selain satu kali juara 1, Pangeran juga meraih juara 2, 2, 3, dan 4.

Fitri BKS mendominasi empat kelas lovebird. Dalam even ini, dia menurunkan lovebird Cygnus. Treller, Prameswari, Pajero, Siluman Empang. Cygnus meraih double winner, dengan menjuarai Kelas YnC dan Putra Merapi. Treller menjadi juara di Kelas Hercules. Gaco-gaco lainnya masuk daftar juara.

Satu-satunya gelar yang terlepas dari genggaman Fitri BKS adalah Kelas Orlet yang dimenangi lovebird Raja Gila milik Azis dari Bontang SF. Cygnus dan Treller masing-masing menjadi juara 2 dan 3.

Kelas kenari yang terdiri atas empat sesi dikuasai Rolet milik H Tara (Pancasila SF). Rolet menjuarai Kelas Hercules dan Orlet B, serta juara 3 Kelas Orlet A. Akumulasi poinnya tak terkejar lawan-lawannya, Rolet pun dinobatkan sebagai kenari terbaik.

Kelas Orlet A dimenangi kenari Diamond milik Uut Tani Jaya, yang kali ini memperkuat Duta Arema. Satu kelas lagi, Kenari Lokal Maha Dewa, dijuarai Gotik milik Rony dari Lamasia BC.

Suasana lomba cendet di YnC Cup 2 Balikpapan
Sesi cendet didominasi Contra milik Adam / Bain (Pelangi BC).

Cendet Contra nyaris meraih kemenangan hattrick. Gaco milik Adam / Bain dari Pelangi BC ini menjuarai Kelas Hercules dan Orlet, serta juara 2 Kelas Maha Dewa. Kelas ini dimenangi cendet Cemeti milik Fitri BKS.

kelas pleci YnC Cup 2 Balikpapan
Peserta di kelas pleci mencapai 52 gantangan.

Dominasi Pisang Ijo di kelas pleci dalam berbagai even di Kaltim masih berlanjut, termasuk dalam kontes YnC Cup 2. Dari semua (4) kelas yang diikutinya, pleci milik Uut Tani Jaya ini meraih juara 1, 1, 2, dan 3. Tak ayal Pisang Ijo ditetapkan sebagai pleci terbaik.

Pleci Pisang Ijo
Pleci Pisang Ijo milik Uut Tani Jaya.

V-HD dari Plenus SF mampu menyabet dua gelar juara di kelas pleci, melalui dua gaco berbeda. Di Kelas Orlet, plecinya yang bernama Cakra meraih juara 1. Gaco satunya lagi, Chika-Chika, menjuarai Kelas Maha Dewa.

Secara keseluruhan even YnC Cup 2 berlangsung sukses, lancar, dan meriah. Berdasarkan akumulasi poin dari seluruh (35) kelas yang dilombakan, Fitri BKS dan Duta Arema dinobatkan sebagai juara umum SF dan BC.

Duta Arema juara umum BC
Duta Arema juara umum BC

Selain lomba, panitia juga menggelar Pameran K3 (Komunitas Kenari Kalimantan). Om Arief Yulianto selaku ketua bersama anggota K3 lainnya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pengunjung pameran. Dia  juga menghaturkan terimakasih bisa bekerjasama secara baik dengan YnC pimpinan H Yantri dan Mr Dix.

Pameran K3 Balikpapan
Om Arief Yulianto (kanan) dan Mr Cahyo (kiri) saat pembagian doorprize di Pameran K3.

Mewakili Panitia YnC Cup 2, H Yantri dan Mr Dix mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran seluruh kicaumania dan juri lomba yang telah hadir, baik dari Jawa Barat, Jogja, Jawa Tengah, JawaTimur, dan Kalimantan.

Setelah ini, sebagian besar peserta mulai mempersiapkan gaco-gaconya untuk mengikuti even Wali Kota Samarinda Cup II di Lapangan Polder Air Hitam Samarinda, Minggu 1 Februari 2015. Brosurnya bisa diunduh di sini. (v1rgoboy)

BURUNG TERBAIK DAN JUARA UMUM SF / BC

Kacer Adipati Mr Deco (Pelangi BC Samarinda)
Kacer dada hitam Kopral Nining (Bontang SF)
Murai borneo Kidung Sakti H Muslim (Duta Mahakam Samarinda)
Cucak hijau Pangeran Suparlan (Sangkima BC Sangata)
Lovebird Cygnus Fitri BKS Samarinda
Kenari Rolet H Tara (Pancasila SF Samarinda)
Pleci Pisang Ijo Uut (Duta Arema)
Cendet Contra Adam / Bain (Pelangi BC Samarinda)
SF terbaik Fitri BKS Samarinda
BC terbaik Duta Arema
Para pemilik burung terbaik
Para pemilik burung terbaik foto bareng.
lomba burung YnC Cup 2 Balikpapan
Mr Dix dan H Yantri bersama para pemilik burung terbaik.
Duta Mawija
Duta Mawija dalam YnC Cup 2.
Paskar SF
Paskar SF moncer bersama CI Montana dan MB Senopati.

Hasil YnC Cup 2 Balikpapan (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.