Merawat lovebird lomba bagi yang sibuk kerja

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sebagian lovebird lovers terkendala kesibukan kerja, sehingga tidak bisa merawat burungnya secara maksimal. Padahal banyak di antara mereka yang ingin sesekali mengikuti lomba, menjajal lovebird hasil rawatannya, sekaligus dapat mengurangi kepenatan selama 5-6 hari bekerja. Nah, ini ada tips menarik dari Arvabird, siapa tahu bisa mengatasi kendala tersebut.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Arvabird Solo
Arvabird Solo sukses bersama lovebird hasil breeding sendiri.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam merawat lovebird lomba bagi yang sibuk kerja adalah kondisi lokasi atau ruangan di mana lovebird digantang sehari-hari. Usahakan ada ruangan khusus di mana burung bisa mendapatkan sinar matahari secara cukup, khususnya pada pagi dan siang hari.

Usahakan ventilasi / jendela menghadap ke timur, sehingga jika Anda tidak sempat melakukan ritual penjemuran, burung otomatis terkena sinar matahari pagi.

Sirkulasi udara juga mesti diperhatikan. Anda bisa memperbaiki atau menambahkan lubang-lubang pada dinding ruangan. Kondisikan situasi ruangan terasa alami dan sejuk, dengan cara menempatkan tanaman atau membuat kolam kecil dengan pompa air, sehingga terdengar suara gemericik air.

Setting harian

Untuk setting harian, tentunya harus disesuaikan dengan jadwal kerja masing-masing. Intinya, pakan harian jangan pernah diubah-ubah. Adapun extra fooding (EF) dan vitamin bisa diberikan 2-3 kali per minggu.

Setiap pagi, sebelum berangkat kerja, buka kerodong. Apabila memiliki dua ekor lovebird atau lebih, antara sangkar yang satu dan lainnya diberi sekat.

Sepulang kerja, baik sore atau malam hari, lakukan ritual mandi malam dengan mencabut pakan dan  minum terlebih dulu. Setelah itu burung diangin-anginkan sampai bulunya kering, kemudian pasang kerodong kembali.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Arva Bird Solo

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Setting menjelang lomba

Seminggu, atau minimal 3 hari menjelang lomba, setiap hari kita lihat kondisi lovebird terlebih dulu. Cek apakah burung terdengar rajin ngekek, atau badannya terlihat kencang (tidak menggelembung). Jika ya, maka lovebird layak untuk dilombakan.

Tetapi kalau burung terlihat sering menggelembung dan tidak fit, lebih baik jangan dilombakan dulu, daripada KO saat lomba. Lebih baik berikan asupan vitamin agar kondisinya membaik.

Kalau memang layak dilombakan, maka mulai H-3, Anda bisa memberikan EF dan multivitamin untuk menambah staminanya agar fit ketika berlaga di arena lomba. Saat di lapangan, sesuaikan settingan lomba seperti kebiasaan masing-masing.

Demikian tips Arvabird mengenai cara merawat lovebird lomba bagi yang sibuk bekerja.

Arvabird Production

(Pusat penjualan dan produksi lovebird warna, lovebird ngekek, dan pakan Sangar untuk lomba)

Jl Dr Wahidin No 6, Gg Buntu, Penumping, Solo (HP 0813 9351 1193)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

  1. Om kicau., mau tanya,,sy py MB dh lama membisu,,sy sdh beli TBB,,cara aplikasi paling efektif spt apa??klo ke kenari jg spt apa?

    Dikirim dari smartphone Sony Xperia™ saya

Komentar ditutup.