Jordan, lovebird rumahan yang kerap menjuarai lomba

Jordan merupakan lovebird rumahan yang yang kerap menjuarai lomba. Burung milik Om Arif Cai JBX dari Duta KM ini awalnya milik tetangganya. “Tadinya hanya sekadar untuk momongan rumahan saja,” kata Om Arif yang juga dikenal sebagai moderator forum lovebird di organisasi Kicau Mania (kicaumania.or.id).

Lovebird Jordan
Jordan, lovebird rumahan milik Om Arif Cai JBX yang kerap menjuarai lomba

Si tetangga sebelah rumah pun membelinya hanya dari pasar burung, ketika masih berumur 1,5 bulan. Selama dirawat tetangga, burung digantang berdampingan dengan seekor kenari. Tak heran apabila ngekeknya Jordan kental dengan isian kenari, namun durasinya panjang-panjang.

Om Arif Cai JBX kemudian memboyong lovebird warna hijau ini, untuk dijadikan masteran bagi lovebird-lovebird piaraannya di rumah. “Saya kepincut dengan ngekeknya Jordan yang sehari-hari sangat gacor,” tutur Om Arif.

Iseng-iseng, Om Arif pun mencoba menurunkan lovebird Jordan dalam even Latberan Desa Burung di Pecak Gabus, Tangerang. Inilah even perdana yang diikuti Jordan, dan langsung meraih juara 1 dan 3.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sejak itu, Om Arif makin bersemangat dan  mulai menurunkannya di beberapa even lomba. Bahkan even-even besar pun pernah diikutinya, dengan prestasi yang bagus pula.

Dalam kontes Sumpah Pemuda Cup di Lapangan Banteng Jakarta, 26 Oktober 2014, Jordan meraih juara 3 dan 9. Kemudian dalam Piala Panglima TNI di Cibubur, 9 November 2014, Jordan tampil sebagai juara 4, 6, dan 13. Padahal pesertanya hebat-hebat.

Yang terbaru, dalam even Kapolres Cup Depok I di Balai Kota Depok, 11 Januari lalu, Jordan juga meraih juara 3 dan 6. Ya, Jordan mampu membuktikan diri bahwa lovebird rumahan pun bisa meraih prestasi bagus, termasuk dalam even-even besar.

Menurut Om Arif, keunggulan lovebird Jordan terletak pada keaktifan / kerajinan ngekek saat digantang. Burung ini juga bisa main sampai 3-4 sesi dalam setiap even yang diikutinya.

Merawat sendiri lovebird Jordan

Arif Cai JBX
Arif Cai JBX, moderator forum lovebird di kicaumania.or.id

Sejak di tangannya, Om Arif merawat sendiri lovebird Jordan. Kebetulan perawatan relatif simpel alias nggak pakai ribet. Hal ini sangat cocok untuk Om Arif yang setiap hari bekerja hingga malam.

Sebagaimana lovebird pada umumnya, Jordan sehari-hari hanya diberi milet putih. Karena bekerja hingga malam, Om Arif tak sempat melakukan penjemuran secara rutin. “Jemurnya hanya Sabtu dan Minggu,” kata dia.

Mandi juga hanya dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu. Jordan lebih suka mandi di dalam cepuk. Bahkan seringkali tidak mau mandi, meski cepuk sudah penuh berisi air. Kalau tidak mau mandi, Om Arif pun tak mau memaksanya.

Selama di rumah, burung juga tak pernah dikerodong, baik siang maupun malam. Lovebird Jordan hanya dikerodong kalau mau berangkat lomba.

Semua itu dilakukannya untuk meneruskan pola perawatan ketika Jordan masih berada di rumah tetangganya. Jadi, lovebird sejak anakan sudah terbiasa dengan rawatan seperti itu, dan terbukti tetap rajin bunyi dengan ngekek panjang-panjang.

Dia khawatir kalau terjadi perubahan drastis dalam pola perawatannya, performa lovebird Jordan malah mengalami penurunan.

“Jika ada yang berbeda dari perawatan di tangan pemilik lama adalah pemberian mentimun. Ya, ini saya lakukan sehari setelah lomba. Selain itu, setiap Rabu, saya beri jagung dan sawi agar makanannya lebih bervariasi,” tandas Om Arif.

piagam kemenangan lovebird Jordan
Beberapa piagam kemenangan lovebird Jordan.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.