Lima spesies burung baru ditemukan tahun 2014

Sepanjang tahun 2014, para ahli burung menemukan lima spesies burung baru di seluruh dunia. Dua spesies ditemukan di Brazil, dua spesies lagi ditemukan di Indonesia, serta satu spesies ditemukan di Asia khususnya China, Tibet, dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Dua spesies baru yang ditemukan di Indonesia adalah sikatan sulawesi (Muscicapa sodhii) dan cabai-cabaian wakatobi / wakatobi flowerpecker (Dicaeum kuehni). Om Kicau pun sudah menulis keduanya dalam artikel:

Bagaimana dengan tiga spesies burung baru lainnya? Berikut ini jenis, tongkrongan, dan suaranya:

1. Cryptic treehunter (Cichlocolaptes mazarbarnetti)

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Cryptic treehunter merupakan spesies burung anggota keluarga Furnariidae (ovenbird) di Amerika Selatan. Panjang tubuhnya sekitar 22 cm, dengan panjang ekor lebih dari 1/3 panjang tubuhnya, dan bobot badan sekitar 48 gram.

spesies burung baru - Cryptic treehunter
Burung cryptic treehunter yang sangat langka.

Menurut para ornitholog, burung ini termasuk paling langka di dunia. Sejauh ini hanya mendiami dua lokasi di kawasan timurlaut Brazil saja, yaitu Murici (Negara Bagian Alagoas) dan Frei Caneca (Negara Bagian Pernambuco).

Murici saat ini menjadi bagian dari proyek konservasi BirdLife International Brasil Programme. Dalam penelitiannya, BirdLife memperkirakan hanya ada 5-10 pasang burung cryptic treehinter di kawasan cagar alam Murici hingga tahun 2004. Bahkan di Frei Caneca diperkirakan, tidak lebih dari 1-2 pasang saja.

  • Suara panggilan burung cryptic treehunter | Download

Lihat spesies burung baru lainnya:

Cryptic treehunter | Bahian tapaculo | Spotted wren-babbler

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.