Video dan tips perawatan kenari isian Tazmania milik Om Iqbal

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Nama M Iqbal dari Marcopollo Canary Kotagede belakangan ini menjadi buah bibir, terutama di kalangan penggemar dan pemerhati kenari isian. Betapa tidak, dalam kurun waktu sebulan ini, jagoannya yang bernama kenari Tazmania meraih tiga kemenangan (juara 1) secara beruntun di tiga kota berbeda.

kenari Tazmania
Tazmania, penerima anugerah Kenari Isian Terbaik dari PKII.

Burung ini menjuarai even PKP Ponorogo (28 Desember 2014), juara 1 Kapolres Depok Cup I (11/1), dan yang terbaru merajai kontes kenari PPK-1 Parikesit Papburi Klaten di Balai Desa Dompyongan, Jogonalan, Klaten, 25 Januari 2015.

Bahkan dalam Kapolres Depok Cup I, kenari Tazmania memperoleh penghargaan sebagai Kenari Isian Terbaik dari komunitas Penggemar Kenari Isian Indonesia (PKII) pimpinan Fahmi Rukmana.

Plakat penghargaan PKII
Plakat penghargaan PKII sebagai kenari isian terbaik.

Ini jelas pengakuan yang sangat berarti bagi Om Iqbal. Kenari Tazmania mempunyai isian blacksang (silangan blackthroat dan edel sanger). Lagunya memang rapat sekali, bahkan lebih rapat daripada lagu blackthroat.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
M Iqbal dan Sukron
Om Iqbal (kanan), Om Sukron (kiri), dan Om Taufik saat mengantar Tazmania juara PPK-1 Parikesit.

Durasinya juga panjang-panjang, dengan jeda istirahat hanya sebentar, sehingga bisa disebut nyaris tanpa spasi. Volumenya tembus, meski posturnya terbilang kecil.

“Tazmania sanggup memainkan lagunya tanpa lelah, pelan, dan panjang. Jadi bisa dinikmati dengan enak. Cengkoknya pun merdu,” jelas Om Iqbal, saat Om Kicau menyambangi rumahnya di Purbayan, belakang rumah sakit PKU Muhammadiyah Kotagede, Jogja.

Om Kicau sempat merekam saat Tazmania coba dipancing untuk bunyi. Dalam kondisi tanpa musuh, Tazmania rata-rata sekali narik lagu sekitar 20 detik.

Dalam rekaman video ini, total durasinya selama 49 detik. Tazmania cuma berhenti pada detik ke-20, dan pada detik ke-21 sudah bunyi lagi hingga rekaman berakhir.

Oke, kita lihat yuk videonya. Om Kicau juga sudah mengkonversi video ini dalam bentuk audio mp3 untuk Anda.

Download video | Download audio

“Tentu saja kalau pas di lapangan lebih panjang, bahkan bisa dua kali lebih panjang. Selain itu, dalam rekaman ini, tak semua lagunya keluar, karena memang tidak sengotot jika ketemu banyak musuh,”  kata Sukron, adik Om Iqbal yang ikut menemani Om Kicau.

Menurut rencana, Om Iqbal pun akan kembali menurunkan kenari Tazmania di sejumlah even yang menggelar kelas isian. Agenda terdekat adalah kontes dua bulanan Papburi Klaten di Dinas Pertanian Kabupaten Klaten, Minggu 22 Februari 2015. (Waca)

Ikuti pula tips perawatan kenari Tazmania di sini

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.